Jumat, 24 Januari 2020

Saat Turis Hampir Mati Tertimpa Gletser Es yang Runtuh

Turis yang liburan ke Taman Nasional Vatnajokull di Islandia nyaris saja tertimpa malapetaka. Itu setelah gletser es yang sedang mereka lihat tiba-tiba runtuh.

Islandia memang terkenal dengan panorama alamnya yang fantastis. Gunung-gunung es dan juga gletser-gletser yang tinggi menjulang jadi suguhan utama negeri ini.

Namun layaknya alam yang tidak bisa diprediksi, gletser es ini bisa juga membawa celaka. Mereka bisa tiba-tiba saja runtuh dan mencelakai wisatawan seperti yang terjadi di Taman Nasional Vatnajokull. Taman nasional ini berjarak 237 Km dari Reykjavik, ibu kota Islandia.

Dikumpulkan detikcom dari beberapa sumber, Selasa (28/5/2019), beberapa orang wisatawan pun nyaris celaka akibat runtuhnya gletser es ini. Beruntung mereka bisa selamat tanpa mengalami cedera apapun.

Detik-detik saat gletser es runtuh ini direkam oleh Stephan Mantler, guide sekaligus salah satu pemilik operator tur yang mengantarkan rombongan wisatawan ke Islandia. Stephen yang saat itu memimpin rombongan menyaksikan sendiri saat tebing es itu runtuh ke laut.

Dalam video yang beredar di media sosial, tiba-tiba bongkahan es raksasa itu pun jatuh ke dalam lautan dan memicu gelombang besar. Rombongan tur yang dipimpin Stephen saat itu berdiri di pinggir laut pun langsung panik.

Seketika mereka langsung berlari menyelamatkan diri. Bak tsunami kecil, gelombang itu ternyata sampai ke daratan. Ombak besar itu menyapu pinggiran pantai. Beruntung rombongan Stephen berhasil menepi ke tempat yang lebih aman.

Menurut Stephen, fenomena runtuhnya gletser es ini disebut sebagai 'Calving'. Calving terjadi ketika bongkahan besar es pecah dari gletser dan jatuh ke laut. Penyebabnya bisa jadi karena suhu udara bertambah panas dan es jadi mencair.

Selama berwisata di Islandia, turis pun sudah diberitahu soal fenomena 'Calving' ini. Jadi tetap berhati-hati ya traveler, jaga jarak dan tetap di zona yang aman saat sedang asyik mengamati gletser. 

Kisah Heroik Pramugari yang Selamatkan Bayi Tersedak

Seorang pramugari dipuji-puji karena aksi heroiknya dalam penerbangan. Pramugari ini berhasil selamatkan bayi tersedak yang hampir membiru.

Menjadi pramugari adalah pekerjaan yang penuh tantangan. Salah satunya adalah sigap dalam memberikan pertolongan di dalam pesawat.

Diintip detikcom dari berbagai media sosial, Selasa (28/5/2019) ada kisah menarik datang dari pramugari Aer Lingus. Pesawat ini terbang dari Dublin menuju Izmir, Turki.

Dari banyaknya penumpang, ada seorang ibu yang membawa bayi, Lisa Murray. Murray dan bayinya, Miley Rose Spillane menikmati penerbangan dengan baik.

Setelah 2 jam mengudara, Murray memberikan bayinya cemilan berupa pringle atau keripik kentang. Tak berapa lama, bayi Miley tersedak keripik kentang.

Keripik kentang tersebut tersangkut di tenggorokan Miley dan membuatnya sulit bernapas. Murray panik dan dan berteriak.

Begitu tahu bayi Miley tersedak, seluruh penumpang malah ikutan panik. Murray pun bergegas meminta pertolongan awak kabin.

Seorang pramugari datang dan dengan sigap mengambil bayi Miley dan menggendongnya. Bayi yang mulai membiru tersebut diberi pertolongan hingga bisa bernapas kembali.

Pramugari tersebut bernama Chloe Stapleton Moore. Selain berhasil menyelamatkan bayi, Moore juga menenangkan seisi pesawat yang panik karena insiden tersebut.

Kepiawaiannya dituangkan oleh Murray dalam sosial media Facebook miliknya. Dalam caption, Murray menceritakan kisah heroik Moore dengan foto dan berterima kasih atas pertolongannya.

Kolom komentar pun bajir dengan pujian. Murray bahkan berencana untuk mentraktir Moore selepas liburannya di Turki.

1 komentar:

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.dewapk.name menghadirkan 9 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.dewapk.name
    Kini Hadir Deposit via Pulsa Telkomsel / XL ( Online 24 Jam )

    BalasHapus