Jumat, 23 Oktober 2020

CDC Perbarui Pedoman Kontak Dekat COVID-19, Begini Kriterianya

 Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) memperbarui pedomannya terkait kontak dekat dengan pasien positif COVID-19. Ini dilakukan untuk menambah pengetahuan terkait risiko penularan virus Corona.

Pedoman ini diperbarui menyusul adanya laporan kasus satu petugas penjara yang positif COVID-19, pasca melakukan 22 interaksi dengan narapidana yang juga terinfeksi. Interaksi itu berjalan selama delapan jam, atau sekitar 17 menit per kontaknya.


Sebelumnya, kriteria kontak dekat atau kontak erat yang berlaku adalah berada pada jarak 6 kaki atau 1,8 meter dalam waktu 15 menit atau lebih, dari orang yang positif COVID-19. Kriteria ini juga kerap digunakan di banyak negara, termasuk Kementerian Kesehatan RI.


"Kasus ini menambah pengetahuan ilmiah terkait risiko kontak dekat dengan orang yang terinfeksi COVID-19, dan menyorot lagi pentingnya menggunakan masker untuk mencegah penularan," kata CDC yang dikutip dari New York Post, Kamis (22/10/2020).


Namun, menentukan kontak dekat atau kontak erat ini tidak mudah dilakukan. Ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan dalam menentukannya yang dikutip dari laman resmi CDC sebagai berikut:


1. Faktor kedekatan

Di dalam pedoman terbaru CDC, jarak yang lebih dekat kemungkinan bisa membuat risiko paparan virus dari orang yang terinfeksi semakin meningkat.


2. Durasi paparan

Berdasarkan pedoman terbaru, durasi kontak dekat didefinisikan selama waktu kumulatif 15 menit atau lebih dalam durasi 24 jam.


Pada pasien bergejala, dimulai dari 2 hari sebelum muncul gejala hingga pasien diisolasi. Sedangkan pada pasien asimtomatik atau tak bergejala, waktunya dihitung dari 2 hari sebelum spesimen diperiksa.


3. Munculnya gejala

Paparan virus semakin mungkin terjadi saat gejala khas COVID-19 sudah mulai muncul. Viral shading paling tinggi diyakini beberapa hari sebelum muncul gejala.


4. Risiko persebaran droplet

Kontak dekat ini juga berhubungan dengan risiko persebaran droplet dari orang yang terinfeksi. Aktivitas seperti bernyanyi, berteriak, dan batuk bisa membentuk aerosol yang meningkatkan risiko penularan COVID-19.


5. Faktor lingkungan

Kontak dekat dengan pasien positif COVID-19 juga dipengaruhi dari faktor lingkungan. Misalnya seperti berkerumun, kondisi ventilasi ruangan yang memadai, dan apakah paparan itu terjadi di luar atau dalam ruangan.


6. Penggunaan alat pelindung diri

Karena kebanyakan orang tidak mendapatkan pelatihan atau jenis alat pelindung diri (APD) yang baik, penentuan kontak dekat tidak memperhitungkan penggunaan APD. Pembedaan saat menentukan kontak dekat pada orang yang menggunakan masker kain untuk saat ini tidak disarankan.

https://indomovie28.net/stormy-affair/


Remdesivir Disetujui BPOM AS Sebagai Obat COVID-19


Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menyetujui remdesivir, obat antivirus Gilead Sciences Inc, sebagai obat COVID-19. Remdesivir disetujui untuk merawat pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit.

Dikutip dari Reuters, remdesivir menjadi obat pertama dan satu-satunya yang disetujui untuk pasien COVID-19 di Amerika Serikat. Remdesivir juga sempat digunakan sebagai salah satu obat Presiden AS Donald Trump saat dinyatakan positif COVID-19.


Sebelumnya, remdesivir telah disetujui untuk penggunaan darurat atau emergency use authorization sejak Mei 2020. Penelitian dari National Institutes of Health menunjukkan remdesivir mampu memangkas waktu rawat inap pasien COVID-19 di rumah sakit selama lima hari.


Remdesivir akan dijual dengan nama merek Veklury. Harganya dipatok berkisar $ 3.120 atau setara dengan Rp 46.094 untuk pengobatan selama lima hari.


"Di Amerika Serikat, Veklury diindikasikan untuk orang dewasa dan pasien anak berusia 12 tahun ke atas atau minimal 40 kg untuk pengobatan Covid-19 yang membutuhkan rawat inap," tulis Gilead, dikutip dari AFP.

https://indomovie28.net/the-warring-states/

#Cokelathitamdanalmond #Telurrebus #Sardenkalengan #Edamame #camilansehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar