Senin, 18 Mei 2020

Hamil di Tengah COVID-19? Ini 3 Tips Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh

Kehamilan yang berlangsung di tengah pandemi COVID-19 membuat kesehatan ibu hamil harus benar-benar diperhatikan. Bukan hanya untuk diri sendiri, melainkan juga untuk bayi dalam kandungan.
Menurut Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur, kekebalan janin dalam kandungan sangat tergantung pada ketahanan fisik ibu saat hamil. Sebab, jika ibunya terinfeksi beberapa penyakit maka akan berdampak pada bayinya.

"Jadi memang pada saat hamil ini perlu sekali menjaga ketahanan tubuh seperti pola hidup bersih sehat sehingga tidak terinfeksi oleh bakteri virus dan kuman lain baik berasal dari udara maupun dari makanan dan minuman," ujar dr Muliaman kepada detikHealth baru-baru ini.

Selain menjaga pola hidup bersih seperti yang dijelaskan dr Muliaman, ada beberapa cara lain menjaga daya tahan tubuh atau ketahanan fisik untuk ibu hamil selama pandemi COVID-19 seperti dilansir dari FirstCry Parenting sebagai berikut.

1. Istirahat yang Cukup

Tubuh juga perlu istirahat dengan baik selama masa kehamilan, terlebih untuk meningkatkan imunitas. Selama hamil, tubuh bergerak lebih aktif baik secara fisik, emosional, dan fisiologis. Berikan istirahat yang cukup pada tubuh sehingga kekebalan tubuh pun terjaga.

2. Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Ibu hamil disarankan untuk selalu memenuhi kebutuhan air. Dalam sehari, pastikan untuk selalu mengonsumsi 8 hingga 12 gelas air sehari. Ini akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh selama masa pandemi.

3. Pastikan Asupan Makanan Bergizi Terpenuhi

Saat hamil, banyak yang ngidam dan ingin makan-makanan yang aneh. Namun ibu hamil harus selalu memperhatikan asupan makanannya tetap bergizi.

"Ibu hamil dan menyusui membutuhkan nutrisi dan kalori yang berlebih dibandingkan saat tidak hamil. Kalori sendiri juga ada tanbahan sekitar 300-500 kcal saat hamil dan menyusui," terang dr Muliaman.

dr Muliaman juga menambahkan, nutrisi penting yang diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh adalah karbohidrat sebagai sumber tenaga, protein untuk membentuk antibodi, dan vitamin serta mineral untuk membantu sel-sel di saluran pernafasan dan cerna agar tidak mudah terinfeksi virus dan bakteri.

Selain itu juga dapat didukung dengan mengonsumsi Prenagen Mommy Lovely untuk membantu melengkapi kebutuhan energi dan zat gizi ibu hamil serta calon buah hati.

Prenagen Mommy Lovely memiliki Nutrisi lengkap gizi selama 1000 HPK (hari pertama kehidupan) dengan formula PRENAPro untuk menjaga stamina ibu lebih fit selama menjalani kehamilan. Ditambahkan pula Faktor Kecerdasan sehingga janin lahir cerdas, pertumbuhan bayi sempurna dan cukup umur yaitu 40 minggu dengan beratnya sesuai standar 2,5-4 kg

Lewat Hamster, Ilmuwan Buktikan Efektivitas Masker Cegah Virus Corona

Anjuran memakai masker kini hampir diterapkan di seluruh dunia untuk mencegah penularan virus Corona COVID-19. Terkait hal tersebut, sekelompok ilmuwan Hong Kong berusaha membuktikan efektivitas masker lewat eksperimen dengan hamster.
Dr Yuen Kwok-yung dari Hong Kong University menyebut masker bedah dapat membantu mengurangi risiko penularan sampai 50 persen.

Peneliti mengetahuinya setelah bereksperimen dengan 52 hamster dalam tiga skenario. Tiap skenario memiliki hamster yang telah disuntikkan virus Corona COVID-19 lalu kandangnya ditempatkan bersebelahan dengan kandang hamster sehat di ruangan bersirkulasi udara.

Skenario pertama kandang hamster yang terinfeksi diberi partisi berbahan sama seperti masker bedah, skenario kedua kandang hamster sehat yang diberi partisi, dan skenario ketiga kandang ditempatkan tanpa partisi sama sekali. Menurut Dr Yuen skenario ini bisa mewakili kondisi di populasi manusia.

Hasilnya 10 dari 15 hamster sehat dalam skenario kandang yang sama sekali tak memakai partisi masker bedah terbukti positif terinfeksi dalam waktu seminggu. Sementara pada skenario kandang hamster sakit diberi partisi hanya ada dua dari 12 hamster yang akhirnya jatuh sakit.

Angka hewan yang jatuh sakit meningkat menjadi empat dari 12 ketika partisi masker bedah dipakai di kandang hamster sehat.

"Dalam eksperimen yang kami lakukan, sangat jelas menunjukkan ketika hamster atau manusia yang terinfeksi memakai masker, mereka bisa melindungi orang lain. Ini hasil terkuat yang bisa kami peroleh," kata Dr Yuen seperti dikutip dari SCMP, Senin (18/5/2020).

"Transmisi virus bisa berkurang sampai 50 persen ketika masker bedah digunakan, terutama pada individu yang terinfeksi," lanjutnya.

Peneliti juga menemukan hamster yang disuntik virus langsung memiliki gejala lebih parah daripada hamster yang terinfeksi lewat jalur udara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar