Kamis, 23 Januari 2020

20 Tempat Wisata di Banyuwangi untuk Lebaran yang Instagrammable (3)

17. Agrowisata Kali Klatak

Ini adalah pelopor agrowisata pertama di Banyuwangi. Agrowisata Kali Klatak sebelumnya dimiliki oleh Belanda di bawah Mij Moorman & Co. sampai akhirnya beralih ke tangan pengusaha pribumi, R. Soehoed Prawiroatmodjo.

Berada di lereng gunung dengan ketinggian mencapai 450 meter di atas permukaan laut membuat tanah di sini cukup subur yang cocok untuk bertanam apapun. Hasil perkebunannya meliputi karet, kopi, cokelat, kelapa, buah-buahan dan beragam rempah.

18. Taman Gandrung Terakota

Taman Gandrung Terakota dibangun di lahan persawahan terasering di kaki Gunung Ijen, tepatnya kawasan Jiwa Jawa Ijen Resort, Kecamatan Licin, Banyuwangi.

Taman Gandrung Terakota ini menjadi sebuah 'Situs Rawat Ruwat' seni budaya, dalam satu kawasan bukit hijau dan hamparan sawah yang di dalamnya tersaji lengkap dalam satu wilayah.

Ada amfiteater terbuka, galeri seni rupa, pementasan dramatari, perhelatan musik, dan beragam tanaman endemik daerah setempat dipadukan dengan patung-patung Gandrung tersebut.

19. Taman Blambangan

Setiap malam minggu di Taman ini selalu digelar pentas seni yang menampilkan keragaman budaya Banyuwangi. Ruang yang dijadikan panggung adalah di sisi barat dari taman yang bersisian dengan Gelanggang Seni dan Budaya (Gesibu).

Tak hanya menyajikan kesenian daerah di Taman ini juga tersedia tempat bermain anak, wall climbing, lapangan basket dan lapangan skate board. Bagi anda yang merasa ingin wisata kuliner juga ada 'Stand Kuliner Blambangan' di bagian barat Taman.

20. Geopark Gunung Rante

Geopark Gunung Rante ini masih berada sekitar TWA Kawah Ijen. Gunung ini berhadapan langsung dengan Gunung Ijen. Jaraknya tak jauh, hanya sekitar 100 meter dari areal parkir Paltuding.

Di Gunung ini, pendaki bisa melihat pemandangan 180 derajat kota Banyuwangi. Tak hanya itu keindahan alam mulai laut, Gunung dan daratan rendah Banyuwangi terpampang luas. Jika pagi dan sore hari, dipuncak Gunung Rante pendaki bisa merasakan hidup diatas awan. Karena sebagian Gunung akan tertutup awan putih.

14. Kampung Lego

Wisata Kopi Lego terletak di Lingkungan Lerek, Kelurahan Gombengsari, Kecamatan Kalipuro. Desa ini terkenal dengan perkebunan kopi rakyatnya. Hampir setiap rumah di sana, menanam kopi di pekarangan rumah dan kebunnya.

Tidak hanya berhenti di situ, warga desa Gombengsari juga memperkenalkan potensi kopi yang dimilikinya melalui pariwisata. Mereka lalu membuat paket wisata edukasi kopi. Di sini, wisawatan akan dikenalkan berbagai proses kopi.

15. Pantai Rajegwesi

Pantai yang terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran ini merupakan tempat wisata alam sekaligus sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berada di sini, Anda bisa menyaksikan keindahan pantai dan bunker sisa kejayaan bangsa Jepang di masa penjajahan. Pantai Rajegwesi memiliki keunikan yang tak banyak dimiliki pantai-pantai lain.

Pasir pantai berwarna kecokelatan dan sangat lembut. Hal ini dikarenakan pasir pantai bercampur dengan endapan lumpur yang terbawa air sungai saat banjir. Selain keindahan alam dan nilai sejarahnya, Anda juga bisa melihat kehidupan masyarakat sekitarnya. Sebagian besar masyarakat sekitar tempat wisata di Banyuwangi ini berkerja sebagai nelayan. Anda bisa melihat perahu nelayan yang diparkir di bagian barat pantai, sedangkan bagian timur dibiarkan lapang untuk tempat penyu bertelur.

16. Air Terjun Kalibendo

Terletak sekitar 20 km dari pusat kota Banyuwangi, Air Terjun Kalibendo menawarkan pemandangan luar biasa indah dan menenangkan, air jernih dan sungai-sungai dengan air dingin yang mengalir di sekitar air terjun. Berada di dataran tinggi, membuat tempat wisata ini memiliki udara yang sejuk dan menyenangkan.

Jika berangkat dari Kampung Anyar, Glagah, Anda akan disuguhi pemandangan yang tak kalah indah. Anda akan diajak melewati perkebunan teh, kopi dan cengkeh yang berupa hamparan hijau menyejukan mata. Suasana pedesaan juga dapat Anda rasakan dalam perjalan menuju ke air terjun setinggi 10 meter ini.

1 komentar:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan referral 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*
    Kini Hadir Deposit via Pulsa Telkomsel / XL ( Online 24 Jam )

    BalasHapus