Minggu, 04 April 2021

Inisiatif Tokopedia Dorong Transaksi UMKM Medan Naik 2,5 Kali Lipat

 Untuk membantu pegiat usaha di Indonesia, Tokopedia menyelenggarakan inisiatif hyperlocal. Selama Februari 2021, KTP Medan mencatat peningkatan jumlah pembeli lebih dari 2,5 kali lipat dibanding bulan sebelumnya.

Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho, menjelaskan kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP) Medan adalah salah satu wujud inisiatif ini. Praktiknya, UMKM Medan bisa mendapat pendampingan memulai dan mengembangkan usaha online maupun lewat halaman khusus di Tokopedia.


Inisiatif tersebut dilakukan agar UMKM setempat bisa menjadi raja di negerinya sendiri dengan pemanfaatan teknologi. Adapun kategori paling diburu dalam kampanye ini adalah makanan, minuman, kesehatan dan perawatan tubuh, serta elektronik.


Jumlah transaksi lewat kampanye KTP Medan juga meningkat lebih dari 2,5x lipat. Fog Apothecary dan Aloya Coffee adalah contoh UMKM lokal di Medan yang merasakan dampak positif dari kampanye KTP Medan," kata Trian dalam keterangan tertulis, Selasa (30/3/2021).


Salah satu yang memanfaatkan inisiatif adalah pemilih Fog Apothecary, Vivi Tantri yang juga menjual produk essential oil dan wewangian rumah berbahan alami pada 2016. Ia mulai bergabung dengan Tokopedia pada 2018.


"Melalui Tokopedia, produk saya bisa dinikmati pelanggan dari luar Medan, seperti Bali hingga Kalimantan. Sejak bergabung dengan Tokopedia, omzet saya meningkat lebih dari 100%," kata Vivi.


Vivi menjelaskan selama tahun 2020, transaksi Fog Apothecary meningkat hampir 7,5 kali lipat. Menurutnya produk linen spray, pengusir serangga, dan morning mist menjadi produk paling laris selama pandemi.


Manfaat serupa juga dirasakan oleh pemilik Aloya Coffee, Lian Purba. Ia bersama dua partner bisnisnya bekerja sama dengan sekitar 30 petani kopi di berbagai daerah Indonesia, termasuk Sumatera Utara dan Aceh untuk menyuplai biji kopi berkualitas.


"Setiap biji kopi yang kami sajikan langsung berasal dari para petani lokal," ujar Lian.


Lian mengatakan selain berkolaborasi melalui platform digital, pegiat usaha lokal juga harus melakukan inovasi agar terus relevan dengan masyarakat. Ia mencontohkan misalnya membuat varian kopi siap minum dengan daging durian asli ke depannya.


Berkaitan dengan inisiatif hyperlocal, selain KTP Medan Tokopedia juga meluncurkan Keluarga Tokopedia, yakni wadah untuk memfasilitasi pegiat usaha, khususnya UMKM lokal, saling berbagi informasi dan inspirasi dalam menciptakan peluang usaha daring.

https://cinemamovie28.com/movies/lost-girls-love-hotels/


Awas, Aplikasi Edit Bentuk Tubuh di TikTok Picu Gangguan Makan


Aplikasi pengeditan bentuk tubuh yang diiklankan di TikTok dan Instagram memicu banyak anak muda, terutama perempuan, menderita gangguan makan.

Iklan ini biasanya menunjukkan bagaimana sebuah aplikasi dapat digunakan untuk mengubah tampilan bagian tubuh tertentu, misalnya membuat pinggang lebih ramping atau menambah otot.


Sejumlah yayasan amal yang berfokus mengurusi masalah gangguan makan melayangkan kritik keras. Menurut mereka, perusahaan teknologi harus mempertimbangkan dampak aplikasi semacam ini pada orang-orang yang rentan.


"Perusahaan media sosial perlu menghentikan akun-akun, iklan, dan aplikasi semacam itu, dan juga menghentikan upaya penyebaran pesan yang tidak sehat dan sangat tidak membantu," kata juru bicara Hope Virgo, yayasan yang mengkampanyekan isu gangguan makan, dikutip dari BBC, Rabu (31/3/2021).

https://cinemamovie28.com/movies/the-lovebirds/

Youtuber Menambang Bitcoin Cuma Pakai Game Boy Klasik

 Seorang Youtuber mengubah Game Boy klasik menjadi sistem penambangan Bitcoin. Sebenarnya berfungsi, tapi memiliki kecepatan yang sangat tidak efektif.

Baru-baru ini ditemukan hal yang cukup menarik, di mana Game Boy yang biasa digunakan untuk bermain game dapat diubah menjadi alat untuk menambang Bitcoin. Eksperimen ini dilakukan oleh Youtuber cerdik, Stacksmashing, yang mengubah platform game klasik yakni Game Boy menjadi sistem penambang Bitcoin, dilansir detikINET dari Gamerant, Selasa, (30/3/2021).


Mengingat kurangnya GPU pada platform game ini, Stacksmashing menggunakan kartu flash USB standar untuk menjalankan ROM pada Game Boy. Kemudian dia menggunakan kabel penghubung yang dimodifikasi setelah digabungkan dengan Raspberry Pi Pico Microcontroller Board untuk mengirimkan informasi antara Game Boy dan host komputer.


Untuk memperkuat eksperimen yang dilakukannya, Stacksmashing membuat blockchain dengan tingkat kesulitan yang sangat rendah untuk mengetahui secara teoritis, apakah Game Boy dapat menambang Bitcoin. Hal itu itu pun memang bisa dilakukan.


Sebelumnya, telah beredar kabar bahwa PlayStation 5 dapat menambang Ethereum, namun hanya beberapa saat setelah itu dihentikan. Namun dengan kecerdikan yang luar biasa dari Stacksmashing, menambang Bitcoin menjadi lebih terjangkau menggunakan Game Boy klasik.


Sayangnya, seperti yang sudah dibayangkan, bahwa menambang Bitcoin menggunakan Game Boy sangat lambat. Selama pengujian, Stacksmashing sudah memperkirakan jika menggunakan alat penambang modern akan 125 triliun kali lebih efektif. Di mana potensi kekayaan Bitcoin yang diperoleh menggunakan Game Boy mungkin masih di luar jangkauan.


Namun Youtuber ini memberikan sedikit kesan humor dari eksperimen yang telah dilakukannya. Dia menunjukkan bahwa operasi penambangan ASIC membutuhkan banyak daya jika dibandingkan dengan Game Boy yang hanya menggunakan empat baterai AA.


Meskipun menambang Bitcoin di Game Boy hampir tidak mungkin, fakta bahwa Game Boy dapat direnovasi menjadi sistem penambang Bitcoin membuat upaya ini berhasil. Namun bagi calon penambang sebaiknya menggunakan cara lain atau yang lebih modern, dan tetap menggunakan Game Boy sebagaimana mestinya sebagai alat bermain game saja.

https://cinemamovie28.com/movies/my-best-friends-wedding-2/


Inisiatif Tokopedia Dorong Transaksi UMKM Medan Naik 2,5 Kali Lipat


Untuk membantu pegiat usaha di Indonesia, Tokopedia menyelenggarakan inisiatif hyperlocal. Selama Februari 2021, KTP Medan mencatat peningkatan jumlah pembeli lebih dari 2,5 kali lipat dibanding bulan sebelumnya.

Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho, menjelaskan kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP) Medan adalah salah satu wujud inisiatif ini. Praktiknya, UMKM Medan bisa mendapat pendampingan memulai dan mengembangkan usaha online maupun lewat halaman khusus di Tokopedia.


Inisiatif tersebut dilakukan agar UMKM setempat bisa menjadi raja di negerinya sendiri dengan pemanfaatan teknologi. Adapun kategori paling diburu dalam kampanye ini adalah makanan, minuman, kesehatan dan perawatan tubuh, serta elektronik.

https://cinemamovie28.com/movies/my-best-friends-wedding/