Sabtu, 30 November 2019

Pimpinan MPR Kenang Ciputra: Idola Mahasiswa ITB Tahun 1970-an

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Fadel Muhammad hari ini melayat ke persemayaman terakhir mendiang taipan properti, Ciputra. Fadel mengaku sudah kenal dengan Ciputra sejak tahun 1970-an di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Dalam ingatannya, Fadel menyebut Ciputra merupakan seorang idola bagi mahasiswa ITB pada tahun 70-an.

"Saya mengenal beliau ketika saya di ITB menjadi mahasiswa ITB. (Ciputra) idola daripada kita mahasiswa-mahasiswa pada tahun 70-an akhir itu adalah beliau," kenang Fadel usai melayat di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan, Sabtu (30/11/2019).

Setelah lulus dari ITB pun hubungan antara Fadel dan Ciputra tidak pernah putus. Fadel menyebut, antara dirinya dan Ciputra pernah mengembangkan bisnis perbankan, namun sayangnya tidak beruntung.

"Setelah selesai dari sana (ITB) pun kami masih berhubungan. Pernah kita sama-sama mengembangkan usaha perbankan dan dua-duanya tidak beruntung. Disaat ekonomi rusak, bank Ciputra tutup dan saya bank Intan juga tutup," ceritanya.

Menurut Fadel, sepeninggalnya Ciputra membuatnya merasa kehilangan seorang putra terbaik. Dia bilang, Ciputra merupakan sosok yang menjadi panutan untuknya menjadi seorang pengusaha.

"Kami benar-benar merasa kehilangan seorang putra bangsa terbaik. Apalagi saya merasa sangat kehilangan karena beliau adalah putra Sulawesi yang terbaik. Saya pun mengikuti beliau menjadi pengusaha itu dari inspirasi Ciputra. Beliau tidak henti-hentinya memberi dukungan orang untuk menjadi entrepreneur. Itu yang selalu melekat di dalam pikiran saya," kata Fadel.

Fadel berdoa, agar almarhum Ciputra mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

"Saya dan seluruh rakyat Gorontalo berdoa semoga arwah almarhum Ciputra mendapatkan tempat yang mulia di sisi Tuhan Yang Maha Esa," doanya.

Mengenang Ciputra hingga Mochtar Riady Ngaku Lepas Saham OVO

Berita terpopuler detikFinance pekan ini didominasi informasi seputar wafatnya pengusaha Ciputra, pendiri Ciputra Group. Kisah kesederhanaan pria yang akrab disapa Pak Ci itu menjadi salah satu artikel yang paling banyak dibaca, yaitu hanya memiliki sepasang sepatu untuk aktivitas sehari-hari.  http://nonton08.com/sampai-ujung-dunia/

Selain itu, berita terpopuler sepekan lainnya adalah tentang pengakuan mengejutkan Bos Lippo Group, Mochtar Riady yang telah melepas saham di startup dompet digital OVO lantaran nggak kuat dengan konsep bakar duit. Kemudian, berita terpopuler selanjutnya, adalah perusahaan Malaysia angkat kaki dari tol Cipali.

Berikut deretan berita terpopuler sepekan detikFinance:

Mengenang Ciputra

Pengusaha nasional pendiri Grup Ciputra, Dr (HC) Ir Ciputra, meninggal dunia di usia 88 tahun. Ciputra diketahui sebagai salah satu pengusaha properti paling terkemuka di Indonesia.

Meninggalnya Ciputra dikonfirmasi oleh Panji Pragiwaksono melalui akun Twitternya, Rabu (27/11/2019). Panji mengatakan Ciputra meninggal di Singapura dini hari tadi.

"Innalillahi wa inna illaihi rajiuun. Telah meninggal dunia, Bapak Ir Ciputra, Chairman dan Founder Ciputra Group di Singapore pada tgl 27 November 2019 pk 1:05 waktu Singapore," tulis Panji melalui akun Twitternya.

Nah yang menarik dari Ciputra adalah kesederhanannya. Meski punya harta melimpah, Ciputra bisa dikatakan pengusaha yang sederhana. Hal itu itu diungkapkan oleh Cipta Ciputra Harun yang merupakan generasi ketiga keluarga Ciputra.

Dalam catatan detikcom 2017 lalu, Cipta mengatakan, kakeknya hanya menggunakan sepasang sepatu untuk berpergian kemana-mana.

"Dia nggak pernah mikirin sepatunya apa, bajunya apa. Sepatu dia cuma satu, New Balance warna hitam, entah tahun berapa belinya. Nggak ganti-ganti," ujar Cipta.

Mobil yang ditumpangi juga hanya Toyota Alphard seri lama. Bagi Ciputra, merek baju, mobil atau sepatu, sepertinya sama sekali bukan hal penting.

"Bukan soal dia mau sederhana, tapi dia memang nggak kepikiran," tambahnya.

Cipta juga mengungkapkan, kakeknya mengajarkan kerja keras kepada cucunya. Dia bilang, generasi ketiga keluarga Ciputra yang hendak bergabung dengan Grup Ciputra mesti meniti karier dari bawah. Tak ada cerita cucu Ciputra yang baru lulus kuliah dan langsung jadi direktur.  http://nonton08.com/7-misi-rahasia-sophie/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar