Sabtu, 18 April 2020

Sejarah Klorokuin, Obat Malaria yang Kini Diuji untuk Pasien Corona

 Klorokuin jadi salah satu senyawa yang kini diteliti untuk mengobati pasien yang terinfeksi virus Corona COVID-19. Pemberiannya tidak bisa sembarangan dan bukan untuk dikonsumsi masyarakat umum karena berisiko menimbulkan efek samping.
Terkait hal tersebut, klorokuin sebetulnya sudah lama dikenal sebagai obat untuk parasit malaria. Guru Besar Analisis Farmasi dan Kimia Medisinal Universitas Padjajaran, Profesor Muchtaridi, menjelaskan klorokuin merupakan merupakan pengembangan dari senyawa kinin sulfat.

Kinin sulfat pertama kali diekstrak dari batang pohon kina pada tahun 1800-an. Perlahan penggunaan kinin ditinggalkan karena parasit malaria membangun resistensi terhadapnya dan memiliki toksisitas tinggi.

"Sejarahnya kinin sulfat dulu abad 18 yang dipakai. Tahun 1934, Bayer dari Jerman mencari alternatif baru namanya klorokui. Senyawa ini lebih polar dan lebih tidak toksik," kata Prof Muchtaridi pada detikcom, Sabtu (18/4/2020).

Kini klorokuin dan variannya, hydroxychloroquine, diteliti untuk jadi obat Corona. Prof Muchtaridi menjelaskan lebih jauh bahwa dikatakan klorokuin bukan untuk spesifik menarget virus, melainkan untuk meringankan gejala peradangan pada paru-paru.

"Bukan sebagai antivirus, tapi sebagai antiradang paru atau pneumonia," pungkas Prof Muchtaridi.

Cara Pakai Sarung Tangan yang Benar Agar Terhindar Virus Corona

Seorang ahli spesialis penyakit menular di Virginia Commonwealth University, Dr Mary E Schmidt, mengatakan bahwa menggunakan sarung tangan lateks sembarangan malah berpotensi terinfeksi virus Corona COVID-19. Alasannya karena kadang rasa aman membuat sebagian orang jadi sering menyentuh wajah dan masker.
"Orang-orang berpikir mereka terlindungi, lalu menggunakan sarung tangan untuk menyentuh diri sendiri atau wajah" kata dr Mary seperti dikutip dari CNBC.

"Begitu sarung tangan itu terkontaminasi, risikonya sama saja seperti menyentuh dengan tangan telanjang," lanjutnya

Bagaimana cara menggunakan sarung tangan yang benar agar terhindar dari infeksi virus Corona?

Schmidt mengatakan, setelah menggunakan sarung tangan jangan menyentuh barang-barang seperti ponsel, dompet, tas, masker, dan permukaan wajah. Tindakan itu bisa mencemari diri sendiri dengan virus yang mungkin menempel pada sarung tangan.

Sering juga terjadi kontaminasi silang saat memakai dan melepas sarung tangan. Untuk itu, sebelum menggunakan sarung tangan pastikan sudah mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer.

Pastikan juga sarung tangan dalam keadaan baik, tidak robek, kotor, dan berubah warna terutama pada sarung tangan lateks. Tarik sarung tangan sampai ke pergelangan.

Untuk membukanya, lepas sarung tangan dari dalam ke luar untuk menghindari kontaminasi virus di permukaan luarnya dengan hati-hati. Setelah itu, sarung tangan harus langsung dibuang jangan disimpan lagi.

"Gunakan sarung tangan untuk sekali pakai. Banyak orang yang membawanya pulang dan mencucinya, itu agak berbahaya dan bisa saja menyebarkan virus pada permukaan lain," jelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar