Senin, 27 Januari 2020

Ngabuburit Asyik Sambil Main Air di Curug Muncar Purworejo

Ngabuburit asyik di Purworejo, traveler bisa mampir ke Curug Muncar. Kamu bisa menunggu waktu berbuka puasa sambil main air di air terjun ini.

Ngabuburit atau menghabiskan waktu sambil menunggu waktu berbuka puasa bisa dilakukan dimana saja. Salah satunya dengan mengunjungi Curug Muncar di Purworejo, Jawa Tengah. Indahnya panorama curug ini akan membius kita hingga tak terasa waktu berbuka puasa telah tiba.

Curug ini terletak di Desa Kaliwungu, Kecamatan Bruno, Purworejo. Jaraknya sekitar 45 km, dan bisa ditempuh selama sekitar 1 jam dari pusat kota ke arah barat laut.

Jalan menuju air terjun ini berkelok-kelok dengan pemandangan yang indah di kanan kiri jalan. Tebing-tebing menjulang dan hijaunya perbukitan akan memanjakan siapa saja yang hendak ke sana.

Salah satu obyek wisata andalan di Purworejo ini selalu ramai dikunjungi oleh warga, terutama ketika hari libur, maupun saat bulan Ramadhan. Pengunjung yang rata-rata kalangan kawula muda berbondong-bondong ke air terjun ini sambil ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa.

Setibanya di lokasi, pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan air terjun dan sejuknya suasana. Curug ini berada pada ketinggian sekitar 900 mdpl dengan ketinggian air terjunnya sekitar 40 m.

Setiap sudut di area ini bisa dijadikan spot foto selfie, dengan background air terjun serta bongkahan-bongkahan batu yang menghiasi dasar curug. Meski musim kemarau, debit air curug ini tak pernah surut. Dari lokasi air terjun pun kita bisa melihat pemandangan di bawah dengan sangat jelas.

Sejuknya cipratan air yang membasahi suasana sekitar membuat siapa saja betah berlama-lama di sini. Tak salah jika saat bulan Ramadhan tiba destinasi ini dijadikan tempat untuk ngabuburit.

"Bagus banget pemandangannya, buat foto pokoknya keren. Ini saya kesini sama teman-teman untuk ngabuburit, sekalian bawa bekal nanti buat buka puasa di jalan pas pulang atau malah di sini kalau sudah masuk waktu buka, kami rombongan," kata seorang pengunjung, Marni Utami (35) saat ditemui detikcom di lokasi, Minggu (12/5/2019) sore.

Sementara itu, pengunjung lain, Hasanudin (27) juga mengutarakan hal yang tak jauh beda. Dia yang sudah beberapa kali ke Curug Muncar mengatakan bahwa setiap bulan Ramadhan tiba, tempat tersebut selalu ramai dikunjungi oleh warga untuk ngabuburit.

"Ramainya kalau pas hari libur atau pas puasa gini karena banyak yang ngabuburit di sini. Saya sudah beberapa kali ke sini nggak bosen-bosen. Buat foto-foto bagus banget, sangat direkomendasikan buat kawula muda atau siapapun sambil nunggu buka puasa di sini," ucapnya.

Ingin ngabuburit asyik dan beda sambil berpetualang? Silahkan kunjungi Curug Muncar ini. Karena tempatnya yang agak jauh dari pusat kota, sebaiknya kita datang lebih awal agar bisa menikmati suasana indah yang ada lebih lama.

Indonesia, Negara Paling Positif di Asia dan Nomor 6 di Dunia

 Indonesia menjadi satu-satunya negara di Asia yang berpikir paling positif. Dalam survei terbaru itu, bahkan Indonesia ada di nomor 6 dunia.

Inilah survei global terkait emosi penduduk suatu negara yang meliputi paling bahagia, bersedih, sabar, hingga pemarah. Melansir data dari Gallup, Jumat (16/5/2019), pada 2018, perusahaan analitik yang berbasis di AS ini bertanya kepada 151.000 orang di 143 negara dengan serangkaian pertanyaan mengenai perasaan mereka sehari sebelumnya.

Ada lima pertanyaan Gallup adalah tentang pengalaman positif. Lebih dari tujuh dari 10 orang di seluruh dunia merasa banyak hal yang menyenangkan (71%), merasa cukup istirahat (72%), banyak tersenyum atau tertawa (74%) dan merasa diperlakukan dengan hormat (87%).

Paraguay, negara kecil di Amerika Selatan meraih peringkat tertinggi di dunia untuk 'Pengalaman Positif', dan telah memegang posisi ini sejak 2015. Negara di Asia, Indonesia menjadi satu-satunya yang masuk.

Dalam KBBI Daring oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, kata positif yang relevan dengan survei ini berarti 'pasti', 'tegas', 'yakin' hingga 'bersifat nyata dan membangun'. Apakah traveler merasa demikian?

Berikut data lengkap negara beserta nilainya:

1. Paraguay 85 (indeks pengalaman positif)
2. Panama 85
3. Guatemala 84
4. Meksiko 84
5. El Savador 83
6. Indonesia 83
7. Honduras 83
8. Ekuador 82
9. Kosta Rika 81
10. Kolombia 81.

Yang terendah:

1. Mesir 56
2. Chad 56
3. Bangladesh 56
4. Cyprus Utara 54
5. Nepal 53
6. Lithuania 51
7. Turki 50
8. Yaman 50
9. Belarus 48
10. Afghanistan 43.

1 komentar:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan referral 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*
    Kini Hadir Deposit via Pulsa Telkomsel / XL ( Online 24 Jam )

    BalasHapus