Minggu, 19 April 2020

Menikmati Indahnya Teluk Mutiara dari Restoran Kayu di NTT

Sebuah restoran bernuansa kayu di Teluk Mutiara, NTT memberikan kesan sederhana. Istimewanya, hamparan laut indah menemani pengunjung menyantap makanan
Setelah perjalanan panjang dari Surabaya, selanjutnya kami menaiki pesawat Wings Air menuju Bandara Mali di Kota Kalabahi Alor. Begitu sampai, kami menuju ke sebuah restoran yang begitu menarik.

Sebuah tempat makan di tepi laut yang menjadi tujuan adalah rekomendasi dari rekan-rekan sejawat di Kalabahi yaitu Resto mama. Resto Mama di Kelurahan Teluk Mutiara, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Resto Mama adalah sebuah pondok bernuansa kayu, papan, dan bambu ini terlihat sederhana namun ditata bersih dan apik. Walaupun bangunannya relatif sederhana, namun lokasinya mantul menurut saya karena dilengkapi beranda yang menjorok ke laut. Dari bagian belakang dan samping kita dapat melihat hamparan lautan yang sangat indah.

Resto Mama dikatakan unik di Kalabahi karena tempat makan ini merupakan satu-satunya resto terapung yang ada. Hamparan laut dan pulau-pulau di seberang memberikan kesejukan bagi mata pengunjung. 

Masakan yang disajikan juga terbilang lezat. Salah satu menu yang recommended menurut saya adalah menu olahan ikan laut segar yaitu ikan kuah asam, ikan baka atau ikan goreng dengan sambalnya yang pedas.

Konon, ikan memang relatif mudah didapat di wilayah ini. Para nelayan juga melakukan perdagangan dengan orang-orang di Timor Leste, karena Kalabahi memang daerah terdepan yang berbatasan dengan negara tetangga-Timor Leste. Semoga dari cerita perjalanan singkat saya dapat memberikan wawasan bagi pejalan untuk menjelajah Kalabahi, yang masih relatif jarang didatangi oleh pejalan.

Ini Maskapai Pertama di Dunia yang Gelar Rapid Test Buat Penumpang

 Emirates jadi maskapai pertama di dunia yang menggelar Rapid Test buat para penumpang. Rapid test ini digelar pada penerbangan Dubai-Tunisia.

Maskapai Emirates melakukan prosedur Rapid Test kepada para calon penumpangnya. Prosedur ini dilakukan sebelum mereka terbang untuk mengetahui apakah calon penumpang terinfeksi virus Corona atau tidak.

Dikutip dari situs resminya, Emirates pun mengklaim jadi maskapai pertama di dunia yang melakukan prosedur tersebut. Hanya butuh waktu 10 menit saja, hasil Rapid Test para penumpang sudah keluar.


Emirates has become the first airline to conduct on-site rapid COVID-19 tests for passengers. The health and safety of our passengers and employees is of paramount importance, and will not be compromised. @DXB @DHA_Dubai #FlyEmiratesFlyBetter #COVID_19 #COVID19 pic.twitter.com/c443NU6bvA
— Emirates Airline (@emirates) April 15, 2020


Sebelum terbang, sampel darah traveler akan diambil kemudian dites dengan alat kit yang sudah tersedia. Apabila hasilnya negatif, traveler pun diizinkan untuk terbang. Apabila positif, maka traveler tidak diperbolehkan terbang.

COO Emirates, Adel Al Redha mengatakan mereka berencana untuk menggunakan prosedur Rapid Test ini pada rute penerbangan lainnya, terutama untuk negara-negara yang mensyaratkan traveler untuk memiliki sertifikat bebas COVID-19.

Sampai saat ini, baru Emirates yang sudah melakukan prosedur Rapid Test kepada para penumpangnya sebelum terbang. Maskapai lainnya baru terbatas mewajibkan calon penumpang mengenakan masker dan juga melakukan Physical Distancing selama proses check in hingga boarding ke pesawat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar