Jumat, 24 April 2020

Hasil Uji Remdesivir 'Bocor', Disebut Gagal Mengobati Pasien Corona

Sebelumnya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah membuat daftar obat-obatan yang bisa dilakukan uji coba dalam pengobatan pasien virus Corona COVID-19, salah satunya adalah remdesivir.
Remdesivir disebut mempunyai potensi yang baik dalam pengobatan pasien virus Corona. Bahkan ini adalah salah satu obat yang diklaim Donald Trump 'menjanjikan'.

Sayangnya remdesivir dikabarkan tidak memberikan hasil baik. Sebanyak 237 pasien yang menjalani uji coba pengobatan remdesivir tak mendapat manfaat seperti yang selama ini diharapkan. Bahkan percobaan ini juga dihentikan lebih awal karena adanya efek samping.

The Guardian menyebutkan berita mengenai gagalnya uji coba obat ini telah diunggah pada database uji klinis WHO, tetapi kemudian dihapus. Seorang juru bicara WHO mengatakan dokumen tersebut diunggah terlalu dini karena faktor ketidaksengajaan.

"Draf dokumen diberikan oleh penulis WHO dan secara tidak sengaja di posting di situs web dan dihapus segera setelah kesalahan diketahui. Naskah sedang dalam peninjauan dan kami menunggu versi final sebelum WHO memberikan komentar," kata seorang juru bicara WHO, Tarik Jasarevic.

Remdesivir merupakan obat hasil racikan perusahaan bioteknologi asal Amerika Serikat (AS), Gilead Sciences.

Beberapa dokter di China juga akhirnya menghentikan uji coba remdesivir pada pasien virus Corona bergejala berat. Namun pihak Gilead tetap mengklaim bahwa obat buatannya masih bisa berguna pada pasien yang memiliki gejala rendah.

Dalam percobaan tersebut, 237 pasien dibagi menjadi dua kelompok yaitu 158 orang diberikan remdesivir, sementara 79 lainnya hanya mendapatkan perawatan standar. Hasilnya tidak ada perbedaan antara kedua kelompok pasien tersebut dalam waktu pemulihan.

"Dalam penelitian ini pada pasien dewasa yang dirawat di rumah sakit dengan COVID-19 bergejala parah dihentikan sebelum waktunya, remdesivir tidak dikaitkan dengan manfaat klinis atau virologi," tulis laporan tersebut.

"Remdesivir dihentikan lebih awal pada 18 (11,6 persen) pasien karena efek samping, dibandingkan dengan 4 (5,1 persen) pada kelompok kontrol," lanjutnya.

10 Manfaat Puasa di Tengah Pandemi Corona Menurut Pakar Jiwa

Puasa di bulan Ramadhan kali ini tak seperti biasanya. Tak ada lagi aktivitas salat Tarawih berjamaah demi menekan penyebaran virus Corona yang kini tengah menjadi pandemi.
Meski begitu, puasa di tengah pandemi Corona tak menghilangkan ragam manfaat, termasuk menjaga imunitas tubuh dan kesehatan jiwa. Tak hanya itu, pakar jiwa pun meyakini puasa menjadi sarana untuk 'detoksifikasi jiwa'.

dr Lahargo Kembaren, SpKJ, psikiater dari RS Jiwa dr H Marzoeki Mahdi Bogor, menjelaskan puasa bisa membuat fisik dan mental lebih baik. Hal itu disebutnya karena saat puasa kita terlatih untuk mengendalikan diri.

Selain itu ada 10 manfaat yang bisa didapatkan dari puasa menurut dr Lahargo seperti berikut.

-Membuat tubuh menjadi lebih baik secara fisik dan mental

-Membuat tubuh menjadi lebih muda dan segar

-Membersihkan badan dari berbagai toksin

-Menurunkan tekanan darah dan kadar lemak

-Lebih mampu mengendalikan seksualitas

-Membuat imunitas atau kekebalan tubuh meningkat

-Mengendorkan ketegangan jiwa

-Menajamkan fungsi indrawi

-Memperoleh kemampuan mengendalikan diri sendiri

-Memperlambat proses penuaan

1 komentar:

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 9 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    POKER, DOMINO, CEME, CEME KELILING, CAPSA, SUPER10, OMAHA ,BLACKJACK,SUPERBULL TERPERCAYA DI INDONESIA
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    - Bonus Cashback 0.3%. Dibagikan Setiap hari SENIN
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus referral 20% SELAMANYA
    - Minimal Deposit dan Withdraw hanya 10 rb Proses Aman & cepat
    - 100% murni Player vs Player ( NO ROBOT )
    Kini Hadir Deposit via Pulsa ( Online 24 Jam )
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus