Jumat, 31 Januari 2020

Tiket Pesawat Mahal, Booking.com Tetap Optimis

Harga tiket pesawat masih dinilai mahal bagi traveler. Tapi Booking.com masih optimis dengan wisatawan internasional maupun domestik.

Sebagai salah satu perusahaan perjalanan global terbesar, Booking.com mendukung pertumbuhan wisatawan Indonesia. Bukan cuma internasional, domestik pun masuk dalam perhitungannya.

Di tengah kenaikan harga tiket pesawat, banyak traveler yang merasa berat untuk liburan. Pihak Booking.com pun memberikan tanggapan terkait perilaku wisatawan saat kenaikan harga pesawat.

"Dari data yang ditunjukkan, masih banyak wisatawan Eropa yang datang ke Indonesia. Jadi kita masih optimis," ujar Angel Llul Mancas, Wakil Presiden dan Direktur Pelaksana Booking.com Asia-Pasifik, Jumat (24/4/2019).

Lalu bagaimana dengan wisatawan domestik, apakah ada penurunan pemesanan?

"Sejauh ini datanya masih sama, jadi kami masih optimis. We feel comfortable," ungkap Angel.

Mau Liburan ke Sulawesi Selatan, Ini Kalender Eventnya

Sulawesi Selatan kini semakin mantap dengan pariwisata. Empat eventnya masuk 100 Wonderful Event Kementerian Parwisata.

Hari ini, Jumat (26/4/2019) Sulawesi Selatan meluncurkan Calender of Event 2019, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta. Menteri Arief Yahya diwakilkan oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Rizki Handayani Mustafa meluncurkan kalender event ini.

Peluncuran Calender of Event Sulsel 2019 ini sebagai upaya mempromosikan potensi pariwisata serta meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sulsel yang tahun lalu dikunjungi 14.115 wisatawan mancanegara (wisman) dan 10,073 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus).

"Dari 4 event yang masuk dalam CoE nasional ini, satu event yakni Eight Festival (F8) Makassar masuk dalam Top 10 Wonderful Events," kata Rizki.

Menurut Rizki sendiri tidak sembarangan event di daerah untuk bisa masuk menjadi event nasional. Untuk masuk ke Calender of Event Wonderful Indonesia sendiri setiap event di daerah perlu memenuhi unsur 5C, yaitu creative, cultural, comercial, communication, serta commitment.

Tahun ini 4 event pariwisata Sulsel (Eight Festival (F8) Makassar, Toraja International Festival, Festival Pinisi, dan Festival Takabonerate) masuk dalam 100 Wonderful Event 2019 atau terjadi peningkatan dibandingkan tahun lalu yang hanya 3 event.

Selain atraksi, pariwisata Sulsel juga didukung unsur 3A lain (atraksi, amenitas, dan aksesibilitas) yang memadai khususnya konektivitas penerbangan ke Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. Bandara mulai dikembangkan untuk meningkatkan daya tampung penumpang yang saat ini sebanyak 13,5 juta menjadi 15,5 juta penumpang tahun ini.

Selain itu Bandara Aroepala di Kepulauan Selayar akan dikembangkan menjadi bandara berkelas internasional untuk mendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Selayar. Di pulau ini diharapkan ada investor yang membangun marina berkelas dunia.

Untuk mendukung sektor pariwisata Sulsel dibangun jalur kereta Trans Sulawesi sepanjang 144 km rute Makassar-Parepare. Juga dikembangkan pelabuhan laut Makassar New Port berstandar Internasional yang nantinya akan banyak dikunjungi kapal pesiar (cruise ship) dunia.

Gubernur Sulsel H M Nurdin Abdullah menjelaskan bahwa potensi pariwisata Sulsel cukup baik ditunjang dengan pengembangan daya tarik wisata Karst Maros-Pangkep menjadi taman nasional geopark.

"Diakuinya seni pembuatan perahu Pinisi sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO dan ditetapkannya Kabupaten Selayar menjadi KEK pariwisata menjadi salah satu potensi pawisata," kata H M Nurdin Abdullah.

Sebagai upaya melestarikan budaya seni pembuatan perahu Pinisi, setiap tahun digelar festival budaya Festival Pinisi di Kabupaten Bulukumba.

"Di Kabupaten Bulukumba banyak tempat pembuatan perahu Pinisi yang dikerjakan secara tradisional oleh masyarakat," kata Nurdin Abdullah.

Penyelenggaraan Festival Pinisi tahun ini akan berlangsung di Kabupaten Bulukumba pada 12 s.d. 15 September 2019 mendatang. Sementara itu penyelenggaraan Eight Festival (F8) akan berlangsung di Kota Makassar pada 4-8 Sept 2019.

Sedangkan event Toraja International Festival akan berlangsung di Kabupaten Toraja Utara pada 19-21 Juli 2019 dan Festival Takabonerate berlangsung di Kabupaten Takabonerate pada tanggal 24-28 Oktober 2019.

Jumlah kunjungan wisman ke Sulsel tahun lalu sebanyak 14.115 wisman di antaranya datang dari Malaysia, Korea Selatan, Jerman , Perancis, dan Belanda atau sebagai Top 5 countries.

Para wisman ini masuk melalui Bandara Sultan Hasanuddin. Pergerakan wisnus tahun lalu sebanyak 10,073 juta atau mengalami pertumbuhan sebesar 4% dibandingkan tahun 2017 sebanyak 9,68 juta wisnus.

Ini Alasan Kemenpar Gaet TikTok untuk Promosi Wisata

Aplikasi TikTok begitu digemari pengguna milenial. Kementerian bergerak dan menggandengnya untuk tujuan promosi dan meningkatkan promosi di dunia online.

TikTok Travel x Wonderful Indonesia hari ini menantang milenial secara online untuk berkontribusi dengan tagar #WonderfulIndonesia. Kata Priantono Rudito Ketua II Tim Co-Branding Kemenpar harus ada kreasi bersama antar semua pihak berkepentingan dalam memajukan pariwisata Indonesia.

"Kementerian Pariwisata pun setuju dengan ide ini. Meluncurkan co-kreasi bersama untuk lebih mengembangkan pariwisata Indonesia," kata Rudi di Pullman Hotel Jakarta, Jumat (26/4/2019).

Dari target pariwisata, jelas Rudi, pemerintah harus mampu menarik 20 juta wisman. Promosi dan kerjasama terus dilakukan tak terkecuali dengan TikTok.

"Secara produk pariwisata kita bagus sekali. Ada target 20 juta di tahun wisman di tahun ini dan untuk mencapai itu kita harus tumbuh 3 kalinya per tahun atau 20 persen dengan kenaikan dunia yang hanya naik 7 persen," jelas dia.

Oleh karena itu harus ada penguatan branding Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia. Salah satunya dengan menggemakan di dunia TikTok.

"Secara singkat dengan target itu, Indonesia harus punya semboyan incoorporated. Kolaboratif. Ada strategi khusus dengan implementasi co-branding. Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia. Ini harus dibangun dan develop. Nggak bisa sendirian dan salah satunya dengan media," kata dia.

Tren pariwisata di masa depan, kata Rudi yakni ada di era digital atau Tourism 4.0. Dan dari data yang didapatnya bahwa jumlah turis dalam negeri masa kini sebagian dari wisatawan milenial.

"Untuk tetap sustain kita tak akan berhenti. Tourism 4.0 di teknologi digital bikin konstruksi baru industri pariwisata. Adanya big data, pengalaman pengguna akan sangat personal, bukan 'look-book-plain' saja. Karena 50 persen inbound tourist itu milenial," jelas dia.

Oleh karenanya, TikTok sebagai platform kekinian dianggap tepat untuk dijadikan rekanan promosi. Di sisi lain, promosi Kemenpar kini dirasa terlalu tua atau golongan sebelum wisatawan milenial.

"Kita punya pasar besar dan belum punya layanan produk dan cara komunikasi yang milenial friendly dan ready. Saya mengakui itu," ucap Rudi.

"Kalau ini promosi borderless hadir di 150 negara," imbuh dia mengakhiri pembicaraan.

Tiket Pesawat Mahal, Booking.com Tetap Optimis

Harga tiket pesawat masih dinilai mahal bagi traveler. Tapi Booking.com masih optimis dengan wisatawan internasional maupun domestik.

Sebagai salah satu perusahaan perjalanan global terbesar, Booking.com mendukung pertumbuhan wisatawan Indonesia. Bukan cuma internasional, domestik pun masuk dalam perhitungannya.

Di tengah kenaikan harga tiket pesawat, banyak traveler yang merasa berat untuk liburan. Pihak Booking.com pun memberikan tanggapan terkait perilaku wisatawan saat kenaikan harga pesawat.

"Dari data yang ditunjukkan, masih banyak wisatawan Eropa yang datang ke Indonesia. Jadi kita masih optimis," ujar Angel Llul Mancas, Wakil Presiden dan Direktur Pelaksana Booking.com Asia-Pasifik, Jumat (24/4/2019).

Lalu bagaimana dengan wisatawan domestik, apakah ada penurunan pemesanan?

"Sejauh ini datanya masih sama, jadi kami masih optimis. We feel comfortable," ungkap Angel.