Jumat, 13 Maret 2020

Orang Aceh ke Jakarta Via Malaysia, Pembuatan Paspor Meningkat

Warga Aceh yang ingin ke Pulau Jawa memilih transit di Kuala Lumpur, Malaysia untuk mendapatkan tiket pesawat lebih murah. Pembuatan paspor pun meningkat.

"Terkait fenomena tersebut kami dapat memberi gambaran bahwa peningkatan jumlah permohonan paspor pada Kantor Imigrasi Klas 1 Banda Aceh dapat dikatakan terjadi kenaikan," kata Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian pada Kantor Imigrasi Kelas I Banda Aceh, Muhammad Hatta saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (13/1/2019).

"Hal ini salah satu disebabkan karena faktor keinginan dari masyarakat untuk transit di satu negara sebelum menuju ke dalam negeri yang merupakan negara tujuannya," jelas Hatta.

Menurutnya, terjadinya peningkatan pembuatan paspor tidak hanya terjadi pada Januari tahun ini. Tahun lalu, juga sempat terjadi kenaikan. Namun awal 2019 diperparah dengan harga tiket pesawat yang melambung tinggi sehingga masyarakat yang melakukan penerbangan dalam negeri memilih via luar negeri.

Selama Januari, pihak Imigrasi Banda Aceh mengeluarkan paspor rata-rata dalam sehari sebanyak 200 buku paspor. Jumlah ini berbeda lagi dengan layanan periotas seperti lansia, bayi serta orang dengan kebutuhan khusus.

Sebagian pembuat paspor tersebut ingin ke Malaysia untuk mengunjungi keluarga. Namun ada juga yang sengaja membuat paspor untuk ke Jakarta namun transit di Kuala Lumpur.

"Dan fenomena ini juga terjadi yang di luar perkiraan kami jadi masyarakat (saat wawancara) mengatakan transkit di KL untuk selanjutnya kembali ke tanah air, ada yang untuk keperluan dagang, dan melajutkan pendidikannya kembali," ungkap Hatta.

Seperti diketahui, tiket pesawat dari Aceh ke Pulau Jawa memang sedang mahal. Dilihat detikTravel, dari situs pemesanan, harga tiket langsung Banda Aceh ke Jakarta lebih mahal dibanding via Kuala Lumpur. Untuk penerbangan pada Senin (14/1) misalnya, harga tiket pesawat Lion Air dari Aceh ke Jakarta dengan sekali transit di Bandara Kuala Namu, Sumatera Utara berkisar Rp 2.185.000 hingga Rp 2.586.000.

Sementara tiket pesawat Batir Air penerbangan langsung dari Aceh ke Cengkareng Rp 2.383.000. Pesawat Garuda dengan penerbangan yang sama harga tiketnya Rp 2.962.700. Sedangkan jika transit ke luar negeri, harga tiketnya malah lebih murah. AirAsia, misalnya, rute Aceh ke Bandara Cengkareng dengan sekali transit di Kuala Lumpur harga tiketnya Rp 1.525.000.

Namun penerbangan dengan Air Asia waktu transitnya lebih lama yaitu berkisar 10 hingga 12 jam. Warga Aceh saat ini kebanyakan lebih memilih terbang dulu ke luar negeri kemudian baru ke tempat tujuan di Pulau Jawa.

Mengenal Monaco, Rumah Baru Fabregas

Cesc Fabregas melanjutkan karirnya ke AS Monaco. Klub sepakbola yang berasal dari salah satu destinasi wisata terpopuler di dunia.

Fabregas berpisah dengan Chelsea. Selama menggenakan seragam 'The Blues', Fabregas bermain sebanyak 198 kali dan mencetak 22 gol. 4 Trofi dipersembahkan, 2 di antaranya adalah gelar Premier League.

Kini pemain yang terkenal dengan raja assist itu bergabung dengan AS Monaco. Dia akan menggenakan nomor punggung 44.

Mengenal AS Monaco, klub ini bermain di Ligue 1 Prancis. Meski kini posisi di klasemen terpuruk, AS Monaco tak bisa dipandang sebelah mata. Beberapa pemain hebat berasal dari sana, serta sering jadi kuda hitam di kompetisi Liga Champions.

AS Monaco sesuai namanya, berasal dari Monaco. Dirangkum detikTravel dari berbagai sumber, Minggu (13/1/2019) Monaco merupakan negara kecil yang tetanggaan dengan Nice, kota di pesisir selatan Prancis. Monaco ke Nice, cuma 20 km.

Monaco disebut sebagai negara terkecil kedua (setelah Vatikan) dan terpadat di dunia. Dengan memiliki luas hanya 2,02 km persegi, tapi penduduknya sekitar 38 ribu orang. Selain itu, Monaco juga dikenal sebagai negara yang makmur.

Hal itu dikarenakan, Monaco memiliki tarif pajak penghasilan dan pajak perusahaan yang sangat rendah. Maka tak heran, banyak orang-orang kaya di dunia punya rumah di sana dan membangun villa-villa yang megah.

Jangan kaget, kalau melihat banyak mobil-mobil mewah berlalu-lalang dan parkir di pinggir jalan di Monaco. Sebut saja seperti Porsche, Bentley, Ferarri dan Rolls Royce.

Lihat Lebih Dekat Kota Terlarang China (2)

Dari ratusan bangunan, Hall of Supreme Harmony adalah struktur terbesar dan terpenting istana. Ini merupakan tempat dihelatnya acara-acara penting di istana kekaisaran seperti penobatan dan pesta ulang tahun sang kaisar. Struktur arsitektur yang megah membuat mata siapa pun yang memandangnya akan terpesona olehnya. Tidak jelas seperti apa penggambaran di dalam aula tersebut lantaran pengunjung dilarang keras memasukinya.

Sama memesonanya adalah halaman luas yang memisahkan satu bangunan istana dengan lainnya. Ini adalah tempat yang tepat untuk merenungkan kemegahan istana dan kehidupan penghuninya pada masa jayanya. Cobalah pejamkan mata dan rasakan sensasi unik yang tak terkatakan.

14 Kaisar Ming dan 10 kaisar Qing pernah bertahta di Forbidden City dan mendaulatnya sebagai rumah sekaligus panggung bagi segala intrik politik, skandal asmara dan drama selama ratusan tahun yang mengilhami banyak pembuatan film dan penulisan buku. Tidak heran jika pengunjung merasakan sensasi'ghostly' di komplek tua seluas 72 hektar ini. Forbidden City dibangun pada awal abad ke-15 yang berarti semasa dengan Kerajaan Majapahit. Jika demikian, bukankah kompleks ini cukup tua untuk menghadirkan aura 'ghostly' itu?

Di ujung utara Kota Terlarang, sebelum pintu keluar, terdapat Imperial Garden (Taman Kekaisaran), sebuah taman klasik dengan lanskap yang indah, termasuk gua bebatuan karang, pohon-pohon tua nan ikonik dan paviliun-paviliun bergaya khas China lengkap dengan kolam ikan koinya. Di area yang sebenarnya tidak seberapa luas ini, rasa penasaran bercampur kondisi terpesona membuat saya betah untuk berlama-lama sehingga terpisah dari rombongan untuk beberapa saat. Sebabkan orang panik dan khawatir teman satu rombongannya hilang.

Bermaterialkan kayu pada sebagian besar struktur bangunannya membuat Forbidden City rentan mengalami kebakaran. Tercatat beberapa kali insiden kebakaran pernah terjadi baik karena keteledoran maupun kesengajaan. Inilah mengapa banyak dijumpai tong perunggu besar yang (dahulunya) berisi air yang berfungsi sebagai fire hydrant yang banyak tersebar di dalam kompleks istana.

Mulanya dibangun di bawah naungan Kaisar Yongle medio 1400-an hingga jatuhnya dinasti Qing pada 1911, kompleks yang luas ini pernah menjadi pusat pemerintahan China. Selama 500 tahun rakyat dilarang memasuki Forbidden City. Kini, siapapun yang bersedia membayar karcis masuk dapat merasakan secuil kemegahan salah satu Pesona Asia ini. Tertarik mengunjunginya?

Menjadi rumah bagi kekaisaran China selama lima abad, kompleks Forbidden City adalah jantung negara sebelum pada 1987 ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Disebut 'Kota Terlarang' karena dahulu rakyat dilarang masuk komplek tersebut tanpa seizin khusus dari sang kaisar. Kunjungan tanpa izin ke istana praktis akan berbuah hukuman mati. Mengapa dilarang? Kami tidak tahu persis alasannya.

"Bisa jadi sang kaisar ingin melindungi privacy-nya atau, sang kaisar hendak menyembunyikan kemewahan dari rakyatnya," demikian kata A Li, tour guide kami.

Forbidden City adalah koleksi arsitektur kuno yang paling lestari di China. Dibangun oleh kaisar ketiga dinasti Ming pada 1406 sampai 1420 dengan bantuan satu juta pekerja, komplek ini berisi tak kurang 800 bangunan dengan 9.999 kamar tersebar di area seluas 72 hektar. Tapi istana ini bukan hanya kumpulan bangunan tua yang antara satu bangunan dengan lainnya miliki desain arsitektur yang nyaris seragam. Bukan. Faktanya, Forbidden City adalah sebuah museum akbar dengan koleksi harta kekaisaran terbesar di negeri ini. Menjadikan salah satu Pesona Asia ini benar-benar tidak boleh dilewatkan oleh siapa pun yang melawat ke Negeri Tirai Bambu.