Selasa, 11 Februari 2020

Adu Harga Tiket MRT di Asia Tenggara, Jakarta Paling Murah

Tarif MRT Jakarta Rp 10 ribu/10 km memicu perdebatan di kalangan masyarakat. Agar fair, cek dulu tarif MRT serupa di Asia Tenggara, siapa yang paling murah?

Diresmikannya MRT Jakarta oleh Presiden Jokowi pada hari Minggu pekan lalu (24/3) menandai dimulainya moda transportasi baru perkotaan yang cepat tanpa kenal macet. Wisata MRT Jakarta juga menjadi potensi pariwisata yang baru.

Hanya saja, kehadiran MRT juga dibarengi dengan harga tiket yang mungkin untuk kebanyakan orang sedikit mahal. Untuk rute Lebak Bulus sampai Bundaran HI misalnya, tarif yang dipatok adalah Rp 10.000/10 km (proyeksi rata-rata perjalanan). Hitungan kasarnya, tarif MRT Jakarta untuk per km ialah sebesar Rp 1.000.

Dalam prakteknya, tarif antar stasiun pun berbeda. Harga tiket MRT Jakarta minimum ditetapkan sebesar Rp 3.000 sedangkan tarif maksimal adalah Rp 14.000. Itu di Indonesia.

Agar lebih fair dalam menilai besaran tarif MRT, ada baiknya kita melihat tarif MRt serupa di Asia Tenggara. Ada MRT Singapore, Bangkok Metro, MRT Kuala Lumpur, Manila Metro. Dihimpun detikcom, Kamis (28/3/2019), berikut perbandingan tarif MRT:

1. Singapura

Dilihat dari laman mrt.sg, tiket standar MRT Singapore dari Stasiun Dhoby Ghaut menuju Stasiun Orchard dipatok 1,5 dolar Singapura. Sementara, jarak Stasiun Dhoby Ghaut dan Orchard relatif dekat, kira-kira sekitar 1,4 km.

Dengan demikian, tarif MRT di Singapura sekitar per km 1,07 dolar Singapura atau setara Rp 11.181 (asumsi kurs Rp 10.450) dengan perhitungan biaya dibagi jarak.

2. Malaysia

Dilihat dari laman MRT Kuala Lumpur myrapid.com.my, Stasiun Kajang menuju Stadium Kajang dibandrol untuk uang tunai RM 1,3 dan non tunai RM 1,2.

Jarak antara Stasiun Kajang dan Kajang Stadium sendiri tak terlalu jauh, sekitar 1,5 km. Dengan perhitungan yang sama yakni biaya dibagi jarak, maka per km sebesar RM 0,8 atau setara Rp 2.760 (asumsi kurs Rp 3.450).

3. Manila

Dilihat dari laman mrt3.com, tarif Manila Metro dari Stasiun North Avenue menuju Stasiun Quezon Avenue dihargai sekitar 13 Filipina Peso atau setara Rp 3.510 (dibulatkan ke atas).

Untuk jarak, Stasiun North Avenua ke Stasiun Quezon Avenue adalah 2,9 km. Apabila biaya dibagi jarak, maka per km adalah 4,4 Filipina Peso atau setara Rp 1.200.

4. Bangkok

Dilihat dari laman Bangkok Metro bangkokmetro.co.th, tarif dari Stasiun Hua Lamphong menuju Stasiun Sam Yan adalah 15 Baht atau setara dengan Rp 6.705.

Untuk jarak, Stasiun Hua Lamphong menuju Stasiun Sam Yan adalah 2,1 km. Jika biaya dibagi jarak, maka tarif per 1 km adalah 7,5 Baht atau setara dengan Rp 3.350.

Melihat data di atas, maka tarif MRT termahal di Asia Tenggara dipegang oleh Singapura dengan besaran Rp 11.181 per km. Sedangkan tarif MRT termurah adalah di Jakarta dengan besaran Rp 1.000 per km. Bersyukurlah wahai kalian warga Jakarta..

Ini Tempat Terbaik Menikmati Dubai Saat Musim Semi

Siapa yang tak tahu Burj Khalifa di Dubai? Rupanya, Dubai bukan cuma punya gedung tertinggi dunia, tapi juga taman-taman indah untuk menikmati musim semi.

Dari rilis Dubai Tourism yang diterima detikcom, Kamis (28/3/2019), musim semi menjadi waktu terbaik untuk menikmati Dubai. Untuk menyambut wisatawan di libur musim semi ini, Dubai telah menyiapkan berbagai taman hiburan yang menarik, aktivitas ramah anak-anak, serta pilihan berbelanja dan kuliner.

Traveler yang ingin menikmati taman hiburan dan waterpark bisa memilih Dubai Parks and Resorts. Taman hiburan ini menampilkan lebih dari 100 wahana dan atraksi indoor maupun outdoor di Motiongate Dubai, Bollywood Parks Dubai, Legoland Dubai dan Legoland Water Park, destinasi menyenangkan ini akan membuat para pengunjung terpesona.

Sedangkan, Riverland Dubai yang terletak tepat di pusat, menyediakan pilihan hiburan dan kuliner bagi seluruh anggota keluarga. Wisata ini cocok untuk segala usia.

Ada lagi, inilah Dubai Garden Glow yang merupakan taman hiburan bercahaya yang pertama. Dubai Garden Glow menampilkan bunga, akuarium, dan lebih dari 100 dinosaurus animatronik seukuran manusia yang berkilauan.

Sedangkan Dubai Miracle Garden, menyambut para pengunjung masuk ke dalam dunia penuh bunga yang indah. Kebun bunga dengan luas 72.000 meter persegi menampilkan struktur luar biasa, dengan 50 juta bunga bermekaran yang ditampilkan dalam berbagai pameran. Selain itu ada pula Dubai Butterfly Garden, yang memiliki lebih dari 35.000 spesies kupu-kupu tersebar di 10 area.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar