Senin, 26 Oktober 2020

5 Makanan yang Bantu Jaga Kesehatan Paru-paru di Tengah Pandemi COVID-19

 Di tengah pandemi COVID-19, menjaga tubuh agar tetap sehat harus menjadi prioritas. Selain menerapkan protokol kesehatan, menjaga daya tahan tubuh juga penting diperhatikan.

COVID-19 merupakan penyakit yang menyerang sistem pernapasan kita. Menjaga paru-paru tetap sehat tak hanya menghindari risiko terpapar COVID-19 tetapi juga mencegah penyakit paru lainnya seperti asma, bronkitis, pneumonia dan lain sebagainya.


Dikutip dari Healthline, berikut lima makanan yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan paru-paru.


1. Paprika

Paprika kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin C termasuk nutrisi yang dapat larut dalam air yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. Seseorang yang mengkonsumsi satu paprika berukuran sedang memberikan 169 persen asupan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh.


Bagi mereka yang perokok, vitamin C menjadi asupan yang sangat penting karena asap rokok merusak simpanan antioksidan dalam tubuh. Sehingga perokok membutuhkan tambahan sekitar 35 miligram vitamin C setiap harinya.


Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa perokok yang mengkonsumsi vitamin C yang lebih tinggi memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik dibandingkan dengan perokok dengan asupan vitamin C yang lebih rendah. Untuk itu, peneliti menyimpulkan bahwa asupan vitamin C dapat membuat paru-paru menjadi lebih sehat.

https://kamumovie28.com/midnight-man-2016/


2. Apel

Apel merupakan buah yang kaya akan antioksidan termasuk flavonoid dan vitamin C. Banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi apel secara teratur dapat meningkatkan fungsi paru-paru.


Dalam penelitian yang dipublikasikan oleh PubMed Central, peneliti berhasil mengaitkan asupan apel dengan penurunan fungsi paru-paru yang lebih lambat pada mantan perokok. Konsumsi apel juga dapat menurunkan risiko terkena asma dan kanker paru-paru.


3. Labu

Labu sangat kaya akan karotenoid, termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin. Semua kandungan tersebut memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat. Penelitian menunjukkan bahwa kadar karoten dalam darah yang lebih tinggi dikaitkan dengan fungsi paru-paru yang lebih baik.


4. Tomat

Tomat merupakan sumber makanan yang kaya akan likopen, antioksidan karotenoid yang mampu meningkatkan fungsi paru-paru.


Dalam penelitian yang dipublikasikan di PubMed Central, ditemukan bahwa mengkonsumsi tomat telah terbukti mengurangi peradangan saluran napas pada penderita asma dan meningkatkan fungsi paru-paru pada penderita Chronic obstructive pulmonary disease(COPD).


Selain itu, asupan tomat juga dikaitkan dengan penurunan fungsi paru-paru yang lebih lambat pada mantan perokok


5. Teri

Ikan teri adalah ikan kecil yang kaya akan lemak omega-3 yang memiliki sifat anti-inflamasi, serta nutrisi penunjang kesehatan paru-paru lainnya seperti selenium, kalsium, dan zat besi.


Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa mengkonsumsi kan yang kaya omega-3 seperti ikan teri sangat bermanfaat bagi penderita penyakit paru-paru inflamasi seperti COPD.

https://kamumovie28.com/joy-2016/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar