Senin, 20 April 2020

Dipakai Titiek Puspa, Apa Sih Fungsi Alat Pacu Jantung?

Sejak 2018 lalu, artis senior Titiek Puspa sudah menggunakan alat pacu jantung akibat penyakit jantung yang diidapnya. Hal ini dimaksudkan untuk membantu detak jantung kembali normal.
"Satu tahun yang lalu, aku kena jantung jadi sesak napas gitu, ke dokter. Terus, sekarang aku pakai pacu jantung. Tapi, dioperasi saya nggak mau jantungnya di apa-apain, yaudah ini aja," ungkapnya saat menjadi bintang tamu di podcast kanal Youtube milik Deddy Corbuzier, beberapa waktu lalu.

Sudah digunakan Titiek Puspa sejak lama, apa sih fungsinya alat pacu jantung itu?

Menurut dokter jantung dari Siloam Hospital Lippo Village, dr Vito A Damay, SpJP(K), Mkes, FIHA, FICA, FAsCC, alat pacu jantung merupakan alat yang berfungsi untuk menjaga detak jantung tetap pada frekuensi normal. Tidak terlalu cepat atau terlalu lambat juga.

"Jadi, intinya untuk mempertahankan detak jantung agar tetap dalam batas normal," katanya saat dihubungi detikcom, Senin (20/4/2020).

Menurut dr Vito orang diharuskan menggunakan alat pacu jantung biasanya setelah terkena serangan jantung, frekuensi detaknya melemah atau tidak normal.

Dalam keadaan normal, detak jantung pada orang biasa berkisar antara 60-100 kali per menit. Detak jantung bisa dikatakan tidak normal jika frekuensinya hanya 20-30 kali per menit.

"Karena dia (detak jantung) lambat itulah, maka kita pakai alat pacu jantung. Supaya jantungnya terpacu dan berdetak dalam batas yang normal," jelasnya.

Ahli Tegaskan Virus Corona Tak Bakal Menular Lewat Kentut, Ini Alasannya

Belakangan ini ramai soal pernyataan dokter asal Australia, Andy Tagg, yang menyebut virus Corona bisa menyebar lewat kentut. Ia mengaitkan hal tersebut dengan temuan virus Corona dalam feses manusia.
"Ya, SARS-Cov-2 dapat dideteksi dalam feses dan telah terdeteksi pada individu tanpa gejala hingga 1 hari pasca paparan. Mungkin SARS-CoV-2 dapat disebarkan melalui kentut, kita membutuhkan lebih banyak bukti," ungkap Andy, dikutip dari The Sun pada Senin (20/4/2020).

Namun pernyataan tersebut ditentang oleh ahli. Direktur Klinis Patientaccess.com dr Sarah Jarvis, mengatakan sangat kecil kemungkinan seseorang tertular virus Corona dari kentut seseorang.

"Kemungkinan seseorang tertular virus karena mereka dekat dengan seseorang yang kentut sangat kecil. Anda jauh lebih mungkin untuk tertular melalui kontak dekat dengan seseorang yang batuk atau bersin, atau dengan menyentuh droplet di tangan ketika kamu menyentuh benda," bantah Jarvis.

Sementara itu, sebelumnya Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China pun sempat mengatakan bahwa kecil kemungkinan virus Corona bisa menular lewat kentut.

Lahir Saat Pandemi Corona, Bayi di India Diberi Nama Sanitizer

Seorang bayi laki-laki di Uttar Pradesh, India, diberi nama "Sanitizer". Sang ayah, Omvir Singh, beralasan ingin anaknya kelak bisa diingat sebagai pahlawan yang mengalahkan virus Corona COVID-19 di masa pandemi.
"Saat orang-orang berbicara tentang corona, mereka akan ingat bahwa Sanitizer yang menyelamatkan mereka," kata Omar seperti dikutip dari India TV, Senin (20/4/2020).

Penggunaan sabun dan hand sanitizer memang disarankan oleh berbagai ahli termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mencegah virus Corona. Alasannya karena virus bisa menginfeksi lewat tangan yang kotor sehingga masyarakat harus lebih rutin mencuci tangan.

Ibunda Sanitizer, Monika, mengatakan begitu suaminya mengumumkan nama anak mereka hampir semua petugas medis tersenyum.

Nama bayi unik yang berhubungan dengan pandemi ini beberapa kali dilaporkan muncul. Soorang bayi perempuan yang lahir di Gorakhpur diberi nama "Corona", bayi laki-laki di Deoria diberi nama "Lockdown", dan bayi laki-laki lainnya di daerah Rampur diberi nama "Covid".

1 komentar:

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.dewapk.name menghadirkan 9 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    POKER, DOMINO, CEME, CEME KELILING, CAPSA, SUPER10, OMAHA ,BLACKJACK,SUPERBULL TERPERCAYA DI INDONESIA
    dimana lagi kalau bukan di www.dewapk.name
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    - Bonus Cashback 0.3%. Dibagikan Setiap hari SENIN
    - Bonus referral 10% SELAMANYA
    - Minimal Deposit dan Withdraw hanya 10 rb Proses Aman & cepat
    - 100% murni Player vs Player ( NO ROBOT )
    Kini Hadir Deposit via Pulsa ( Online 24 Jam )
    silahkan di add Whatshapp : +8558778142

    BalasHapus