Jumat, 14 Februari 2020

Tari Gandrung Banyuwangi Sukses Bikin Heboh MATTA Fair 2019

Tarian Gandrung Banyuwangi sukses membuat heboh pagelaran MATTA FAIR 2019. Pameran wisata terbesar di Malaysia itu dihadiri ribuan orang pengunjung.

Tak hanya destinasi wisata yang dipamerkan dalam MATTA Fair 2019 di Kuala Lumpur. Kementerian Pariwisata juga memboyong tari-tarian khas Banyuwangi ke ajang yang dihadiri oleh ribuan yang digelar selama 3 hari itu. Banyuwangi sukses menggetarkan melalui Tari Gandrung.

Gandrung Banyuwangi tampil di Hall 1M Putra World Trade Center, Kuala Lumpur. Sangat berdekatan dengan booth papan atas Asia seperti Taiwan, Korea, Jepang, Thailand serta Tiongkok.

Hasilnya? Gandrung Banyuwangi langsung banjir pujian. Datuk Musa Yusof, Director General of Tourism Malaysia dan Datuk Tan Kok Liang, President of MATTA memberi emoji tiga jempol untuk tarian khas daerah berjuluk Sunrise of Java itu.

"Show yang sangat berkelas. Salut untuk Banyuwangi," ucap Datuk Musa Yusof dalam rilis yang diterima detikcom, Minggu (17/3/2019).

"Bagus. Sangat bagus. Saya kira traveller Malaysia harus datang ke Banyuwangi untuk melihat dari dekat Tari Gandrung," timpal Datuk Tan Kok Liang . 

Di MATTA Fair 2019, penampilan Gandrung Banyuwangi memang sangat berkelas. Suguhannya tak kalah dengan penampilan sebelumnya di Remarkable Indonesia Fair yang dihadiri oleh 2.000 pengusaha dan masyarakat Chicago, Kentucky, Illinois, dan Minnesota, Amerika Serikat (AS). Sekitar 15 menit semua audience dari berbagai negara dibuat senyap. Sebagian ada yang sibuk foto. Sebagian lagi terlihat megabadikannya ke dalam format video.

"Penampilan Tari Gandrung di Malaysia adalah kehormatan dan kebanggaan bagi Banyuwangi. Merupakan apresiasi yang tinggi dari pemerintah pusat dan dunia terhadap seni-budaya Banyuwangi. Lewat branding Banyuwangi di Luar Negeri seperti ini, kami berharap bisa mendatangkan turis Malaysia ke Banyuwangi," ujar Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

Menpar Arief Yahya pun ikutan sumringah. Dia mengaku kembali teringat dengan momentum di ITB Berlin, awal Maret 2019. Saat itu, bus-bus di Berlin salah satunya juga ikut dibungkus dengan penampilan Gandrung Banyuwangi.

"Ini saya sebut menjemput momentum. Timing pas, saat pelaku industri pariwisata, buyers, investor sedang berkumpul di Malaysia. Lewat branding Wonderful Indonesia, kita promosikan beragam pesona Indonesia untuk menggaet turis Malaysia dan Asia ke Indonesia," kata Menpar Arief Yahya.

Mengenal Air Terjun Tiu Kelep, Tempat 40 Turis Terjebak Usai Gempa

Pasca gempa 5,8 SR ada 40 wisatawan terjebak di Air Terjun Tiu Kelep di Lombok, NTB. Ini memang merupakan tempat wisata di Lombok yang populer.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Nusa Tenggara Barat mengevakuasi lima wisatawan dari sekitar 40 orang wisatawan di Air Terjun Tiu Kelep, Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Mereka kena longsor pasca gempa Lombok 5,8 SR yang mengguncang daerah itu.

Air terjun ini merupakan destinasi yang populer di kaki Gunung Rinjani. Di kaki gunung ini memang ada dua air terjun populer yaitu Air Terjun Sendang Gile dan Air Terjun Tiu Kelep.

Air Terjun Tiu Kelep berada di dekat Air Terjun Sendang Gile. Jadi, wisatawan lebih dulu menuju Air Terjun Sendang Gile lalu melanjutkannya ke Air Terjun Tiu Kelep dengan satu kali tiket masuk.

Wisatawan harus trekking sekitar 30 menit dari pintu masuk untuk sampai di Air Terjun Tiu Kelep. Medan yang dilalui pun tak mudah, jalanannya masih tanah dan bebatuan serta menanjak. Wisatawan harus berhati-hati ketika melewati bebatuan untuk melewati sungai, karena cukup licin.

Setibanya di Air Terjun Tiu Kelep, rasa lelah seolah hilang. Air terjunnya terlihat sangat cantik dan deburan airnya cukup deras, sampai-sampai Anda bakal kebasahan terkena buih-buih airnya walau masih berjarak 6 meter dari air terjunnya.

Air terjun ini sudah dikenal baik oleh wisman. Banyak turis asing yang senang mandi-mandi dan main air di sini. Tapi Air Terjun Tiu Kelep lebih sepi dari Air Terjun Sendang Gile.

Air Terjun Tiu Kelep masih lebih alami, jarang warung makan atau tempat mandi untuk bilas. Tak heran, bule-bule senang datang ke sini untuk basah-basahan. Bahkan, di bawah air terjunnya terlihat pelangi saat matahari sedang terik-teriknya.

1 komentar:

  1. Promo www.Fanspoker.com :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.3% Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup
    Kini Hadir Deposit via Pulsa Telkomsel / XL ( Online 24 Jam )
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus