Rabu, 22 Januari 2020

Wisata All in One di Jakarta Fair, Pameran Terbesar di ASEAN (3)

Terdapat musala

Ada dua musalla yang memuat cukup banyak pengunjung. Masih banyak lagi yang lainnya. Ini adalah pasar terlengkap yang saya lihat. Kebutuhan berbelanja berbagai produk ternama dan termutakhir juga ada. Pakaian, berbagai produk ada ditemukan di satu tempat. Iya, di tempat ini.

Stan SP2020

Salah satu stan yang saya kunjungi adalah Stan Badan Pusat Statistik (BPS) yang sedang giat-giatnya mensosialisasikan Sensus Penduduk tahun 2020 (SP2020). Tampilan dominan warna biru sebagai warna utama SP2020 cukup menarik perhatian para pengunjung untuk mengulik banyak tentang BPS, utmanya tentang SP2020.

Stan ini terletak di Hall B3 no. 45B. Tidak hanya menyediakan informasi yang sangat penting tentang data statistik dan SP2020, di sini juga diadakan kuis yang hadiahnya menarik untuk setiap pengunjung.

Kami pulang setelah mereka tampak kecapekan tetapi sangat senang. Kami dimudahkan dengan langsung dapat bus arah PGC dan berhenti di halte Kebon Nanas Selatan yang dilalui oleh bus, dekat tempat tinggal kami. Sepanjang jalan kedua putri kami tertidur pulas di pangkuan kami. Kami mendapat tempat duduk prioritas karena membawa anak kecil.

Tiket Masuk

Tiket masuk sangat mudah diperoleh di depan pintu masuk. Harganya mencapai 40 ribu rupiah per orang, gratis untuk lansia dan anak kecil tinggi di bawah 100 cm. Harga bisa hemat sampai 50% jika menggunakan aplikasi uang digital Dana. Harga itu juga hanya berlaku di hari libur nasional karena selain hari libur nasional harganya mulai dari 25 ribu rupiah belum termasuk diskon.

Antre beli tiket tidak ribet karena cukup satu orang saja bisa mewakili orang banyak. Ada sekitar 8 loket tiket di tempat. Petugas pun berada di mana-mana bersiap mengarahkan calon pembeli tiket.

Apa saja yang ada di PRJ

Menurut petugas di sana, lahan luasnya sekitar 125.000 meter persegi dengan lebih dari 2.500 stan yang disiapkan untuk pengunjung. Luar biasa ramai. Intinya harus siapkan mental untuk tahan godaan agar tidak pulang dalam keadaaan dompet kosong. Mulai dari pintu masuk saja sudah diuber berbagai tawaran menggiurkan diskon dan pelayan yang menggoda.

Tidak salah kayaknya kalau event tahunan ini diklaim sebagai pameran terbesar di Asia Tenggara. Pengunjung yang datang semakin malam semakin ramai. Yang membuat kami susah melepas anak dari pegangan dan gendongan.

Wisata kuliner

Wisata kuliner inilah yang paling banyak terlihat. Mulai dari makanan tradisonal hingga makanan dan minuman modern. Kerak telor mudah didapatkan. Soto Betawi di mana-mana, serta makanan khas Jakarta lainnya. Bukan hanya makanan khas Jakarta, banyak juga makanan khas dari Yogya dan Padang yang ditawarkan serta daerah lainnya.

Diskon besar-besaran untuk berbagai panganan bisa diperoleh di berbagai stan yang tersedia.

Wahana bermain

Kami juga mendapatkan begitu banyak wahana bermain anak. Dan ini yang menjadi tujuan utama kami ke sini. Lokasinya dekat Hall C dan D. Ada bianglala kecil, perahu kora-kora, perahu dayung, dan masih banyak yang lain, yakni arena lampu dan wahana Salju. Katanya ini adalah yang baru ada di Jakarta Fair tahun ini. Arena lampu menjadi wahana favorit untuk berfoto di malam hari. Lampu-lampu ini mengelilingi kolam yang dipakai untuk wahana naik perahu bebek.

Pameran multiproduk

Pameran multiproduk dari berbagai sektor industri seperti otomotif, teknologi, elektronik, olahraga, fashion and garment, peralatan rumah tangga, furniture, kuliner, industri kreatif, kerajinan tangan, herbal and medicine, perbankan, produk jasa, kosmetik, dan masih banyak lagi. Pameran ini ada yang didukung langsung Kementerian dan atau instansi terkait serta dari berbagai pemerintah daerhaa ikut mempromosikan produknya.

Di dekat wahana ini terdapat wahana slju yang juga begitu diminati meski tiket buat masuk lumayan mahal, mencapai 100 ribu rupiah.

Mobil wara-wiri

Mobil wara-wiri bisa menjadi alternatif untuk berkeliling area PRJ untuk sekedar melihat-lihat keseruan suasana pasar dari atas mobil. Apalagi, kalau sudah capek berjalan kaki keliling. Tiketnya 10 ribu rupiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar