Selasa, 30 Juni 2020

Facebook Adakan Iklan Kampanye Untuk Cegah Berita Hoax

Sebagai bagian dari upaya untuk membantu penggunanya dalam mengidentifikasi berita palsu, jejaring media sosial Facebook akan menjalankan sebuah kampanye iklan yang bermitra dengan lembaga mandiri pemeriksa fakta Full Check.
Dilansir detiKINET dari CNET, mulai bulan depan pengguna Facebook di Inggris, Eropa, Turki, Afrika dan Timur Tengah akan melihat kampanye iklan di dalam feeds.

Dalam iklan tersebut akan mendorong mereka untuk berpikir kritis tentang informasi yang dilihat, juga mereka akan diminta mempertimbangkan dari mana informasi itu berasal, apakah ada yang hilang dari informasi tersebut serta bagaimana perasaan mereka.

"Konten emosional dapat lebih membujuk Anda untuk mempercayai berita palsu," kata Kepala Eksekutif Full Fact Will Moy.

"Selama dalam krisis kesehatan saat ini hidup dipertaruhkan. Dengan mengambil waktu sejenak sebelum membagikan sesuatu secara online, orang-orang dapat menghentikan penyebaran informasi yang berbahaya dan menyesatkan dan melindungi teman dan keluarga mereka." lanjutnya

Mencegah penyebaran informasi palsu menjadi tantangan bagi berbagai aplikasi media sosial dan mulai meningkat signifikan ketika merebaknya virus Corona yang membawa urgensi baru pada tantangan tersebut.

Bagi Facebook upaya melawan berita palsu telah melampaui siklus berbagi makanan rumahan ke dalam kelompok pribadi yang didedikasikan untuk menyebarkan teori konspirasi dan WhatsApp end-to-end yang berarti sulit untuk melacak apa yang telah dibagikan orang-orang.

Seperti Twitter dan Youtube, perusahaan telah menghapus petak konten yang melanggar kebijakan lalu juga memberikan label peringatan untuk mencegah orang yang mungkin berbagi informasi palsu.

Meningkatkan literasi media pengguna menggunakan iklan untuk mendorong mereka mempertanyakan apa yang sedang mereka baca adalah alternatif baru dalam sebuah workshop.

"Dengan begitu banyak cara untuk mengkonsumsi berita bisa jadi sulit untuk membuat pilihan berdasarkan informasi tentang apa yang harus dibaca, dipercaya, dan dibagikan," kata Steve Hatch, wakil presiden Facebook untuk Eropa Utara dalam sebuah pernyataan.

"Kampanye ini adalah tentang mengajukan tiga pertanyaan sederhana kepada orang-orang untuk membantu mereka menantang informasi yang mereka baca sehingga mereka dapat lebih mendapat informasi," tutupnya.

Tetap Kerja Saat Pandemi, Karyawan Amazon Diganjar Rp 7 Miliar!

 Amazon retail online terbesar dunia akan mengeluarkan uang sebanyak USD 500 juta atau sekitar Rp 7 miliar (Rp 1 = 14 ribuan) sebagai bonus ucapan terima kasih kepada para pegawainya yang terus bekerja selama pandemi virus COVID-19.
Langkah ini muncul setelah menghapus sistem upah pekerja Amazon yang telah dikurangi USD 2 per-jamnya lalu bulan Mei pekerja mendapatkan gaji dua kali lipat sebagai imbalan karena tetap bekerja selama pandemi.

"Tim operasi kami telah melakukan perjalanan yang luar biasa selama beberapa bulan terakhir dan kami ingin menunjukkan penghargaan kami dengan bonus Terima Kasih khusus dengan jumlah yang lebih dari USD 500 juta," ujar Wakil Presiden Senior Amazon Global Dave Clark yang dilansir detikINET dari CNN.

Jumlah bonus ini akan diberikan dalam jumlah bervariasi di mana karyawan penuh waktu di Whole Food serta driver untuk mitra layanan pengiriman akan mendapatkan USD 500 atau sekitar Rp 7 jutaan.

Lalu karyawan atau driver paruh waktu akan mendapatkan USD 250 atau sekitar Rp 3,5 jutaan. Untuk pimpinan garis depan di Amazon dan Whole Foods akan mendapatkan USD 1.000 atau sekitar Rp 14 jutaan.

Kemudian mitra layanan pengirim Amazon juga akan mendapatkan USD 3.000 atau sekitar Rp 42,9 jutaan. Untuk driver Amazon Flex yang telah bekerja lebih dari 10 jam akan mendapatkan uang USD 150 atau sekitar Rp 2,1 juta.

Selama pandemi virus Corona Amazon mengalami peningkatan permintaan, hal ini karena orang-orang harus berdiam diri di rumah dan demi memenuhi kebutuhan pokok rumah tangga belanja pun dialihkan ke online.

Meski demikian Amazon juga diawasi ketat karena masih tetap mempekerjakan 400 ribu karyawannya selama pandemi ini.

Perusahaan juga telah dikritik karena tidak memberikan informasi yang cukup tentang dampak sebenarnya dari krisis kesehatan publik pada pekerjanya. Setidaknya ada 10 kematian di antara karyawan gudang yang telah dites positif terkena virus corona.
https://nonton08.com/spotlight/

Senin, 29 Juni 2020

Segway yang Pernah Ngehits, Tamat Riwayatnya

- Segway dua roda versi awal pernah populer meski seiring waktu berlalu tak banyak penggunanya. Nah, sarana transportasi ikonik ini tamat riwayatnya karena tidak lagi akan diproduksi.
Menurut laporan eksklusif dari Fast Company, Segway Inc akan menghentikan produksi kendaraan listrik legendaris tersebut pada 15 Juli di fasilitas pabrik di New Hampshire, Amerika Serikat. Sebagian pegawai pun kena PHK, tersisa 12 orang untuk menangani garansi dan perbaikan perangkat yang masih digunakan saat ini.

Tidak jelas sampai kapan perusahaan akan memberi support pada Segway Human Transporter tersebut. Perusahaan akan mengalihkan fokus ke produk yang lain, bukan lagi alat transportasi dua roda tersebut.

Kabar ini merupakan akhir yang cukup menyedihkan mengingat Segway dua roda langsung ngehits sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2001. Perangkat ini diyakini akan merevolusi transportasi pribadi.

Segway original itu dibuat oleh engineer AS, Dean Kamen. Tapi di kemudian hari, Segway model awal ini kebanyakan hanya dipakai di bandara atau oleh aparat, tidak begitu diminati warga umum.

Bahkan ada beberapa kecelakaan sosok penting yang memakai Segway. Pada tahun 2003 misalnya, George W Bush jatuh dari Segway yang ia kendarai di rumah orang tuanya.

Pada tahun 2015, Usain Bolt yang sedang merayakan kemenangannya di lintasan lari ditabrak kameramen yang memakai Segway. Untungnya tidak terjadi luka serius.

Paling tragis menimpa pemilik Segway, Jimi Heseleden, yang sempat membeli perusahaan itu pada tahun 2009. Ia jatuh ke sungai di Inggris menggunakan salah satu kendaraan Segway dan meninggal dunia.

Segway Inc kini dimiliki oleh perusahaan asal China, Ninebot, yang melakukan aksi akuisisi pada tahun 2015. Mereka punya berbagai produk termasuk skuter dan kursi roda.

Drone Bantu Petani, Pemuda Ini Dapat Uang Rp 16 Juta Perbulan

Pandemi virus COVID-19 menyerang semua sektor bisnis termasuk pertanian yang mengalami dampaknya di mana para petani takut untuk keluar rumah karena Corona. Drone menjadi solusinya.
Namun berkat ide pemuda ini dengan memanfaatkan teknologi mampu menghasilkan uang dan juga menjadi penyelamat bagi usaha petani sekaligus menjaga kelangsungan kehidupan manusia.

Adalah cerita dari seorang pemudah berusia 22 tahun bernama Mohd Saifullah Halim asal Penang, Malaysia yang menggunakan teknologi drone pesawat tanpa awak untuk menjaga alur pekerjaan petani berada di jalur yang benar.

Dilansir detiKINET dari Mashable ia mulai menerbangkan drone untuk menyemprotkan pestisida pada tanaman di lahan seluas 11 hektar. Idenya ini pun mendapat permintaan dari petani lainnya.

"Ini adalah keputusan tepat yang saya buat setelah menyelesaikan studi saya. Saya mulai dengan satu drone yang saya beli untuk digunakan di sawah seluas 11 hektar tetapi segera setelah itu saya mulai mendapatkan permintaan (untuk layanan) dari teman-teman ayah saya dan juga penduduk desa." ujarnya.

"Dan dari sana, permintaan mulai mengalir selama periode Order Kontrol Gerakan (MCO) dan (saya) membeli pesawat tanpa awak untuk memperluas layanan dan untuk memenuhi meningkatnya kebutuhan petani di sekitar daerah ini." tambahnya.

Ia menambahkan bahwa drone-nya kini sangat dicari karena para pertani begitu berhati-hati meninggalkan rumahnya karena takut adanya virus Corona dan ini pun dijadikan alternatif yang baik.

Para petani juga terkesan dengan efisiensi drone. Menurut mereka apa yang biasanya dilakukan telah memakan waktu berjam-jam, namun dengan drone hanya dilakukan dalam waktu setengah jam.

Dikatakan Halim para petani ini tidak keberatan untuk membayar tarifnya dari USD 2,80 menjadi USD 4,66 per 0,29 hektar.

"Mereka lebih suka menyemprot menggunakan drone karena lebih tersebar lebih merata, dan meningkatkan hasil panen mereka dibandingkan dengan praktik normal menggunakan pompa. Untuk musim (padi) ini, saya menerima permintaan dari Yan dan Alor Setar (kota-kota yang berjarak sekitar 30 menit dari desanya). " jelasnya.
https://kamumovie28.com/star/don-johnson/