Rabu, 29 Januari 2020

Kejadian Turis Terseret Ombak di Devil's Tear Bali Bukan Pertama Kali

Hilangnya turis India di Devil's Tear Bali Selasa bukan insiden baru. Sebelumnya sudah banyak kejadian turis terseret ombak.

Hari ini objek wisata populer Devil's Tear di Dream Beach, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali menelan korban, Selasa (7/5/2019). Seorang turis asal India bernama Agrawal Ksitiz (24) yang tengah asyik berfoto selfie dengan rekannya Agrawal Ksitiz (24) hilang akibat terbawa ombak.

Seperti diketahui, fenomena deburan ombak yang tingginya bisa mencapai lebih dari pohon kelapa memang menjadi atraksi wisata di kalangan turis yang berkunjung ke Devil's Tears.

Menurut penuturan warga Jungut Batu, Ketut Sudiarsa (31) melihat korban bersama rekannya, Agrawal Ksitiz (24) asyik foto di tebing. Tiba-tiba datang ombak besar yang menghempas mereka.

"Sesampainya di lokasi keduanya langsung selfie di atas tebing dan tiba-tiba ombak besar menghempas mereka. Agrawal Kshitiz berhasil selamat hanya mengalami luka ringan sedangkan Kausal Aditia terseret ke laut. Saksi menuturkan korban sempat muncul ke permukaan air kemudian tenggelam dan menghilang," terangnya.

Untuk diketahui, kedahsyatan ombak di Devil's Tear bukan sekali ini menyeret turis. Pada awal bulan Maret tahun 2018 lalu, sepasang turis asal China yang diketahui bernama Wu Shanshem (31) dan Yang Lin (32).

Akibat ingin berfoto selfie, keduanya malah jatuh dari tebing setinggi lima meter. Beruntung, keduanya tak sampai hilang dan hanya menderita lecet di bagian kaki saja.

Sayang, nasib berbeda dialami oleh turis China lainnya yang bernama Liang Wanchang (46). Akibat terhempas ombak saat berfoto selfie di pinggir tebing, ia jatuh dari tebing setinggi 50 meter.

Niat awal mau liburan bareng keluarga, Liang harus mengalami nasib tragis dan tewas akibat jatuh dari tebing.

Di awal bulan Maret tahun ini, ombak Devil's Tear juga sempat menyeret sepasang turis berbikini yang tengah asyik berfoto di pinggir tebing dengan kamera ponselnya.

Diberitakan media Inggris Daily Mail, sepasang wanita itu asyik berfoto hingga tidak menyadari datangnya ombak kedua yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Beruntung, keduanya hanya terjatuh ke karang akibat hempasan ombak dan tak sampai terseret ke laut. Adapun, kejadian itu hanya bisa disaksikan oleh saksi mata di lokasi saat itu. Mengingat kondisi ombak yang begitu dahsyat dan sulit diprediksi.

Mengenal Devil's Tear Bali, Lokasi Turis India 'Ditelan' Ombak

Objek wisata Devil's Tear di Dream Beach, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, menelan korban. Di kalangan turis, objek wisata ini memang begitu populer.

Sore tadi seorang turis asal India, Kausal Aditia (23) hilang terseret ombak di objek wisata Dream Beach, Nusa Lembongan, Klungkung, Bali. Sebelum hanyut, Kausal diketahui tengah asyik selfie bersama rekannya.

Bagi turis yang liburan ke Nusa Penida, nama Devil's Tear yang berada di area Dream Beach memang wajib untuk didatangi. Dihimpun detikcom, Selasa (7/5/2019), objek wisata Devil's Tear atau yang memiliki arti air mata iblis ini dikenal akan hempasan ombaknya yang dahsyat.

Secara teknis, Devil's Tear merujuk pada tebing yang terdiri dari sekumpulan karang tajam. Di mana dari atas tebing dapat dilihat cerukan besar di bawah tebing yang terbentuk karena hempasan ombak yang besar.

Berlokasi menghadap Samudera Hindia, hempasan ombak seringkali menabrak batuan karang yang ada di tebing dan menghasilkan hempasan air yang begitu tinggi. Bahkan sesekali ombaknya lebih tinggi dari pohon kelapa.

Fenomena alam itu pun menjadi daya tarik bagi turis yang datang ke Nusa Penida. Pagi hari pun jadi waktu terbaik, saat angin bertiup ke daratan untuk menyaksikan dahsyatnya hempasan ombak di Devil's Tear ini.

Umumnya, tak sedikit turis yang datang untuk berfoto di Devil's Tear dengan latar deburan ombak yang begitu tinggi. Namun, tentu saja tidak tanpa resiko.

Untuk kasus Kausal Aditia dan temannya, ia diketahui terseret ombak yang tercipta di tebing itu saat sedang selfie. Sementara rekannya selamat dan menderita luka ringan, keberadaan Kausal masih belum diketahui hingga saat ini.

Datang ke Devil's Tear, sejatinya wisatawan harus mawas diri dan tidak melewati batas aman demi keselamatan diri. Soalnya, hempasan ombak di Devil's Tear begitu kuat dan mampu menarik orang ke laut. Harus hati-hati! 

1 komentar:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan referral 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*
    Kini Hadir Deposit via Pulsa Telkomsel / XL ( Online 24 Jam )

    BalasHapus