Rabu, 22 Januari 2020

Wisata All in One di Jakarta Fair, Pameran Terbesar di ASEAN

Hari lebaran di Jakarta memang begitu sepi, jauh dari keluarga dan belum bisa mudik. Hal itu membuat kami harus memutar otak untuk memberi kebahagiaan kepada kedua putri kami yang masih usia 2 dan 4 tahun. Harapannya meski sehari atau dua hari tetapi bisa membuat mereka tertawa bahagia dan tentunya harganya terjangkau di saku.

Kami mengecek berbagai tempat rekreasi, ternyata yang dikelolah oleh pemerintah hampir semuanya libur di hari lebaran. Sebut saja Taman Margasatwa Ragunan, Monumen Nasional, Taman Mini Indonesia Indah, berbagai Museum, dan masih banyak lagi lainnya. Dengan dana yang tidak banyak kami ingin ke Sea World Ancol atau Dufan Ancol, sayangnya tiket diskon kami tidak peroleh. Lumayan mahal untuk kami berempat dan tinggi anak kami sudah di atas 80 cm.

Selanjutnya kami berselancar lagi di internet, kami pun tertuju ke Pasar Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair Kemayoran 2019. Awalnya kami pesimis juga karena selain tidak tahu trayek angkot ke sana dan juga takut di sana tidak ada tempat main untuk anak. Kami pun menemukan media sosial Instagram Jakarta Fair jakartafairid. Ternyata di sana banyak disediakan berbagai tujuan wisata. Trayek yang kami tidak tahu, takut tersesat, membuat saya membuka aplikasi angkutan online. Harganya membengkak hingga 78 ribu rupiah.

Naik Bus Tj ke PRJ

Setelah cari-cari informasi lagi, meski tidak banyak, ternyata Transjakarta (Tj) ada trayek khusus ke sana. Kami berangkat selesai salat zuhur dan menuju halte bus Tj terdekat dengan kontrakan kami. Kami berangkat dari halte Gelanggang Remaja Jakarta Timur sekitar pukul 13.00 WIB, kami sempat pesimis karena petugas Tj bilang kalau busnya sedikit yang ke sana, lama menunggunya. Kami menuju halte Kampung Melayu dan menunggu di sana.

Petugas Tj di Kampung Melayu memberi pilihan mau menunggu dengan waktu yang cukup lama atau mau transit di Halte Pasar Baru Timur menumpang bus Tj jurusan Ancol. Katanya sih di sana banyak Tj yang lewat. Kami naik Tj dengan masing-masing menggandeng si kecil, saya sama si kakak dan ummunya sama dengan si adek. Kami pun memilih transit saja dan menumpang di bus jurusan Ancol.

Kami berpesan kepada petugas di bus agar memberi aba-aba jika bus sudah mau sampai ke halte yang dimaksud yakni tempat transit. Di jalan kami menghibur si kecil dengan bercerita tentang motor, mobil, bangunan besar, dan kebanggaan besar bisa naik mirip Tayo ini.

Tiba di Halte Pasar Baru, luar biasa ramainya. Kami mulai berpikir bagaimana caranya membawa anak kecil dengan penumpang seramai itu. Saya mengarahkan pandangan ke ponsel dan membuka aplikasi angkutan online, ternyata masih luar biasa mahal, mencapai 43 ribu rupiah. Istri pun memberi saran kalau kita menunggu saja sampai semuanya berangkat karena PRJ buka masih sampai pukul 23.00.

Di monitor halte terlihat 9 menit bus Tj jurusan JIEXPO Kemayoran akan tiba. Benar saja 9 menit kemudian bus datang tepat waktu. Ternyata penumpang di atas pun begitu ramai. Cuma beberapa yang bisa diangkut dari halte ini. Di monitor kembali terlihat 13 menit lagi bus jurusan yang sama datang. Kedua putri kami sudah kelihatan gerah dan tidak sabar ingin berangkat.

Bus kedua datang dan lumayan tidak seramai bus sebelumnya. Sebagian besar penumpang sudah bisa diangkut. Di monitor kembali terlihat 9 menit lagi bus jurusan yang sama akan datang. kami mulai berpikir kenapa tidak menunggu di halte Kampung Melayu saja yah tadi. Kurang sabar membuat kami justru terjebak di sini.

1 komentar:

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.dewapk.name menghadirkan 9 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.dewapk.name
    Kini Hadir Deposit via Pulsa Telkomsel / XL ( Online 24 Jam )

    BalasHapus