Minggu, 15 Juni 2014

Tips untuk Pergi Wisata Ke Brazil

Traveler tak sabar untuk menyaksikan Piala Dunia 2014 di Brasil yang tinggal 2 hari lagi. Kalau Anda juga mau ke sana, baca dulu 5 hal tentang Brasil berikut ini. Salah satunya, jangan kaget kalau dicium orang Brasil ya!

Brasil adalah negara terbesar dan terbanyak penduduknya di kawasan Amerika Latin. Tak heran, ada banyak kebudayaan dan keberanekaragaman adat istiadat di Negeri Samba.

Dilongok dari situs CNN Travel, Rabu (11/6/2014) setidaknya ada 5 hal penting yang harus Anda tahu tentang Brasil. Ini bisa jadi panduan Anda selama traveling ke sana. Simak 5 hal tersebut berikut ini:

1. Tidak semua masyarakat Brasil bisa bahasa Inggris

Salah satu keluhan turis saat traveling ke Brasil adalah sulitnya berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Selain kota Rio de Janeiro dan Sao Paulo, masyarakat kota-kota lain di Brasil tidak bisa menggunakan bahasa Inggris. Tak hanya masyarakatnya, bahkan tanda-tanda jalan atau papan informasi dalam bahasa Inggris bakal sulit ditemui.

Bahasa resmi Brasil sendiri adalah bahasa Portugis, dan bahasa Inggris bukan jadi prioritas di negara tersebut. Jadi kalau kesulitan berkomunikasi dengan masyarakat di sana, ujung-ujungnya pakai bahasa tubuh saja. Meski begitu, masyarakat Brasil sebenarnya ramah dan tak segan membantu turis yang bertanya.

Beberapa bahasa Portugis yang lumrah digunakan turis yakni, Todo bom? yang artinya apa kabar? Dan Eu nao entendo yang artinya saya tidak tahu.

2. Mencium orang asing sudah biasa

Tahukah Anda, orang-orang Brasil rupanya cepat akrab dan bersahabat dengan orang asing seperti turis. Mereka begitu akan menghargai jika seorang turis memiliki tata krama yang sopan dan bisa jadi teman yang menyenangkan. Sebelum berpisah, mereka akan memberikan kecupan di pipi sebagai tanda penghormatan dan memeluk. Muach!

Hal seperti itu wajar dilakukan oleh pria dan wanita di sana. Apalagi saat nonton sepakbola bareng menyaksikan tim Samba dan di sebelah Anda adalah wanita Brasil. Siap-siap dicium kalau sudah kenal dan merayakan gol bersama

3. Surganya jus

Bersyukurlah bagi traveler yang suka minum jus saat traveling ke Brasil. Karena negara tropis dan banyak hutan, Brasil memiliki banyak buah yang lezat dan punya ciri khas serta bisa diolah menjadi jus yang segar.

Saat Anda ke Rio de Jeniero pastikan mencicipi kreasi jus dari sucos bar atau jus bar. Mulai buah tropis hingga buah langka seperti arocela bisa dinikmati.

Jus bar punya ciri unik yaitu tumpukan buah dipajang di bagian depan. Beberapa yang paling umum ditemui adalah fruta do conde atau srikaya yang kaya akan antioksidan, arecola, buah dengan kandungan vitamin C tertinggi, dan caju atau jambu monyet, dan caja, buah mirip mangga kaya vitamin A dan kalsium.

Anda bisa memesan jus dengan gula atau tanpa gula, semua buah diperas segar dan tidak ditambahkan konsentrat. Banyak jus bar juga menawarkan makanan murah sebagai alternatif bersantap restoran di kota yang harganya cukup mahal. Perut kenyang, siap untuk jalan-jalan lagi!

4. Jatuh ke Sungai Amazon tak usah takut ikan piranha

Sungai Amazon punya panjang 6.400 km, mengalir dari Pegunungan Andes di Peru sampai ke Samudera Atlantik. Sungai Amazon merupakan sungai kedua terpanjang di dunia setelah Sungai Nil. Sungai ini melintasi lima negara di kawasan Amerika Latin yakni Peru, Ekuador, Kolombia, Bolivia, dan Brasil. Hampir 60 persen dari panjang Sungai Amazon ada di Brasil.

Sungai Amazon pun jadi daya tarik bagi traveler yang datang ke Brasil. Sungai ini pun lebar, airnya berwarna cokelat dan menjanjikan petualangan di alam liar. Tapi, salah satu ketakutan traveler saat menyusuri Sungai Amazon adalah ikan piranha!

Tunggu dulu, ternyata kebanyakan ikan piranha ternyata tidak menyerang manusia saat berada di Sungai Amazon. Jika Anda terjatuh ke Sungai Amazon, ikan piranha tidak akan menyerang Anda. Ini tentu dari berbeda dari yang Anda lihat di film-film Hollywood.

Anda pun tak masalah mencoba berenang di Sungai Amazon. Kalau ada satu dua ikan piranha, jangan takut. Mereka tidak akan menyerang saat sedang tidak bergerombol. Jangan lupa mampir ke Sungai Amazon kalau liburan ke Brasil!

5. Awas kriminalitas!

Kesenjangan ekonomi merupakan masalah utama di Brasil. Sebab dari sinilah, angka kriminalitas di sana cukup tinggi dan jadi bikin turis was-was. Masih banyak masyarakat Brasil yang hidup miskin dan mendorong mereka melakukan tindakan kriminalitas. Belum lagi, banyak geng narkoba di Brasil yang terkenal sadis.

Meski begitu, tindak kriminalitas terhadap turis di sana tidaklah tinggi. Namun, tak ada salahnya Anda lebih waspada saat jalan-jalan ke Negeri Samba.

Beberapa tips yang harus Anda ingat adalah menetaplah di kota-kota besar, jangan membawa uang banyak saat berpegian, simpan barang-barang berharga di hotel, naiklah taksi yang direkomendasikan dari pihak hotel atau mencari informasi taksi resmi dan pastikan Anda tahu jalan pulang ke hotel.



Sumber : https://www.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar