Jumat, 03 Januari 2020

Bertemu dengan Sang Legenda, Si Komodo Naga (2)

Perjalanan dilanjutkan ke Pulau Rinca, untuk bertemu dengan Komodo. Di pos kedatangan, ranger akan menemani kamu untuk berkeliling Pulau Rinca. Tersedia 3 pilihan mulai trek pendek, sedang dan jauh, tergantung kesiapan fisik dan waktu.

Meskipun trek pendek kamu tidak akan kecewa karena sepanjang perjalanan ranger akan menceritakan siklus dan kebiasaan Komodo. Kamu akan diajak singgah melihat sarang tempat biasa Komodo menyimpan telurnya. Bila memungkinkan, kamu bisa berfoto dengan jarak yang aman dengan Komodo. Ingat, Komodo adalah binatang liar yang ganas, selalu patuhi instruksi dari ranger ketika berfoto.

Kapal kembali bergerak mengejar moment sunset dan 'parkir' di dekat Pulau Kalong. Kebetulan sore itu udara cerah, jadi kami bisa menyaksikan semburat langit warna oranye kemerahan matahari yang tenggelam dengan latar depan siluet bukit dan pohon bakau. Dan sesuai namanya pertunjukkan berikutnya adalah pemandangan ribuan kelelawar yang terbang dari Pulau Kalong untuk mencari makan di pulau-pulau sekitarnya.

Pasukan Batman ini seperti tidak ada habisnya keluar dari sarangnya memenuhi cakrawala. Sampai akhirnya malam datang, pemandangan berubah ke episode berikutnya. Langit berubah menjadi canvas raksasa tempat Milky Way, taburan bintang menampakkan keindahannya. Hal yang nyaris mustahil kita dapati di kota-kota besar saat ini. Benar-benar penutup hari yang sempurna.

Hari berikutnya, ekplorasi Pulau Padar yang tidak pernah pudar pesonanya. Pulau yang eksotis, memiliki kontur seperti negeri Edoras, negerinya kaum Rohan di film Lord of The Ring. Pulau Padar memiliki pantai dengan tiga warna pasir, putih, hitam dan pink.

Untuk bisa naik ke spot yang instagrammable terdapat anak tangga sehingga memudahkan pengunjung. Bila kamu ingin naik ke puncaknya lagi, kamu dapat trekking menyusuri jalannya yang masih tanah dan berkerikil. Waktu terbaik untuk naik ke Padar adalah pagi hari atau menjelang sunset biar dapat pemandangan yang menakjubkan.

Nah sekarang, saatnya melihat keindahan bawah laut, terumbu karang beserta ikan-ikan yang beraneka warna. Kamu bisa mencoba snorkling di area Pink Beach, Taka Makassar, serta di Pulau Kanawa. Puas rasanya seharian melihat dan bermain-main dengan ikan-ikan, hanya saja sayang tidak bisa ketemu sama Manta Ray. Beruntung pada saat kapal berlabuh, kami mendapati penyu besar melintas di dekat perahu.

Kini saatnya untuk ekplorasi Labuan Bajo, kamu bisa mengunjungi Gua Batu Cermin. Kenapa disebut cermin, ternyata karena sinar matahari yang masuk melalui gua memantulkan cahaya ke dinding batu lainnya sehingga masyarakat setempat menyebutnya gua batu cermin.

Di sana disediakan helm pelindung kepala bila kamu ingin masuk ke dalamnya. Dan disarankan kamu masuk sampai ke ruang terdalamnya, sebab disana kamu akan melihat beragam koral dan fosil binatang laut. Konon pulau Flores ini dulunya ada di dasar lautan.

Berburu sunset di Labuan Bajo, kamu bisa naik ke Bukit Cinta, area yang berada di ketinggian kamu bisa menyaksikan hamparan laut, bukit-bukit yang indah. Jangan lewatkan untuk makan malam di Kampung Ujung, aneka sajian seafood berjejer sepanjang jalan di pinggir pelabuhan. Kamu bisa menikmati suasana santai, sambil melihat pemandangan pelabuhan, kerlap-kerlip lampu di kapal yang masih hilir mudik akan menemani makan malammu.

Labuan Bajo tidak terlalu besar kotanya, area yang ramai ada di Jl Soekarno Hatta, dimana banyak toko penjual jasa travel, restaurant, cafe. Kalau kamu belum ngantuk, kamu bisa mencoba kopi Bajawa yang sudah mendunia. Kesimpulannya, Indonesia memang indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar