Jumat, 24 Januari 2020

Bukchon Hanok Village, Desa di Tengah Modernnya Seoul

Berbicara tentang Seoul, pasti yang diingat adalah kota yang modern. Ternyata, ada sudut pedesaan lho di sana.
Kota Seoul memang bisa dikatakan sebagai kota yang unik. Seoul terkenal sebagai smart city yang maju dengan segala modernitasnya. Namun, di sisi lainnya, berbagai jejak kebudayaan dan kehidupan masa lampau masih terjaga dan terawat dengan baik. Selain istana dan kuil, ada juga desa-desa yang masih dipertahankan keberadaannya dan bisa hidup berdampingan dengan kemajuan kota. Bukchon Hanok Village salah satunya.

Bukchon Hanok Village adalah salah satu dari beberapa desa permukiman warga yang masih mempertahankan bangunan-bangunan khas arsitek korea klasik. Uniknya, desa ini terbuka bagi para turis yang ingin melihat suasana permukiman dan bangunan-bangunannya, namun turis tak sembarang boleh masuk ke rumah-rumah tersebut. Hal ini karena permukiman ini benar-benar ditinggali penghuninya layaknya rumah pada umumnya. Jadi, privasi dan ketenangan harus sangat dijaga. Maka, saat masuk ke permukiman ini, sudah ada imbauan berupa tulisan agar turis menjaga ketenangan dan tidak berisik.

Namun, traveler jangan berkecil hati karena ada beberapa rumah di Bukchon Hanok Village yang memang dibuka untuk turis alias bisa dikunjungi dan dimasuki. Namun, traveler harus teliti melihat tanda informasinya karena permukiman ini sangat menjaga keasriannya sehingga tidak sembarang papan informasi yang boleh digantung atau ditempel.

Bangunan-bangunan rumah warga di Bukchon Hanok Village masih sangat terawat, bersih, dan mempertahankan estetika khas arsitek Korea. Mulai dari instalasi kayu-kayu, batu, ukiran di gerbang, pagar, dan pintu rumah, bentuk atap, warna yang diterapkan sangat menonjolkan keberagaman yang tetap harmonis. Warna cokelat, terakota, gading, dan putih mendominasi bangunan rumah-rumah di Bukchon Hanok Village.

Tak hanya bangunannnya, bahkan tanaman-tanaman yang tumbuh pun sangat diperhatikan. Bunga-bunga yang tumbuh tinggi dan pohon-pohon merupakan tanaman yang mendominasi si Bukchon Hanok Village. Pastikan traveler hanya berfoto bersama bunga dan tidak menyentuh atau bahkan memetik bunganya ya!

Traveler tidak perlu membayar saat akan memasuki Bukchon Hanok Village. Tak sedikit traveler yang juga memakai hanbok atau pakaian tradisional khas Korea saat berjalan-jalan dan menikmati waktu di Bukchon Hanok Village. Di sepanjang jalan menuju pintu masuk Bukchon Hanok Village memang terdapat gerai-gerai penyewaan hanbok dan aksesorisnya. Selain penyewaan pakaian, ada juga gerai-gerai makanan seperti es krim, manisan-manisan, dan berbagai panganan pasar khas Korea.

Saat di Bukchon Hanok Village, traveler akan merasa seperti berada di setting drama-drama korea maupun variety show Korea yang marak muncul di TV. Meskipun bebas berfoto sepuasnya, tetap pastikan untuk menjaga ketenangan, ketertiban, dan kebersihan saat d Bukchon Hanok Village ya.

Saat Turis Hampir Mati Tertimpa Gletser Es yang Runtuh

Turis yang liburan ke Taman Nasional Vatnajokull di Islandia nyaris saja tertimpa malapetaka. Itu setelah gletser es yang sedang mereka lihat tiba-tiba runtuh.

Islandia memang terkenal dengan panorama alamnya yang fantastis. Gunung-gunung es dan juga gletser-gletser yang tinggi menjulang jadi suguhan utama negeri ini.

Namun layaknya alam yang tidak bisa diprediksi, gletser es ini bisa juga membawa celaka. Mereka bisa tiba-tiba saja runtuh dan mencelakai wisatawan seperti yang terjadi di Taman Nasional Vatnajokull. Taman nasional ini berjarak 237 Km dari Reykjavik, ibu kota Islandia.

Dikumpulkan detikcom dari beberapa sumber, Selasa (28/5/2019), beberapa orang wisatawan pun nyaris celaka akibat runtuhnya gletser es ini. Beruntung mereka bisa selamat tanpa mengalami cedera apapun.

Detik-detik saat gletser es runtuh ini direkam oleh Stephan Mantler, guide sekaligus salah satu pemilik operator tur yang mengantarkan rombongan wisatawan ke Islandia. Stephen yang saat itu memimpin rombongan menyaksikan sendiri saat tebing es itu runtuh ke laut.

1 komentar:

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.dewapk.name menghadirkan 9 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.dewapk.name
    Kini Hadir Deposit via Pulsa Telkomsel / XL ( Online 24 Jam )

    BalasHapus