Sabtu, 08 Februari 2020

Basajan: Kolaborasi 3 Kota Wisata di Aceh

Tempat wisata di Aceh begitu beragam. Tiga kota di Tanah Rencong bergabung kekuatan untuk berkolaborasi.

Ketiga daerah yang ingin mengembangkan wisata secara bahu membahu yaitu Banda Aceh, Sabang dan Jantho, Aceh Besar. Mereka menamakan koalisi ini dengan istilah "Basajan" yang merupakan singkatan dari nama kota di 3 daerah tersebut.

"Tiga daerah ini memiliki banyak potensi mulai dari sektor pariwisata, ekonomi, kelautan, hingga pertanian. Dari sektor pariwisata saja, Banda Aceh punya beragam cagar budaya, Sabang wisata bahari, dan Aceh Besar terkenal akan kuliner dan wisata alamnya," kata Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman dalam keterangannya, Kamis (4/4/2019).

Kerjasama ketiga kabupaten/kota ini dituangkan dalam nota kesepahaman (MoU) yang diteken di Sabang, Selasa (2/4) lalu. Naskah perjanjian ditandatangani Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman, Bupati Aceh Besar Mawardi Ali, dan Wali Kota Sabang Nazaruddin.

Perjanjian daerah segitiga ini dilakukan untuk mempermudah branding tiga daerah tersebut. Soalnya, wisatawan yang melancong ke Aceh sebagian besar melewati daerah-daerah ini.

Untuk ke Sabang misalnya, wisatawan yang melancong dengan pesawat terlebih dulu mendarat di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda di Blang Bintang. Kawasan ini, masuk ke Kabupaten Aceh Besar.

Di kabupaten tersebut, terdapat sejumlah objek wisata bahari seperti Pantai Lhoknga dan Lampuuk yang sudah kesohor. Wilayah ini juga mempunyai kuliner khas yaitu kuah beulangong (kari kambing/lembu).

Sementara saat menyeberang ke Sabang, harus melewati Banda Aceh terlebih dulu. Di ibu kota Provinsi Aceh, terdapat lokasi wisata sejarah dan tsunami yang cocok traveler kunjungi.

"Untuk itu kita harus bersinergi dan bekerjasama dalam upaya 'menjual' Basajan ini kepada wisatawan domestik maupun mancanegara. Dengan menggelar event bersama contohnya, saya yakin akan berbondong-bondong wisatawan yang datang ke daerah kita," jelas Aminullah.

Menurutnya, Pemko Banda Aceh saat ini terus berupaya untuk menggenjot sektor pariwisata yang diyakini sebagai jalan cepat mengdongkrak perekonomian masyarakat.

"Mengingat terbatasnya APBK, maka selain dana dari investor, sektor pariwisata ini dapat menjadi ujung tombak pembangunan karena memiliki multiplier effect," ungkapnya.

Bidang lain yang menjadi potensi ketiga daerah juga bisa dilakukan kerja sama. Aminullah mencontohkan kerja sama dalam bidang transportasi dan pemberdayaan infrastruktur seperti pelabuhan dan lain sebagainya.

Selain itu, saat bertemu dua kepala daerah tetangga, Wali Kota Aminullah juga sempat mengusulkan nama baru untuk koalisi tiga daerah tersebut. Nama itu adalah Basabe singkatan dari Banda Aceh, Sabang, dan Aceh Besar.

"Tujuannya agar lebih bernuansa baru, lebih promotif, dan Aceh Besar kita sertakan nama kabupatennya saja," bebernya.

Hukum Rajam LGBT, 9 Hotel Sultan Brunei Diboikot Selebriti Dunia

Selebriti dunia serukan boikot 9 hotel milik Sultan Brunei, sebagai bentuk protes dari diberlakukannya hukuman rajam bagi kaum LGBT. Inilah 9 hotel tersebut.

Kerajaan Brunei Darussalam pada Rabu, 3 April 2019, resmi memberlakukan hukum syariat Islam yang mencantumkan hukuman rajam hingga tewas terhadap kaum homoseksual. Kebijakan ini menuai pro kontra di mata dunia.

Sejumlah selebriti yang telah menunjukkan ketidaksetujuannya adalah George Clooney, Elton John dan Ellen DeGeneres. Mereka menyerukan boikot terhadap 9 hotel mewah milik Sultan Brunei. Kesembilan hotel itu dikelola operator hotel Dorchester Collection yang berbasis di London. Dirangkum detikTravel, Kamis (4/4/2019), berikut ini 9 hotel yang diboikot:

1. The Dorchester, London

The Dorchester merupakan hotel bintang 5 di Park Lane, London W1K 1QA, Inggris. Hotel mewah yang ikonik ini memiliki sejumlah tipe kamar, suites dan signature suites. Untuk Signature Suitesnya termasuk juga dengan penthouse yang mewah.

2. 45 Park Lane, London

Masih di London, ada hotel 45 Park Lane. Hotel mewah yang memadukan seni dengan arsitektur landmark di area London yang klasik. 45 Park Lane sudah eksis puluhan tahun lalu. Di tahun 1960an misalnya, hotel ini punya The Playboy Club yang digemari buat tempat hangout orang-orang kaya dan terkenal di London.

Terdapat 45 kamar dan suites yang luas, serta penthouse yang megah. Setiap kamar menghadap ke Hyde Park. Untuk kamar di lantai-lantai atas juga bisa menikmati panorama sekitar London dari jendela kamar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar