Senin, 27 April 2020

Viral Dokter Meninggal Usai Tunda Nikah Demi Tangani Pasien Corona

Viral kabar seorang dokter muda yang merupakan garda terdepan dalam penanganan virus Corona meninggal dunia. Dokter tersebut bernama Mikhael Robert Marampe, ia diduga meninggal karena Corona.
Kabar terkait meninggalnya dokter tersebut ramai diperbincangkan saat akun Twitter @firmandapoli menceritakan kepulangan dr Mikhael. Selain itu, ia menceritakan kalau mendiang dokter Mikhael berencana menikah pada 11 April 2020. Ia disebut rela menunda nikahnya demi tangani pasien Corona.

"Innalillahi wainnailaihirojiun. Selamat jalan dokter pejuang covid-19. Telah berpulang kepangkuan Tuhan YMK, Malam ini pukul 20:00 WIB di rumah sakit POLRI Kramat Jati Jakarta, Dokter muda asal Kotamobagu. Alm Dokter. Michael Robert Marampe," tulis akun tersebut pada Minggu (26/4/2020).

Menanggapi hal ini, humas Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), dr Halik Malik membenarkan kabar meninggalnya dr Mikhael Marampe. Ia merupakan anggota IDI Cabang Bekasi.

"Dia memang sudah sakit sih ya sebelumnya, sempat dirawat di RS Persahabatan, waktu itu kondisinya sempat membaik, dia PDP, sempat pulang ke rumah, kemudian belakangan dikabarkan masuk lagi ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati," ungkapnya saat dihubungi detikcom pada Senin (27/4/2020).

"Hasil rapid testnya sih yang kita ketahui positif, kalau hasil swab kan harus dari rumah sakit. Intinya kita turut berbela sungkawa aja atas kepulangan dokter di masa pandemi ini. Dan tidak mengenal usia, usia muda kan, di bawah 30 tahun juga, ada dokter yang meninggal, sebelumnya kan ada yang berusia 34, berarti dokter Mikhael paling muda usianya yang meninggal," ungkap dr Halik Malik.

Gumpalan Darah Misterius pada Pasien Corona Membuat Dokter Khawatir

 Saat tenaga medis mempelajari lebih lanjut tentang apa yang membuat virus Corona begitu parah pada beberapa pasien, mereka menemukan adanya komplikasi misterius dan berpotensi mematikan: pembekuan darah.
Banyak dokter telah melihat dan melaporkan sejumlah pasien COVID-19 yang mengkhawatirkan. Banyak di antara mereka mengalami gumpalan darah yang dapat menyebabkan masalah serius seperti serangan jantung dan stroke.

"Jumlah pasien dengan masalah pembekuan darah yang saya lihat di ICU belum pernah terjadi sebelumnya," kata Dr Jeffrey Laurence, ahli hematologi di Weill Cornell Medicine di New York City, kepada CNN.

Beberapa dokter mulai memperhatikan bahwa pasien COVID-19 mereka mengalami pembekuan di kaki mereka, bahkan ketika diberi pengencer darah. Lainnya melaporkan masalah dengan mesin dialisis untuk pasien COVID-19, karena pembekuan dalam darah pasien menyumbat tabung mesin. Selain itu, beberapa autopsi COVID-19 menemukan adanya gumpalan darah kecil di seluruh paru-paru.

Laporan juga menemukan orang-orang yang relatif muda, di usia 30-an dan 40-an, mengalami stroke setelah terinfeksi dengan coronavirus. Diketahui bahwa stroke sering disebabkan oleh gumpalan darah di pembuluh otak.

Bukan hal yang aneh bagi pasien di ICU untuk mengalami pembekuan darah, tetapi tingkat pembekuan darah dan hubungannya dengan COVID-19 tampak tidak biasa. Sebuah studi terbaru dari Belanda, yang diterbitkan dalam jurnal Thrombosis Research, menemukan bahwa dari 184 pasien COVID-19 di ICU, lebih dari 30 persen mengalami beberapa jenis masalah pembekuan darah.

"Angka ini sangat mengkhawatirkan," kata Dr Behnood Bikdeli, ahli kardiovaskular di Columbia University Irving Medical Center.

Masih belum jelas mengapa pasien COVID-19 mengalami pembekuan ino. Gumpalan itu bisa saja merupakan hasil dari sistem kekebalan yang terlalu aktif, yang mengarah pada ketidakseimbangan dalam "faktor pembekuan" yang dapat menyebabkan pembekuan atau pendarahan.

1 komentar:

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.dewapk.name menghadirkan 9 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    POKER, DOMINO, CEME, CEME KELILING, CAPSA, SUPER10, OMAHA ,BLACKJACK,SUPERBULL TERPERCAYA DI INDONESIA
    dimana lagi kalau bukan di www.dewapk.name
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    - Bonus Cashback 0.3%. Dibagikan Setiap hari SENIN
    - Bonus referral 10% SELAMANYA
    - Minimal Deposit dan Withdraw hanya 10 rb Proses Aman & cepat
    - 100% murni Player vs Player ( NO ROBOT )
    Kini Hadir Deposit via Pulsa ( Online 24 Jam )
    silahkan di add Whatshapp : +8558778142

    BalasHapus