Selasa, 16 Maret 2021

Kena Bullying dan Doxing di Medsos, Harus Bagaimana?

  Media sosial bisa menjadi wadah berkomunikasi yang memiliki banyak manfaat. Tapi tidak jarang kita bersinggungan dengan netizen lain yang membuat pengalaman di media sosial menjadi tidak aman dan nyaman karena cyberbullying dan doxing.

Keduanya adalah hal yang berbeda, tapi bisa sama-sama mengancam kesehatan mental dan keselamatan diri sendiri. Menurut psikolog dari Personal Growth Nadya Puspita Ekawardhani, MPsi, perlakuan seperti ini bisa mengakibatkan korban jadi lebih menutup diri dan kepercayaan dirinya berkurang.


"Timbul rasa cemas, khawatir, dan takut berlebihan mengenai apa yang perlu ia lakukan dan bagaimana menghadapi penilaian orang lain," kata Nadya, saat dihubungi detikINET, Jumat (12/3/2021).


Jika seseorang menjadi korban bullying di media sosial, Nadya memberikan beberapa langkah yang bisa dilakukan agar hal ini tidak terlalu berpengaruh buruk terhadap kesehatan mental. Hal utama yang harus dilakukan tentu dengan membatasi penggunaan media sosial.


"Hindari semua sumber informasi bully misalnya baca sosmed dan mendengar komentar dari orang-orang yang tidak mengenal Anda dan tidak mengetahui masalahnya secara keseluruhan," jelas Nadya.


Langkah lain yang bisa dilakukan adalah dengan menenangkan diri agar bisa menyikapi masalah dengan bijak dan belajar memilah informasi yang diterima.


Sementara itu, bagi korban doxing tidak cukup hanya dengan meninggalkan media sosial untuk mencegah informasi pribadinya menyebar lebih luas.


Kaspersky membagikan beberapa langkah yang bisa dilakukan seseorang jika menjadi korban doxing yaitu melaporkannya ke platform media sosial dan penegak hukum, dokumentasi semua situs tempat data kalian diumbar, lindungi rekening perbankan dan tingkatkan keamanan akun.


"Ganti password, gunakan password manager, aktifkan multi-factor authentication jika memungkinkan, dan perkuat pengaturan privasi di semua akun yang digunakan," tulis Kaspersky, seperti dikutip detikINET, Jumat (12/3/2021).


Terakhir, Kaspersky dan Nadya menekankan pentingnya mencari dukungan dari orang terdekat karena bullying dan doxing di media sosial oleh para oknum netizen adalah sesuatu yang sangat menguras tenaga dan emosi.


"Bicarakan pada orang-orang terdekat yang mengenal Anda, serta yang Anda percaya dan percaya pada Anda supaya bisa mendapatkan support," pungkas Nadya.

https://trimay98.com/movies/letter-from-the-dead/


Dongkrak Pelanggan 4G Telkomsel, Ganti Kartu 4G Bisa Lewat e-Commerce


- Telkomsel mempunyai cara yang dinilai ampuh nan memudahkan untuk meningkatkan jumlah pelanggan 4G, salah satunya bisa upgrade kartu 4G melalui e-Commerce.

Sebelumnya penukaran kartu 4G dilakukan lewat GraPARI, maka kini pelanggan Telkomsel bisa menukar atau mengganti (upgrade) kartu SIM non 4G ke uSIM 4G melalui mitra e-commerce, seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan JD.ID..


Vice President Partner Channel Management Telkomsel Heriawan mengatakan, program Tukar Kartu ke 4G menjadi salah satu upaya nyata Telkomsel dalam mengakselerasikan masyarakat menikmati akses 4G Telkomsel, terutama di tengah pandemi seperti sekarang.


"Hal tersebut sejalan dengan komitmen Telkomsel sebagai leading digital telco company untuk membuka lebih banyak peluang pengembangan kualitas hidup bagi masyarakat melalui pemanfaatan teknologi digital tepat guna," ujar Heriawan dalam siaran persnya.


Pelanggan Telkomsel bebas memilih e-Commerce untuk upgrade kartu SIM non 4G-nya ke uSIM 4G melalui layanan akun toko virtual resmi Telkomsel di Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan JD.ID. Pelanggan pun dapat tetap menggunakan nomor lamanya saat melakukan upgrade ke uSIM 4G melalui e-commerce tersebut.

https://trimay98.com/movies/officetel-skillful-ones/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar