Jumat, 03 April 2020

Bukan untuk Wisata, Pantai Australia Jadi Klinik Tes Corona

Pemerintah Australia membuka klinik pop-up untuk tes virus Corona di Pantai Bondi, Sydney pada Rabu (1/3/2020). Tes seperti ini terus dilakukan kendati telah terjadi penurunan jumlah kasus baru di negara tersebut.
Diwartakan Reuters, Rabu (1/4/2020) pantai Bondi tak lagi dipadati turis-turis yang asyik berlibur melainkan tenaga medis yang mengenakan masker dan sarung tangan plastik yang siap menyambut warga untuk dites. Pemerintah New South Wales mengatakan bahwa di warga di sekitar pantai ini kemungkinan terinfeksi Corona dari turis backpacker yang tidak sadar bahwa ia telah terjangkit Corona dan menularkannya pada orang lain.

"Bondi adalah salah satu tempat terjadinya transmisi lokal (local transmission), dan kami sudah melihat adanya kasus Corona di antara para backpacker akhir-akhir ini," ujar Direktur Kesehatan New South Wales, Jeremy McAnulty.

Sebelumnya diberitakan pada Maret bahwa ribuan orang di Pantai Bondi tak mengindahkan aturan mengenai menjaga jarak sosial (social distancing) karena pantai ini merupakan salah satu yang terpopuler di dunia.

Pemerintah Australia mencatat, infeksi Corona di negara itu justru didominasi oleh anak muda berusia 20-29 tahun, baru setelahnya adalah orang tua berusia 60-an. Ahli menjelaskan, penularan itu bisa terjadi karena dua hal. Pertama karena orang melakukan perjalanan atau bersosialisasi dalam kelompok. Sementara yang kedua adalah infeksi dari penumpang kapal pesiar.

Pemerintah juga berencana untuk mendirikan 100 klinik pop-up lainnya di seluruh Australia agar dapat mengetes lebih banyak orang. Klinik itu akan ditempatkan di titik-titik paling rawan penyebaran Corona.

Saat ini pertumbuhan infeksi Corona baru telah perlahan menurun di Australia. Selama tiga hari terakhir, kasus infeksi ini hanya berkisar 10 persen sedangkan sebelumnya mencapai 25-30 persen. Melihat tren tersebut, kurva infeksi Corona di negara tersebut diprediksi akan menjadi rata, bukan lagi naik.

Berdasarkan laporan terkini, terdapat 4.828 kasus Corona di Australia. Dari jumlah tersebut, sebanyak 345 orang dinyatakan sembuh sementara 20 orang meninggal dunia.

Cegah Corona, Daerah Ini Punya Waktu Khusus Beli Alkohol

Beragam kebijakan dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona. Di Chon Buri, warganya dibatasi beli alkohol. Chon Buri merupakan Provinsi di sebelah barat Teluk Thailand, 80 km dari Bangkok. Provinsi ini punya Pattaya yang dikenal sebagai destinasi favorit dunia.

Adanya pandemi Corona membuat Thailand menutup jalur wisatawan asing. Selain itu, daerah wisata seperti Phuket pun memutuskan untuk lockdown selama sebulan.

Namun Chon Buri memilih kebijakan lain. Provinsi ini melarang pembelian alkohol di jam-jam tertentu. Warganya dilarang untuk membeli alkohol mulai dari pukul 18.00-06.00 waktu setempat. Secara hukum, pembelian alkohol hanya bisa dilakukan antara pukul 11.00, 14.00 dan 17.00-18.00 waktu setempat.

Pembatasan ini dipercaya dapat membantu mencegah pertemuan secara masal dan penyebaran virus Corona. Selain alkohol, Chon Buri melakukan pembatasan di area pantai. Pantai hanya dibuka waktu siang, tak boleh ada pengunjung mulai pukul 20.00-06.00 waktu setempat.

Jika berada di pantai, para pengunjung harus memberlakukan jaga jarak sepanjang satu sampai dua meter. Untuk atraksi wisata lainnya dipastikan tutup. Pemda Chon Buri tak menetapkan lamanya pemberlakukan kebijakan. Thailand sendiri sudah mengkonformasi 1.771 kasus Corona.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar