Jumat, 17 Juli 2020

Survei Ungkap 21 Persen Warga Surabaya Masih Percaya Corona Buatan Manusia

Banyaknya teori konspirasi COVID-19 yang beredar membuat sebagian masyarakat merasa bingung terkait asal-usul penyakit ini. Salah satunya teori yang mengatakan virus Corona adalah penyakit buatan manusia.
Menurut survei yang dilakukan LaporCovid-19.org dan Social Resilience Lab NTU terhadap 2.825 warga Surabaya, sekitar 21 persen responden masih percaya virus Corona adalah buatan manusia. Sedangkan, 26 persen lainnya meyakini virus Corona bukanlah buatan manusia.

"Sementara 53 persen mayoritas tidak tahu. Artinya, ada ruang kosong di sini dari 53 persen ini beralih menjadi percaya atau tidak percaya," kata Sulfikar Amir, associate professor sosiologi kebencanaan dari Nanyang Technological University Singapura dalam webinar persepsi risiko Surabaya terhadap COVID-19, Kamis (16/7/2020).

Selain itu, Sulfikar menjelaskan dari sisi pengetahuan lainnya terkait COVID-19 pada warga Surabaya, sebanyak 65 persen dari 2.825 orang telah memahami kalau iklim tropis tidak akan menjamin Indonesia bisa aman dari virus Corona.

"Jadi 65 persen itu paham mengenai COVID-19 karena mereka tidak percaya COVID-19 akan hilang dalam situasi iklim tropis," jelas Sulfikar.

"Sementara ada 20 persen yang percaya bahwa Indonesia itu aman dan 15 persen tidak tahu," tuturnya.

Fungsi Hand Sanitizer, Cegah Corona Hingga Timbulnya Jerawat

Fungsi hand sanitizer menjadi alternatif untuk membersihkan tangan di kala tidak ada air dan sabun. Namun, membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer tidak dapat membunuh semua jenis kuman atau tidak seampuh mencuci tangan dengan air dan sabun.
Cara penggunaan hand sanitizer dengan menuangkan ke seluruh bagian tangan. Lalu gosokan pada seputaran tangan termasuk sela-sela jari selama 20 detik. Setelah hand sanitizer diusap pada tangan, biarkan mengering sendiri.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut fungsi hand sanitizer. Apa saja?

1. Bisa membersihkan kaca mata dan jam
Fungsi hand sanitizer yang kedua adalah, hand sanitizer bisa membersihkan kacamata dan jam tangan dari kuman yang menempel pada benda tersebut. Ini menjadi penting karena bisa dilakukan terutama setelah berada di tempat yang ramai.

2. Meredakan rasa gatal karena gigitan nyamuk
Bukan hanya bisa menjaga kebersihan tangan, hand sanitizer juga mampu meredakan rasa gatal pada tubuh akibat gigitan nyamuk. Alkohol yang terkandung di dalamnya memiliki sifat antiseptik sehingga mampu mencegah infeksi. Rasa dingin dari hand sanitizer juga bisa membuat kulit terasa nyaman.

3. Mensterilkan luka kecil
Fungsi hand sanitizer yang ketiga adalah, dengan mengandung 60 persen alkohol yang bisa membantu untuk mensterilkan luka kecil. Karena ia bekerja sebagai disinfektan. Cukup tuangkan sedikit ke kapas kemudian tutupkan pada luka selama beberapa saat.

4. Mengatasi timbulnya jerawat
Cairan dari hand sanitizer mampu menghentikan inflamasi yang disebabkan oleh bakteri pada pori-pori. Ketika bakteri tersebut mati, jerawat pun akan segera mengering.

Meski fungsi hand sanitizer bisa membersihkan tangan dari kuman. Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan penggunaan hand sanitizer hanya sebagai alternatif jika tidak menemukan air dan sabun.
https://kamumovie28.com/director/brandon-lambdin/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar