Minggu, 09 Februari 2020

Bisakah Jendela Pesawat Dibuat Lebih Besar?

Ukuran jendela pesawat berbentuk bulat dan lonjong. Mungkin ada yang bertanya-tanya, bisa tidak jendela pesawat lebih lebar atau lebih besar ukurannya?

Dilansir dari USA Today dengan rubrik 'Ask the Captain', dilihat detikcom, Selasa (2/4/2019) John Cox seorang mantan kapten pilot US Airways dan konsultan keselamatan penerbangannya Safety Operating Systems menjawab berbagai pertanyaan dari netizen. Pertanyaan yang mungkin sering terlintas di benak, seperti soal ukuran jendela pesawat.

Ukuran jendela pesawat memang bervariasi, tergantung pada jenis pesawatnya. Untuk di pesawat Boeing 707, ukurannya sekitar 9 inch x 12.5 inch (22,86 cm x 31,75 cm). Bisakah ukuran jendela pesawat lebih besar, jawabannya bisa tetapi mahal harga pembuatannya.

"Struktur di jendela pesawat adalah yang paling berat. Pesawat kargo tidak memiliki jendela, untuk mengurangi berat dan biaya perawatan," jawab John Cox.

John Cox juga menyebut, butuh biaya lebih banyak agar membuat jendela pesawat yang lebih besar plus perawatan yang juga lebih mahal. Tak menutup kemungkinan, mungkin ada pabrik yang mau membuatnya.

Di awal tahun 2018 kemarin, Boeing Business Jet berencana untuk memasang jendela pesawat yang berukuran super besar. Jendela ini diberi nama Skyview Panoramic Window.

Dimensinya berukuran 1,3 x 0,45 meter. Jendela 'raksasa' tersebut rencananya akan dipasang di pesawat jet BJ MAX yang sedang dibangun.

Diketahui biaya pembuatan jendela tersebut cukup besar, meski Boeing tidak membeberkan berapa kisarannya. Kalau begitu, bisa jadi juga tiket pesawatnya lebih mahal bukan?

Wanita Cantik Ini Temukan Cinta di Pesawat, Tapi Malu Tanya Nama

Penerbangan jarak jauh punya banyak cerita, termasuk soal cinta yang hadir di antara dua insan tak saling kenal. Salah satunya dialami wanita cantik ini.

Adalah Jomaica Alfiler (21), seorang mahasiswi jurusan bisnis yang tinggal di Seattle, Amerika Serikat. Baru-baru ini namanya mendadak ramai dibicarakan setelah upayanya mencari cinta sejati di pesawat jadi viral.

Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Selasa (2/4/2019), kisah itu bermula dari sepasang bangku bernomor 43A dan 43B maskapai Lufthansa jurusan Frankfurt - Seattle seperti diberitakan media The Sun.

Terbang bersama dalam pesawat dengan nomor penerbangan LH490 pada Rabu pekan lalu (27/3), takdir seakan mempertemukan Jomaica dengan seorang pria gentleman misterius yang ternyata berhasil merebut hatinya.

Perjumpaan Jomaica dengan gentleman misterius itu berawal ketika ia tengah mencari nomor bangkunya di dalam pesawat. Sebelum ia menemukan bangkunya, Jomaica malah disambut oleh senyum pria tersebut. Berujung pada keduanya yang saling berbalas senyum.

"Ia begitu baik dan menolong saya dengan koperku," ujar Jomaica.

Dalam durasi penerbangan tersebut, pria misterius itu juga sempat menawarkan selimut hingga membantu Jomaica menyandarkan bangkunya. Walau tak berhasil, tapi keduanya saling bertukar canda.

Bahkan, Jomaica sengaja memberi 'tanda' dengan tak memakai headphone. Ia berharap agar pria itu memulai pembicaraan, tapi ternyata tidak.

"Kami duduk bersebelahan di penerbangan selama 10 jam, tapi saya tak mendapat nama lengkap atau kontaknya," curhat Jomaica.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar