Minggu, 17 Mei 2020

Dicaplok Facebook, Giphy Jadi Senjata Instagram

Aplikasi konten GIF terkenal, Giphy, diakuisisi oleh Facebook. Meski tidak diumumkan secara terbuka, nilai pembelian Giphy diperkirakan berada di kisaran USD 400 juta.
Facebook berencana Giphy bakal diintegrasikan mendalam dengan Instagram dan mungkin aplikasi Facebook lainnya. Giphy pun bisa menjadi salah satu senjata andalan Instagram untuk lebih memikat penggunanya.

"Dengan memadukan Instagram dan Giphy, kita bisa memudahkan orang untuk menemukan GIF dan sticker yang sempurna di Stories dan Direct," kata Vishal Shah, Vice President of Product Instagram.

Giphy jadi salah satu layanan favorit karena begitu banyak gambar GIF tersedia dan selama ini tersedia untuk banyak platform, termasuk di Twitter, Slack ataupun iMessage. Belum jelas apakah Facebook akan melarang Giphy digunakan oleh layanan lain.

Namun kreator konten di Giphy disebut tak perlu khawatir. "Komunitas kreatif Giphy masih dapat menciptakan konten hebat di sini," tambah Vishal yang dikutip detikINET dari CNBC.

Facebook sudah lama memakai interface Giphhy di Facebook, Messenger, Instagram dan WhatsApp. Bahkan pada tahun 2015, jejaring sosial buatan Mark Zuckerberg itu sudah mencoba menawar Giphy.

Akan tetapi pada saat itu, pemilik Giphy masih ingin bermitra lebih jauh dengan perusahaan media sosial lain sehingga menolak tawaran tersebut. Kini, Giphy memutuskan menerima pinangan Facebook.

Thailand Godok Asuransi Pandemi untuk Turis Asing

Turis asing ke Thailand bakal dikenakan biaya ekstra sekitar Rp 138 ribu usai pandemi virus Corona. Biaya itu sebagai pajak orang asing dengan salah satu komponennya adalah asuransi pandemi.

Menteri olahraga dan pariwisata Thailand, Phipat Ratchakitprakarn, menyebut rencana tersebut telah disampaikan kepada kabinet tahun lalu, namun ternyata Corona datang. Akibatnya, pariwisata di negeri gajah Putih lesu darah.

Phipat optimistis saat ini menjadi waktu yang tepat untuk menerapkan rencana itu. Sebelum diterapkan pemerintah Thailand bakal menjalani serangkaian prosedur, dari studi kelayakan dan proposal. Paling cepat, rencana itu diterapkan akhir tahun.

Rencananya sih, biaya 300 bath atau setara dengan Rp 138 ribu itu ditambahkan ke dalam harga tiket pesawat. Nantinya, pemerintah tinggal mengumpulkannya dari maskapai. Hingga saat ini belum dibahas pajak serupa untuk turis asing yang masuk dari laut dan darat.

"Pandemi telah berdampak signifikan kepada kepercayaan pariwisata. Sementara itu, dana pariwisata harus disisihkan untuk anggaran lembaga negara selama dampak pandemi berimbas kepada wisatawan," kata Phipat seperti dikutip Bangkok Post.

Untuk melakukan studi kelayakan usulan itu, Kementerian Pariwisata dan Olahraga bakal menggandeng Universitas Naresuan. Salah satu aspek yang bakal diuji adalah "beban pajak yang masuk akal bagi pelancong". Kementerian memperkirakan pajak itu tidak boleh melebihi 300 baht per orang. Kemungkinan besar, pajak itu berkisar antara 100-200 baht.

Mengomentari retribusi baru yang diusulkan, Gubernur TAT Yuthasak Supasorn mengatakan langkah-langkah kementerian adalah bagian dari rencana pengembangan pariwisata jangka panjang.

"Selama Thailand memiliki rencana yang jelas tentang bagaimana menggunakan dana secara efektif dan bermanfaat bagi wisatawan internasional, itu seharusnya tidak menciptakan hambatan," kata Yuthasak.

Pada tahap ini, ketika penerbangan internasional dapat dimulai kembali, kondisi yang diberlakukan pada pelancong dan maskapai mana yang akan beroperasi ke Thailand di masa depan, semuanya mengudara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar