Selasa, 27 Oktober 2020

6 Risiko Jika Tak Pernah Sempat Sarapan

 Banyak orang yang melewatkan sarapan karena sibuk sehingga tidak sempat atau dengan alasan menurunkan badan. Padahal sarapan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Dikutip dari WebMD, sarapan berfungsi untuk memasok kebutuhan gula darah untuk menguatkan otot dan kinerja otak. Jika tidak dipenuhi, ada dampak buruk yang harus ditanggung.


Berikut beberapa dampaknya:


1. Menimbulkan penyakit jantung

Penelitian yang dilakukan oleh Harvard University menemukan bahwa pria yang melewatkan sarapan pagi berisiko 27 persen terkena serangan jantung dibandingkan mereka yang sarapan. Ketika melewatkan sarapan, metabolisme akan berubah sehingga tubuh bekerja lebih keras.


Perubahan ini akan menimbulkan plak pada arteri sehingga seseorang dapat terkena penyakit jantung.


2. Rentan diabetes

Harvard University School of Public Health dalam studinya menemukan bahwa ada keterkaitan antara kebiasaan makan dengan kesehatan. Menurut hasil penelitian, perempuan yang memiliki kebiasaan melewatkan sarapan berisiko tinggi terkena diabetes tipe 2.


3. Gampang gemuk

Sebuah penelitian mengungkap bahwa melewatkan sarapan justru berkontribusi terhadap kenaikan berat badan. Sarapan yang teratur membuat seseorang dapat mengontrol nafsu makan seharian. Jika seseorang melewatkan sarapan, maka ia cenderung akan menambah porsi makan misalnya ketika makan siang atau lebih sering mengkonsumsi camilan.


4. Susah mikir

Dalam sebuah studi yang menganalisis pelajar sekolah, ditemukan bahwa anak yang rutin sarapan cenderung memiliki kemampuan menerima pelajaran lebih baik dibandingkan mereka yang tidak. Pada saat sarapan, otak mendapat nutrisi yang cukup. Sarapan dapat meningkatkan kinerja otak karena terpenuhinya nutrisi yang diperlukan.


5. Mood berantakan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Physiological Behavior, menghindari sarapan pagi dapat berdampak negatif pada energi dan suasana hati sehingga jadi lebih mudah tersinggung. Melewatkan sarapan berkorelasi dengan produksi hormon serotonin yang kemudian memicu stres.


6. Sakit kepala

Melewatkan sarapan dapat memicu penurunan gula darah secara signifikan. Hal ini mempengaruhi pelepasan hormon yang dapat memicu sakit kepala seperti migrain.

https://cinemamovie28.com/the-perfect-education-1999/


Cara Pendaftaran BPJS Kesehatan, Cari Infonya di bpjs-kesehatan.go.id


Pemerintah saat ini memastikan perlindungan kesehatan bagi seluruh warganya lewat program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat atau JKN-KIS. Program JKN KIS dilaksanakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan.

Menjadi anggota BPJS Kesehatan memungkinkan warga tak perlu khawatir harus membayar mahal bila sakit dan harus berobat atau dirawat di rumah sakit. Perlindungan tersedia melalui sistem rujukan berjenjang di fasilitas kesehatan.


Tentunya, perlindungan tersedia dan mudah diakses bila peserta rutin membayar premi BPJS Kesehatan tiap bulan. Sebagai asuransi sosial, premi BPJS Kesehatan tidak semahal asuransi kesehatan swasta.


Bagi yang ingin menjadi anggota BPJS Kesehatan bisa datang langsung ke kantor terdekat, menggunakan aplikasi Mobile JKN, atau menghubungi care center 1500 400. Masyarakat disarankan jangan mendaftar online di link www.bpjs-kesehatan.go.id.


"Fitur Pendaftaran Peserta Online Sedang Dalam Penyesuaian. Untuk pendaftaran dapat menggunakan Aplikasi Mobile JKN Android

atau dapat menghubungi Care Center 1500 400," tulis situs BPJS Kesehatan.


Berikut cara daftar peserta BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN:

1. Download dan instal aplikasi Mobile JKN


2. Klik daftar dan pilih Pendaftaran Peserta Baru


3. Klik Saya Setuju jika sudah membaca ketentuan sebelum melakukan pendaftaran


4. Masukkan NIK atau E-KTP dan kode Captcha pada tempat yang tersedia, lalu klik Selanjutnya


5. Layar gadget akan menampilkan daftar data keluarga dan calon peserta BPJS Kesehatan, kemudian klik Selanjutnya


6. Masukkan data diri sesuai E-KTP lalu klik Selanjutnya


7. Pilih fasilitas kesehatan (faskes) dan faskes gigi yang mudah diakses


8. Masukkan alamat email aktif lalu klik Simpan, kemudian sistem JKN akan mengirim nomor verifikasi lewat email


9. Nomor verifikasi yang sudah terkirim disalin ke Mobile JKN dan selanjutnya tampil data peserta yang didaftarkan


10. Selain nomor verifikasi, peserta juga menerima nomor virtual account yang digunakan untuk bayar premi BPJS Kesehatan.

https://cinemamovie28.com/abracadabra-2019/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar