Selasa, 15 Desember 2020

Ekonomi Digital Melesat, Permintaan Data Center Meningkat

  Pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia saat ini sangat besar, seiring dengan bertumbuhnya jumlah pengguna internet. Namun hal itu juga harus diikuti dengan pembangunan infrastruktur digital yang memadai.

Menurut riset Google, Temasek dan Bain & Company, nilai pasar ekonomi digital di Indonesia diperkirakan akan naik tiga kali lipat menjadi USD 309 miliar pada tahun 2025, didorong oleh kebangkitan e-commerce, ride-hailing dan game online.


Untuk mewujudkan potensi miliaran dolar ini, Indonesia perlu mempercepat pembangunan infrastruktur digital yang kuat baik untuk sektor publik maupun swasta.


Ekonomi digital yang sedang melesat, ditambah teknologi cloud yang tumbuh secara eksponensial, serta digitalisasi bisnis ditengah COVID-19, telah mendorong permintaan terhadap fasilitas data center hyperscale di Indonesia akhir-akhir ini.


Hal itulah yang membuat DCI Indonesia kembali menambah kapasitas data centernya lewat pembangunan gedung JK5 sebagai gedung mereka yang ke-4, dengan kapasitas 15MW. Gedung baru ini dibangun di data center campus seluas 8,5 hektar di Cibitung, Jawa Barat, yang baru selesai pembangunan tahap akhirnya.


Pembangunannya ini juga akan terus dilanjutkan sampai Q1 2021, dan menargetkan punya empat gedung data center dengan kapasitas total mencapai 37MW.


"Visi jangka panjang kami adalah memberikan layanan data center dengan kualitas terbaik dan standard operational global di kelasnya, untuk memperkuat komitmen dan keseriusan kami dalam mendukung perkembangan ekonomi digital Indonesia, "ujar CEO DCI Toto Sugiri dalam konferensi pers virtual, Selasa (15/12/2020).


Porsi pasar colocation data center hyperscale diharapkan tumbuh pada compound annual growth rate (CAGR) lima tahun sebesar 43,5% antara tahun 2020-25. Pasar colocation data center hyperscale sendiri akan mencapai sekitar 131,2 MW dari kapasitas yang dibangun pada tahun 2025.


Riset dan tren ini menunjukkan Indonesia sebagai 'hotspot' untuk investasi data center skala besar dalam lima tahun ke depan, didorong oleh peningkatan adopsi cloud. Masuknya Google, Alibaba, dan AWS ke Indonesia juga menunjukkan bahwa pemain global melihat dan menyadari bahwa Indonesia merupakan pasar yang berpotensi.


"Hingga hari ini, kami terus merasakan permintaan pasar yang kuat dari pelanggan lokal maupun pelaku bisnis global yang ingin memasuki pasar Indonesia. Untuk memenuhi permintaan, DCI Indonesia telah menambah kapasitas 15 MW (tambahan 20% kurang lebih) dari kapasitas yang saat ini dibangun di Indonesia," tambahnya.


"Hal ini memberi kami landasan yang kuat untuk mengembangkan bisnis kami dalam mendukung kesiapan data center Indonesia menghadapi persaingan ekonomi digital Asia Tenggara yang berkembang pesat di masa mendatang," tutup Toto.

https://trimay98.com/movies/titus-mystery-of-the-enygma/


Hasil Seleksi: Smartfren Terdepan Rebut Frekuensi 5G


Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan hasil terkini seleksi lelang frekuensi 2,3 GHz. Dari tiga operator seluler yang bertarung, Smartfren dinyatakan yang terdepan merebut frekuensi 5G tersebut.

Sebagai informasi, dari lima operator seluler yang minat menghuni rentang 2.360-2.390 MHz di pita frekuensi 2,3 GHz, Indosat Ooredoo dan XL Axiata tersingkir, menyisakan Hutchison 3 Indonesia (Tri Indonesia), Smartfren, dan Telkomsel.


Dari tiga operator seluler yang berebut frekuensi 5G itu, tim seleksi pengguna pita frekuensi radio 2,3 GHz telah menentukan peringkat melalui aplikasi pencatatan waktu pada hari Selasa (15/12/2020), terhitung sejak pukul 09.00 waktu server sampai dengan selesai.


Hasilnya, secara berurutan Smartfren jadi yang terdepan alias ngebet untuk mendapatkan frekuensi ini. Setelah itu diikuti Telkomsel dan Tri Indonesia. Menariknya, ketiga operator seluler itu sama-sama memberikan harga penawaran Rp 144.867.000.000.


Dalam keterangan tertulisnya, Kominfo mengatakan pelaksanaan penentuan peringkat melalui aplikasi pencatatan waktu telah dilaksanakan dengan diikuti oleh 3 (tiga) peserta seleksi, sehingga proses seleksi dapat dilanjutkan dengan pengumuman peringkat hasil Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2,3 GHz pada rentang 2360-2390 MHz untuk Keperluan Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler berdasarkan urutan waktu tercepat pada aplikasi pencatatan waktu tersebut.

https://trimay98.com/movies/love-like-the-falling-rain/

TikTok Ungkap Kreator dan Video Paling Populer Sepanjang 2020

 TikTok termasuk platform yang popularitasnya melonjak di tahun 2020. Perubahan tatanan hidup di tengah pandemi pun mempengaruhi daftar konten yang populer setahun belakangan.

Head of User and Content Operations TikTok Indonesia Angga Anugrah Putra mengatakan sepanjang tahun 2020, setiap pengguna TikTok di Tanah Air telah menonton lebih dari 100 video.


"Di Indonesia sendiri rata-rata user sudah nonton lebih dari 100 video dan kita lihat lagi angka sebenarnya TikTok Indonesia ini per month-nya bisa generate more than 10 billion views," kata Angga dalam press briefing virtual Year on TikTok 2020, Selasa (15/12/2020).


"Jadi memang grow sejauh ini di 2020. On average, user open this app itu lima kali sehari," tambahnya.


Angga menjelaskan kategori konten yang paling populer di TikTok Indonesia sepanjang tahun 2020 adalah komedi, edukasi, fashion and beauty, talent dan food. Daftar ini tidak banyak berubah dibandingkan tahun sebelumnya, tapi untuk tahun ini jadi memiliki lebih banyak sub-kategori.


Menutup tahun 2020, TikTok merangkum daftar video, kreator, hashtag dan efek paling populer di tahun ini. Tiga kreator teratas di TikTok ada @sandys.ss, @jharnabhagwani, dan @realsesesvana.


Menurut Angga, untuk kategori kreator teratas tidak ditetapkan berdasarkan jumlah penggemar yang dimiliki tapi melihat dari engagement dengan pengguna lain serta kecepatan pertumbuhannya.


Melihat pesatnya perkembangan konten edukasi di tahun ini, TikTok untuk pertama kalinya juga merilis kategori edukator teratas. Beberapa kreator yang masuk dalam kategori ini antara lain @borassaem, @asahpolapikir, dan @ritajessica.


Bicara soal TikTok pasti tidak jauh-jauh dari efek dan filter. Sepanjang tahun 2020 ada tiga efek TikTok yang paling populer yaitu 'Focus on Me', 'Green Screen Video', dan 'Timewrap Scan'.

https://trimay98.com/movies/janin/


Untuk konten video, Angga mengatakan ada banyak video yang banyak ditonton dan memperoleh banyak engagement. Tapi satu kategori yang cukup mengejutkan adalah video parenting yang diunggah kreator @rensiasanavira.


"Ternyata parenting pun ada demand-nya di TikTok dan itu baru kita recognized di 2020," jelas Angga.


Berikut daftar lengkap video, kreator, efek, challenge, dan selebriti yang paling populer di TikTok sepanjang tahun 2020:


Rising Creators


- @rensiasanvira

- @kulinersamacici

- @venithyacalista

- @asahpolapikir

- @bangijal.tv

- @dhiarcom

- @cheryantoinette

- @2beha10ribu

- @alsaaql

- @idgitaf


Top Creators


- sandys.ss

- jharnabhagwani

- realsesesvana

- jebunggg

- syarif.yosee

- vegadelaga

- emilmario69

- dimsthemeatguy

- h3yimrobby

- Avanthelove


Top Creative Effects


- Face Features

- Focus on Me

- Green Screen Video

- Disco Light

- My Background

- Shape Shift

- Timewrap Scan

- Color Selector

- Panning

- Artist


Most Viewed Videos


- @alsaaql

- @dedek_soemantri

- @rensiansavira

- @2beha10ribu

- @kulinersamacici

- @fahmimiasmr

- @diksielawrence

- @jharnabhagwani

- @janineintansari

- @ff.icall


Top Hashtag Challenges


- #SamaSamaBelajar

- #SamaSamaDiRumah

- #MasakdiRumah

- #DontLeaveMe

- #SamaSamaDariTikTok

- #PopcornDuet

- #PasstheBrushChallenge

- #GlowUpChallenge

- #DitantangNetizen

- #SamaSamaIndonesia


Top Educators


- @rensiasanavira

- @dr.ziee

- @borassaem

- @asahpolapikir

- @bagus.ya

- @ritajessica

- @buiraamira

- @irvingtan

- @ilmumakanan

- @claristacahyani


Top Celebrities


- Marion Jola

- Aurel Hermansyah

- Verrel Bramasta

- Nia Ramadhani

- Vidi Aldiano

- Prilly Latuconsina

- Rizky Febian

- Inul Daratista

- Sule

- Raisa


Top Duets


- Kopi Dangdut - @asyrafjamall

- Bahasa Kalbu - @raisa6690

- Backyard Boys - @alsaaql

- My Boo - @patrahafizh

- Sesuatu di Jogja - @fachrimaulana

- Ku Puja Puja - @priabernadaa

- Lose - @niki

- Terpikat Senyummu - @idgitaf

- Countdown - @jebunggg

- Perlahan x Menepi - @rifqi


Top Music Tracks


- AAH Mantap

- Kopi Dangdut (Cover)

- Ampun Bang Jago

- Iri Bilang Bos

- Bertaut

- Lathi

- Hati Yang Kau Sakiti

- Doa Untuk Kamu

- Mungkin Hari Ini Esok Atau Lusa

- Pretty Real

https://trimay98.com/movies/buku-harianku/