Minggu, 17 Mei 2020

Sebaran 489 Kasus Baru Positif Corona di Indonesia 17 Mei

Data terbaru virus Corona COVID-19 di Indonesia mencapai 17.514 kasus positif, 4.129 sembuh, dan 1.148 meninggal. Penambahan kasus positif sebanyak 495 kasus.
Berikut ini detail perkembangan kasus virus Corona COVID-19 pada Minggu (17/5/2020):

1. Jumlah kasus positif bertambah 489 menjadi 17.514.
2. Jumlah pasien sembuh bertambah 218 menjadi 4.129.
3. Jumlah pasien meninggal dunia bertambah 59 menjadi 1.148.

Sebaran 495 kasus baru positif virus Corona adalah sebagai berikut:

Bali 2
Banten 24
Bengkulu 9
DKI Jakarta 132
Jambi 1
Jawa Barat 31
Jawa Tengah 17
Jawa Timur 47
Kalimantan Barat 1
Kalimantan Timur 1
Kalimantan Selatan 2
Kalimantan Utara 2
NTB 6
Sumatera Selatan 63
Sumatera Barat 12
Sumatera Utara 16
Sulawesi Tenggara 2
Sulawesi Selatan 34
Sulawesi Tengah 2
Lampung 1
Riau 4
Maluku Utara 4
Maluku 22
Papua Barat 3
Papua 33
NTT 12
Gorontalo 1
Catatan: Sebelumnya tertulis jumlah kasus positif sebanyak 17.520 kasus sebagaimana dikutip dari covid19.go.id. Data ini mengalami koreksi dalam konferensi pers oleh juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona COVID-19 Achmad Yurianto, menjadi 17.514 kasus.

Cared+, Aplikasi untuk Cek Mandiri Gejala COVID-19

Sebuah perusahaan teknologi dari Yogyakarta, Gamatechno, mengembangkan aplikasi untuk melakukan pengecekan mandiri dan monitoring kolektif COVID-19 bernama Cared+.
Aplikasi ini membantu perangkat kewilayahan seperti desa, kecamatan, kelurahan maupun RT dalam melakukan monitoring warganya terkait kondisi gejala COVID-19 melalui hasil self screening masing-masing warga.

"Dalam kondisi wabah seperti COVID-19 ini, penting adanya partisipasi aktif dari seluruh masyarakat untuk melakukan deteksi dini berkala terhadap kondisi masing-masing. Dan adanya aplikasi Cared+ ini akan memberikan kemudahan pihak terkait untuk melakukan monitoring warganya," jelas CEO Gamatechno Muhammad Aditya dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (16/5/2020).

Aditya menjelaskan, pengecekan mandiri (self screening) bertujuan untuk menekan risiko penularan COVID-19 ketika seseorang harus datang langsung ke faskes. Menurutnya, pengecekan mandiri dalam aplikasi ini menggunakan metode self screening yang digunakan sesuai dengan yang diterbitkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Pengguna dapat melakukan self screening melalui kuesioner yang disediakan. Aplikasi akan menunjukan indikasi gejala (ringan, sedang, berat) sesuai dengan kondisi pengguna saat itu dan rekomendasi tindakan yang harus dilakukan," jelasnya.

Dia menyebut partisipasi aktif setiap warga dan inisiatif perangkat desa terkait untuk melakukan sosialisasi ke warganya menjadi kunci sukses untuk pencegahan penyebaran COVID-19. Aditya pun menyebut dengan adamya aplikasi ini dapat membantu dalam memantau pembatasan sosial.

"Dan dengan aplikasi ini juga dimungkinkan adanya pemantauan pembatasan sosial secara swasembada dalam masyarakat. Hal ini akan sangat membantu pemerintah dalam upaya meredam peningkatan kasus COVID-19 terutama dalam penerapan kebijakan pembatasan sosial," ungkapnya.

Dia menjelaskan, untuk menggunakan platform ini cukup mudah. Bagi koordinator maupun perangkat desa cukup daftar melalui laman caredplus.id dan mengisi data dan buat kode klaster.

"Kode klaster ini yang akan mengelompokkan warga dalam klaster tertentu. Misal klaster warga RT01, kelurahan atau bahkan kelompok yang lebih besar lagi," bebernya.

Kode klaster ini nantinya akan digunakan seluruh anggota warga melalui aplikasi Cared+ yang mereka instal di perangkat masing-masing. Dengan begitu seluruh warga dapat dengan mudah dimonitor oleh perangkat desa terkait.

"Sehingga harapannya penanganan COVID-19 dapat dilakukan secara tepat dan cepat terkait kondisi warganya. Koordinator maupun perangkat desa terkait dapat melakukan pemantauan warganya melalui akses dashboard dengan melakukan login melalui caredplus.id," ujarnya.

"Kita siap membantu seluruh pemerintah daerah untuk menerapkan penggunaan Cared+ di wilayahnya, harapannya mulai dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk bisa gunakan aplikasi ini," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar