Selasa, 31 Desember 2019

Tahun Ini, Indonesia Incar Peringkat 30 di TTCI

Lembaga dunia Travel & Tourism Competitiveness Index (TTCI) mengungkapkan posisi pariwisata Indonesia di dunia. TTCI 2017 yang dikeluarkan secara resmi oleh World Economic Forum (WEF) pada 2017 menunjukkan Indonesia tembus di peringkat 42, naik 8 angka dari dua tahun sebelumnya 2015 di peringkat 50.

Angka 50 itu pun sudah naik dari papan 70 besar dunia pada tahun 2013. Targetnya pada 2019 adalah peringkat ke-30. Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Gabungan Industri Pengusaha Indonesia (GIPI) Didien Junaedy mengaku heran jika masih ada yang meragukan capaian pariwisata Indonesia dalam hal daya saing. Baginya, itulah justru yang membuat banyak investasi mulai percaya di sektor pariwisata.

"Perkembangan sektor pariwisata Indonesia on the track. Pariwisata Indonesia makin kuat bersaing dengan negara lain. Datanya bisa dilihat dan itu dikeluarkan resmi oleh World Economic Forum, bukan data sembarangan," ujar Didien dalam keterangan tertulis, Jumat (16/8/2019).

Menurut Didien, suasana geliat di pasar dan destinasi juga terasa dalam lima tahun ini. Keberhasilan sektor pariwisata Indonesia, lanjutnya, tidak lepas dari seriusnya perhatian Presiden Joko Widodo terhadap sektor ini. Apalagi perkembangannya selalu dipantau.

"Dunia pariwisata Indonesia sangat beruntung memiliki presiden yang peduli dengan pariwisata. Apalagi semua kemauannya bisa diterjemahkan dengan sangat baik oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya. Tanpa kolaborasi yang baik ini, tidak mungkin sektor pariwisata Indonesia melesat seperti sekarang," katanya.

Didien bahkan menilai peran Arief Yahya selaku Menteri Pariwisata tidak bisa dilepaskan dari kesuksesan pariwisata Indonesia. "Apalagi, beliau menerapkan deregulasi. Dan inilah kunci yang membuat daya saing pariwisata di tingkat global meningkat tajam," katanya.

"Menpar melakukan deregulasi bebas visa secara. Juga memperbaiki pilar yang menjadi unsur penilaian dalam Travel and Tourism Competitiveness Index World Economic Forum. Hasilnya, brand Wonderful Indonesia kian dikenal luas. Baik di dalam maupun luar negeri. Tidak sembarangan orang bisa melakukan hal ini. Hanya mereka yang punya komitmen, kemampuan, dan keseriusan yang bisa melakukannya," jelasnya.

Tidak hanya itu, Didien juga menilai Arief Yahya sangat jeli melihat tren wisatawan dunia. Saat ini, tren tersebut mengarah ke digital. Sektor pariwisata Indonesia pun dibawa menuju era digital.

"Jadi kalau masih ada yang berharap wisatawan mancanegara cari brosur di bandara, itu kuno. Wisatawan sekarang akrab dengan digital. Semua dilakukan dengan gadget. Mencari informasi destinasi, hotel, bahkan hingga membayar, semua dilakukan digital, sebelum mereka berangkat. Lantas bagaimana jika wisatawan sudah sampai bandara? Ada TIC (Tourism Information Center). Kalau masih berharap brosur ya ketinggalan," kata Didien.

Kini pelaku industri pariwisata sudah semakin memahami tren yang makin digital. Sebab, sudah ada perubahan pola dari wisatawan mancanegara. Industri yang tidak mengikuti perkembangan zaman akan semakin jauh tertinggal.

Didien juga mengungkapkan sektor pariwisata sangat dinamis, terus berubah, bahkan berevolusi. Salah satunya karena teknologi digital. "Customer atau perilaku traveler sudah berubah, maka produk dan strategi marketing nya pun harus berubah. Dan itu sudah dilakukan sejak 4 sampai 5 tahun ini," jelasnya.

Ia menjelaskan bahwa cerita di balik destinasi sangatlah penting dan sudah banyak kisah suksesnya.

"Pariwisata itu soal persepsi. Apa yang ingin kita sampaikan ke wisatawan, bagaimana caranya wisatawan bisa tertarik untuk datang, dan bagaimana bisa menyisakan memori yang indah? Itu penting dan menjadi kekuatan destinasi," pungkasnya.

Sambut HUT RI, 3 Startup Ini Beri Promo Liburan Heboh

Punya lomba favorit untuk merayakan HUT RI tentu sah-sah saja, tapi bagaimana jika kali ini kamu diberi kesempatan untuk merayakan kemerdekaan dengan cara berbeda? Selain mengikuti berbagai lomba khas 17-an di area tempat tinggal, kamu juga bisa memanfaatkan sederet promo spesial persembahan 3 startup unggulan Indonesia.

Traveloka, Pegipegi, dan Airy berlomba memberikan promo yang pastinya sayang untuk dilewatkan. Apa saja yang mereka tawarkan? Intip promonya berikut ini.

Traveloka

Menjadi salah satu rujukan para traveler dalam menemukan inspirasi wisata, Traveloka punya reputasi yang tak main-main. Tak hanya urusan traveling di dalam dan luar negeri, startup yang dibawahi Ferry Unardi ini juga melayani pemesanan tiket masuk beragam wahana rekreasi juga voucher makan.

Promo Semangat 45 yang berlangsung pada 16-18 Agustus 2019 layak dinantikan. Selama tiga hari, kamu bisa menikmati diskon mulai dari 45% untuk pembelian tiket masuk wahana rekreasi lewat Traveloka Xperience dan voucher makan di Traveloka Eats. Asyiknya, promo ini tidak menerapkan syarat dan ketentuan khusus. Jadi, kamu hanya perlu memasang pengingat untuk menghindari promo terlewat begitu saja.

Traveloka Xperience juga masih punya promo menarik lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara perayaan HUT RI ke-74 ini. Beberapa promo spesial dari Traveloka Xperience di antaranya adalah Eksklusif Wildlife Reserves Singapore, diskon Timezone, dan undian #XperienceSeru.

Tak hanya produk di Traveloka Xperience, kamu juga bisa menikmati promo lainnya seperti diskon pemesanan tiket pesawat, hotel, dan lain-lain. Untuk info lebih lanjut, langsung saja kunjungi halaman promo Traveloka.

Pegipegi

Terkenal sebagai penyedia layanan pemesanan tiket pesawat, kereta, dan hotel, Pegipegi tak mau kalah dalam memberikan persembahan khusus bagi pelanggannya. Di halaman promonya, Pegipegi menyediakan sejumlah promo berupa potongan harga untuk tiket transportasi dan pemesanan kamar hotel.

Pegipegi membagi kategorinya menjadi tiga, yaitu Kupon, Harga Spesial, dan Bank. Ketiga kategori ini punya promo berbeda, kamu hanya perlu memilih promo yang sesuai dengan kebutuhanmu. Salah satu promo yang diprediksi akan menjadi rebutan adalah Flash Sale menginap yang berlangsung pada 15-18 Agustus 2019.

Sebagai nasabah setia dari bank favorit, kamu juga bisa memanfaatkan promo khusus yang memberi kesempatan para nasabah mendapatkan harga spesial untuk transaksi di Pegipegi.

Airy

Airy tentu tak mau kalah memanjakan pelanggannya. Startup yang satu ini dengan bangga menawarkan rangkaian promo bertajuk Gercep Merdeka. Dalam rangkaian promo ini, kamu bisa memilih sejumlah keuntungan seperti diskon tiket pesawat Rp 130.000 juga kamar hotel sebesar 17% dan 25%.

Menariknya, Airy juga bekerja sama dengan sejumlah startup lainnya dalam memberikan promo terbaik, salah satunya adalah dengan Traveloka. Dalam kolaborasinya ini, kamu bisa mendapatkan kode kupon untuk Traveloka Xperience setelah melakukan transaksi di Airy. Kupon diskon Traveloka Xperience sebesar 20% (hingga Rp 200.000) akan dikirimkan paling lambat 5 hari kerja setelah kamu melakukan transaksi di Airy.

Tertarik dengan promo lainnya dari Airy? Kunjungi halaman promo Airy untuk info lebih lengkapnya.

Itu dia kumpulan rekomendasi promo dari 3 startup terbaik Indonesia. Dengan adanya promo ini, kamu bisa mengajak teman dan keluarga merayakan HUT RI dengan cara yang tak biasa sekaligus liburan murah karena banjir diskon dari mana-mana.