Sabtu, 25 Januari 2020

Sedih, Gurita Ini Pakai Gelas Plastik Untuk Tempat Berlindung

Krisis sampah bukan hanya terjadi di daratan tapi juga lautan. Di laut Lembeh, terlihat seekor gurita yang menjadikan gelas plastik sebagai tempat berlindung.

Masalah sampah bukan cuma menjadi persoalan bagi manusia dan daratan. Karena di dalam laut sana, makhluk hidup mulai yang terjebak dengan sampah.

Sebuah ekpedisi penyelaman dilakukan di Laut Lembeh, Sulawesi Utara, Indonesia. Salah satu penyelam yang mendokumentasikannya adalah Pall Sigurdsson, seperti yang dintip detikcom dari Youtube, Senin (27/5/2019).

Saat sedang melakukan penyelaman di 20 meter dasar laut, tim ekspedisi ini melihat seekor gurita kelapa. Gurita kelapa terkenal dengan insting yang kuat.

Biasanya gurita ini membuat tempat berlindung dari kelapa atau cangkang kerang. Namun apa yang ditemukan oleh para penyelam saat itu sungguh menyayat hati.

Gurita tersebut sedang berlindung di balik sampah gelas plastik. Si gurita tak bisa membedakan sampah dengan benda yang menjadi tempat berlindung.

Mengapa sampah gelas plastik berbahaya?

Karena gurita kelapa membutuhkan pelindung yang kuat untuk membantunya dari sergapan mangsa, seperti belut. Dengan berlindung di sampah gelas plastik, pemangsa juga pasti akan terbunuh. Rantai ini akan terus berulang dan berbahaya bagi kelangsungan hidup di laut.

Untuk itulah, para penyelam tersebut membantu si gurita untuk lepas dari 'rumah sampahnya'. Dari rekaman video, diketahui penyelam mencoba memberikan alternatif cangkang kerang.

Gurita kelapa juga diketahui sangat selektif dalam memilih cangkang. Para penyelam bahkan memberikan lebih dari 4 cangkang sebagai pilihan.

Sampai akhirnya, gurita tersebut terlihat cocok dengan cangkang pilihan terakhir penyelam. Bergerak perlahan, gurita tersebut pindah dan melepaskan rumah sampahnya.

Gurita tersebut bergerak menjauh karena takut. Para penyelam yang tahu dengan maksud gurita tersebut pun mencoba untuk diam di bawah perairan, tak bergerak.

Setelah dirasa aman, para penyelam menambahkan satu cangkang yang jadi alas gurita tersebut sebagai atap rumahnya. Gurita tersebut pun terlihat nyaman di dalam cangkang.

Kasus ini kembali menjadi teguran bagi kita untuk berhati-hati dengan sampah yang kita buang. Mungkin sampah gelas plastik terlihat biasa di daratan, tapi di lautan sangat berbahaya.

Yuk, teman-teman detikcom, biasakan diri untuk tidak membuang sampah sembarangan, apalagi ke lautan. Jaga bumi dan laut kita untuk generasi selanjutnya!

Tom Holland Lagi di Bali, Ini 5 Destinasi Wisata yang Bisa Didatangi

Pemeran karakter Spider-Man, Tom Holland kabarnya berada di Bali untuk promosi film. Mumpung sedang di Pulau Dewata, bisa juga dia sekalian liburan.

Tidak diragukan lagi, pariwisata Bali merupakan destinasti tersohor internasional. Wisatawan domestik bahkan mancanegara, tidak terkecuali public figure ternama menjadikan Pulau Dewata menjadi salah satu tujuan liburannya.

Banyak lho aneka tempat seru di Bali yang bisa dikunjungi. Sejuta atraksi tersebar, dari mulai wisata budaya, sejarah, kuliner apalagi alamnya. Bikin betah dan nggak pengen pulang!

Berikut selengkapnya, 5 rekomendasi wisata di Pulau Bali versi detikcom, Senin (27/5/2019):

1. GWK Cultural Park

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat ke Bali adalah Garuda Wisnu Kencana Cultural Park. Di sinilah, tempat ikonik yang patung raksasanya baru jadi akhir-akhir ini.

Terletak di Jl Raya Uluwatu, Ungasan, Kabupaten Badung, Bali. Di sinilah, traveler bisa melihat patung GWK yang megah dan ikonik. Ada ratusan patung dengan berbagai makna yang cantik di sini. Kalau dari bandara I Gusti Ngurah Rai, dapat ditempuh sekitar 30 menit. Biaya masuknya Rp 80 ribu untuk wisatawan domestik, dan Rp 125 ribu untuk wisatawan mancanegara.

2. Pantai Pandawa

Pantai legendaris yang satu ini jadi salah satu daya tarik pesisir Pulau Bali. Letaknya di Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Jika ditempuh dari Denpasar, jaraknya sekitar 27 Km dengan lama perjalanan dengan mobil 75 menit.

1 komentar:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan referral 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*
    Kini Hadir Deposit via Pulsa Telkomsel / XL ( Online 24 Jam )

    BalasHapus