Jumat, 13 Maret 2020

Orang Aceh ke Jakarta Via Malaysia, Pembuatan Paspor Meningkat

Warga Aceh yang ingin ke Pulau Jawa memilih transit di Kuala Lumpur, Malaysia untuk mendapatkan tiket pesawat lebih murah. Pembuatan paspor pun meningkat.

"Terkait fenomena tersebut kami dapat memberi gambaran bahwa peningkatan jumlah permohonan paspor pada Kantor Imigrasi Klas 1 Banda Aceh dapat dikatakan terjadi kenaikan," kata Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian pada Kantor Imigrasi Kelas I Banda Aceh, Muhammad Hatta saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (13/1/2019).

"Hal ini salah satu disebabkan karena faktor keinginan dari masyarakat untuk transit di satu negara sebelum menuju ke dalam negeri yang merupakan negara tujuannya," jelas Hatta.

Menurutnya, terjadinya peningkatan pembuatan paspor tidak hanya terjadi pada Januari tahun ini. Tahun lalu, juga sempat terjadi kenaikan. Namun awal 2019 diperparah dengan harga tiket pesawat yang melambung tinggi sehingga masyarakat yang melakukan penerbangan dalam negeri memilih via luar negeri.

Selama Januari, pihak Imigrasi Banda Aceh mengeluarkan paspor rata-rata dalam sehari sebanyak 200 buku paspor. Jumlah ini berbeda lagi dengan layanan periotas seperti lansia, bayi serta orang dengan kebutuhan khusus.

Sebagian pembuat paspor tersebut ingin ke Malaysia untuk mengunjungi keluarga. Namun ada juga yang sengaja membuat paspor untuk ke Jakarta namun transit di Kuala Lumpur.

"Dan fenomena ini juga terjadi yang di luar perkiraan kami jadi masyarakat (saat wawancara) mengatakan transkit di KL untuk selanjutnya kembali ke tanah air, ada yang untuk keperluan dagang, dan melajutkan pendidikannya kembali," ungkap Hatta.

Seperti diketahui, tiket pesawat dari Aceh ke Pulau Jawa memang sedang mahal. Dilihat detikTravel, dari situs pemesanan, harga tiket langsung Banda Aceh ke Jakarta lebih mahal dibanding via Kuala Lumpur. Untuk penerbangan pada Senin (14/1) misalnya, harga tiket pesawat Lion Air dari Aceh ke Jakarta dengan sekali transit di Bandara Kuala Namu, Sumatera Utara berkisar Rp 2.185.000 hingga Rp 2.586.000.

Sementara tiket pesawat Batir Air penerbangan langsung dari Aceh ke Cengkareng Rp 2.383.000. Pesawat Garuda dengan penerbangan yang sama harga tiketnya Rp 2.962.700. Sedangkan jika transit ke luar negeri, harga tiketnya malah lebih murah. AirAsia, misalnya, rute Aceh ke Bandara Cengkareng dengan sekali transit di Kuala Lumpur harga tiketnya Rp 1.525.000.

Namun penerbangan dengan Air Asia waktu transitnya lebih lama yaitu berkisar 10 hingga 12 jam. Warga Aceh saat ini kebanyakan lebih memilih terbang dulu ke luar negeri kemudian baru ke tempat tujuan di Pulau Jawa.

Mengenal Monaco, Rumah Baru Fabregas

Cesc Fabregas melanjutkan karirnya ke AS Monaco. Klub sepakbola yang berasal dari salah satu destinasi wisata terpopuler di dunia.

Fabregas berpisah dengan Chelsea. Selama menggenakan seragam 'The Blues', Fabregas bermain sebanyak 198 kali dan mencetak 22 gol. 4 Trofi dipersembahkan, 2 di antaranya adalah gelar Premier League.

Kini pemain yang terkenal dengan raja assist itu bergabung dengan AS Monaco. Dia akan menggenakan nomor punggung 44.

Mengenal AS Monaco, klub ini bermain di Ligue 1 Prancis. Meski kini posisi di klasemen terpuruk, AS Monaco tak bisa dipandang sebelah mata. Beberapa pemain hebat berasal dari sana, serta sering jadi kuda hitam di kompetisi Liga Champions.

AS Monaco sesuai namanya, berasal dari Monaco. Dirangkum detikTravel dari berbagai sumber, Minggu (13/1/2019) Monaco merupakan negara kecil yang tetanggaan dengan Nice, kota di pesisir selatan Prancis. Monaco ke Nice, cuma 20 km.

Monaco disebut sebagai negara terkecil kedua (setelah Vatikan) dan terpadat di dunia. Dengan memiliki luas hanya 2,02 km persegi, tapi penduduknya sekitar 38 ribu orang. Selain itu, Monaco juga dikenal sebagai negara yang makmur.

Hal itu dikarenakan, Monaco memiliki tarif pajak penghasilan dan pajak perusahaan yang sangat rendah. Maka tak heran, banyak orang-orang kaya di dunia punya rumah di sana dan membangun villa-villa yang megah.

Jangan kaget, kalau melihat banyak mobil-mobil mewah berlalu-lalang dan parkir di pinggir jalan di Monaco. Sebut saja seperti Porsche, Bentley, Ferarri dan Rolls Royce.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar