Selasa, 21 Januari 2020

Yogyakarta Dikira Shanghai & Makam Misterius di Himalaya

Viral di Instagram, Yogyakarta dikira Shanghai. Sedangkan di Pedalaman Himalaya, ada penemuan makam beserta ganja yang misterius!

Inilah 5 berita terpopuler detikTravel pada Kamis (13/6/2019) kemarin. Banyak hal menarik di dunia traveling, yang ada di antaranya viral serta menjadi perbincangan dunia.

Berikut daftarnya:

1. Viral di Instagram, Yogyakarta Dikira Shanghai

Akun Instagram @shanghai.explore dalam bio menyebutkan mereka menampilkan foto-foto Shanghai paling inspiratif. Nah, akun ini jadi ramai gara-gara memposting foto 'suasana Shanghai' milik @bagaswisnuaji.

Gambarnya sebuah gerbang pecinan dan suasana yang tenang. Tapi ada yang aneh, sebab ada beberapa kata-kata bahasa Indonesia di fotonya.

Rupanya itu bukan foto di Shanghai, melainkan di Yogyakarta, Indonesia. Lokasinya adalah Kampung Ketandan yang merupakan pecinan dan tempat wisata di Yogyakarta.

Banyak netizen yang berkomentar di postingan tersebut, baik dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Sejatinya pun, Kampung Ketandan merupakan destinasi wisata yang menarik di Yogyakarta.

2. Pose Seksi di Chernobyl, Selebgram Dikecam

Chernobyl adalah sebuah kota di Ukraina yang pernah mengalami tragedi nuklir yang amat parah di tahun 1986. Kebocoran reaktor nuklir membuat ribuan orang meninggal dan lebih dari 100 ribu orang mengungsi.

Tingkat radiasi di Chernobyl pun dikabarkan 400 kali lebih tinggi dari bom atom Hiroshima. Belakangan, nama Chernobyl terangkat kembali ke publik berkat serial TV populer yang tayang di HBO.

Ketenaran Chernobyl membuat beberapa orang selebgram tertarik berkunjung ke sana dan membuat konten. Sayangnya, bukan konten edukasi yang dibuat para selebgram ini, tapi justru mereka berpose seksi pakai bikini.

Aksi para selebgram cantik dari Rusia ini pun mendapat kecaman dari para netizen. Mereka dianggap tidak beretika, bodoh, dan tidak menaruh simpati kepada para korban tragedi Chernobyl.

3. Lagi-lagi Kapal Pesiar Ini Selamatkan Nelayan di Tengah Laut

Carnival Cruise Line jadi pemberitaan dunia. Lagi-lagi karena aksi yang patut diacungi jempol, menyelamatkan orang-orang di tengah lautan.

Awalnya, Kapal Pesiar Carnival Horizon dari grup perusahaan Carnival Cruise Line akan berlabuh ke Miami, AS setelah perjalanan dari Aruba di Kepulauan Karibia. Di tengah perjalanan, pihak Coast Guard (penjaga pantai) meminta Carnival Horizon untuk membantu mencari sekelompok nelayan yang sedang terombang-ambing.

Langsung saja, kapal pesiar tersebut kembali mengarungi lautan. Beruntung tak butuh waktu lama, awak kapalnya berhasil menemukan sekelompok nelayan itu.

Terlihat, ada 7 nelayan di perahu sampan. Ternyata, nelayan-nelayannya sudah terombang-ambing di laut selama 2 hari!

Usut punya usut, bulan April 2019 kemarin, Kapal Pesiar Carnival Cruise Line juga pernah menyelamatkan nelayan yang terombang-ambing di laut. Kala itu, Carnival Cruise Line sedang melintasi Teluk Meksiko dan mengevakuasi 20 nelayan yang sudah berada 3 hari di lautan.

4. AC Mati, Penumpang Anak-anak di Pesawat Pingsan

Maskapai Low Cost Carrier (LCC) Sunwing, hendak melakukan penerbangan dari Cancun ke Toronto. Masih mengantre untuk lepas landas, tiba-tiba saja AC di pesawat ini mati.

Tak tahu apa yang terjadi, namun Pilot dari pesawat tersebut tidak memberikan aba-aba untuk keluar dari pesawat. Alhasil, semua penumpang terjebak dalam peawat sambil kegerahan.

Setelah satu jam berlalu, penumpang tak juga mendapatkan arahan untuk kembali ke ruang tunggu. Penumpang mulai menggunakan majalah dan kertas untuk mengipasi badan yang mulai berkeringat.

Celakanya, setelah itu banyak anak-anak yang pingsan. Rupanya pesawat tersebut mengalami masalah dan mempengaruhi AC di dalam pesawat.

Penumpang tak dibiarkan keluar dari pesawat karena masalah tersebut sedang diselesaikan di lokasi pada saat itu juga. Tetapi akhirnya, penumpang bisa keluar karena masalah di pesawat harus ditangangi dalam waktu yang lama.

Karena hal ini maskapai secara resmi meminta maaf kepada penumpang, sedangkan penerbangan harus ditunda sampai 24 jam alias seharian. Menurut keterangan dari maskapai, para penumpang diberikan penginapan dan pesawat pengganti.

5. Ganja dan Makam Misterius di Pedalaman Himalaya

Para peneliti dari Science Advances menemukan makam di pedalaman Himalaya. Tepatnya di Pegunungan Pamir, yang masih masuk dalam rangkaian Pegunungan Himalaya yang berada di perbatasan Pakistan dan China.

Para peneliti dari China dan Jerman menilai, makam tersebut usianya sudah 2500 tahun. Tentu, penemuan makamnya akan diteliti lebih jauh tentang bagaimana kehidupan manusia ribuan tahun lalu di sekitar Pegunungan Himalaya.

Namun hal menarik lainnya adalah, terdapat kandungan ganja di dalam tungku-tungku kayu dan di kerangka-kerangka manusianya!

Para peneliti mengungkapkan, ganja digunakan dalam upacara kematian atau ketika hendak mengubur seseorang. Ganja, mungkin sebagai media untuk berkomunikasi dengan roh atau leluhur.

Tentu, akan dilakukan penelitian lebih dalam terkait makam dan ganja yang misterius tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar