Kamis, 30 April 2020

Kisah Haru Dokter Naik-turun Gunung Pakai APD Lengkap untuk Obati Anak Sakit

Dokter saat ini menjadi garda terdepan dalam menangani penyakit terutama wabah Corona yang menginfeksi jutaan orang di seluruh dunia. Terkadang dalam melayani pasien, mereka bahkan tidak mementingkan diri sendiri demi menyelamatkan dan merawat banyak orang.
Seperti yang dilakukan oleh seorang dokter di Thailand bernama Dokter Soi yang bekerja di sebuah klinik kesehatan pedesaan di Provinsi Nan, Thailand. Ia menjadi viral karena keberanian dan perjuangannya mendaki dua gunung dan menyeberangi sungai untuk mengobati seorang anak.

Dikutip dari World of Buzz, dr Soi berkata bahwa dia akan mengunjungi seorang anak yang mengeluh sakit. Sebagai persiapan, selain membawa obat-obatan, ia juga mengenakan APD lengkap sebagai tindakan pencegahan dan pengamanan terutama di masa pandemi COVID-19. Ia juga mengenakan sepatu bot karena tahu akan menyeberangi sungai.

Setelahnya, dr Soi kemudian berangkat ke desa dengan sepeda motor bersama seorang asisten. Saat sampai di daerah pedesaan, hanya ada jalan tanah yang curam dan sempit sehingga mereka harus berjalan kaki sembari menuntun sepeda motornya. Saat itu suhu juga mencapai 38 derajat celcius.

Tepat sebelum tiba di tujuan, ada jalan yang sangat curam dan dr Soi sudah sangat lelah namun ia tetap bersemangat. Karena khawatir, asistennya menanyakan kondisinya yang dijawab dengan "tidak apa-apa, aku baik-baik saja,".

Kondisinya yang letih membuat dr Soi beberapa kali tergelincir dan jatuh. Ia memegang akar atau pohon untuk membantunya berjalan. Ketika akhirnya ia sampai di puncak, dr Soi melihat sebuah gubuk kecil di kejauhan.

Semakin dekat, dia dapat melihat bahwa gubuk kayu kecil itu berada di tengah-tengah sebuah peternakan dan ada sekitar enam orang di sana, dua wanita tua dengan empat anak. Mereka sangat senang melihat dokter dan asistennya. Karena kewalahan, dr Soi merasakan air matanya mengalir deras tetapi dia menutupinya dengan bertanya kepada anak-anak apakah tinggal di pertanian itu menyenangkan. Semua orang mengatakan itu menyenangkan.

dr Soi langsung memeriksa anak yang sedang sakit karena mereka ingin kembali ke klinik sebelum petang tiba. Anak itu mengalami sedikit demam dan sakit tenggorokan jadi dr Soi memberinya obat dan meminta ibunya untuk memantau kondisi anaknya.

Saat kembali dari desa, dr Soi benar-benar kelelahan tetapi tidurnya terganggu karena terus memikirkan kondisi anak yang dirawatnya. Setelah tiga hari, orang yang mengirim makanan ke keluarga yang tinggal di gubuk kecil di desa itu mengatakan kepada dr Soi bahwa anak itu telah pulih.

Merasa lega, dr Soi mengatakan bahwa berinteraksi dengan penduduk desa kala itu membuatnya melupakan segala lelah dan kesulitan yang ia hadapi saat bekerja. Satu-satunya hal yang ia inginkan adalah agar masyarakat menerima perawatan kesehatan dengan baik.

Usia 5 Hari Sudah Positif Corona, Seberapa Besar Risiko Bayi Terinfeksi?

Tak hanya dewasa, beberapa bayi juga dilaporkan positif virus Corona. Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusomo (RSCM) Kiara sendiri menemukan bayi yang pertama kali terdeteksi di hari ke-5.
Dijelaskan dr Nina Dwi Putri, SpA(K), dokter spesialis kesehatan anak, bayi yang dirujuk ke RSCM biasanya dalam kondisi berat. Seperti mengidap gejala pneumonia yaitu sesak napas.

"Rujukan dari luar itu saat ini usianya mungkin hampir 2 minggu, dia pertama kali terdeteksi itu di 5 hari, itu bayi-bayi yang kecil, rata-rata datang dengan gejala pneumonia," ungkapnya saat ditemui detikcom di RSCM Kiara, Jakarta Pusat, Kamis, (30/4/2020).

Lalu sebenarnya seberapa berisiko bayi terkena Corona?

"Jadi sebenarnya risiko untuk tertular itu sama dengan dewasa, namun dari di luar itu kita bisa liat, gejala anak yang berat itu sedikit, mungkin karena tidak terlaporkan karena biasanya gejala anak itu ringan, sehingga tidak diperiksa," ungkapnya.

"Jadi nggak ketangkep dalam surveilans, tapi secara umum memang anak lebih rendah proporsinya, dan biasanya lebih ringan dibandingkan dengan dewasa, kecuali yang ada komorbid-nya," lanjutnya.

1 komentar:

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.dewapk.name menghadirkan 9 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    POKER, DOMINO, CEME, CEME KELILING, CAPSA, SUPER10, OMAHA ,BLACKJACK,SUPERBULL TERPERCAYA DI INDONESIA
    dimana lagi kalau bukan di www.dewapk.name
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    - Bonus Cashback 0.3%. Dibagikan Setiap hari SENIN
    - Bonus referral 10% SELAMANYA
    - Minimal Deposit dan Withdraw hanya 10 rb Proses Aman & cepat
    - 100% murni Player vs Player ( NO ROBOT )
    Kini Hadir Deposit via Pulsa ( Online 24 Jam )
    silahkan di add Whatshapp : +8558778142

    BalasHapus