Kamis, 25 Juni 2020

Sakit Pinggang Sebelah Kiri dan Kanan, Apa Penyebabnya?

 Sakit pinggang bisa disebabkan oleh beberapa hal. Sakit pinggang yang disebabkan karena adanya penyakit ginjal dengan saraf tentu berbeda. Rasa nyeri pada sakit pinggang bisa berada di tempatnya ataupun nyeri kiriman yang sebenarnya terjadi di perut.
Dikutip dalam buku 'Resep Mudah Tetap Sehat' oleh Dr. Hermawan Nadesul, sakit pinggang kiri atau kanan yang sering terjadi karena disebabkan oleh sikap maupun posisi tubuh. Bobot tubuh kita disokong oleh semua ruas tulang belakang, bantalan antar ruas tulang belakang, otot dan jaringan ikat yang menyangganya.

Gangguan pada setiap bagian penyokong tubuh dapat menimbulkan keluhan sakit pinggang. Bisa juga dikarenakan efek samping dari terpeleset, terkilir atau patah ruas tulang belakang.

Berikut beberapa penyebab terjadinya sakit pinggang kiri atau kanan:
1. Masalah otot punggung atau tulang belakang

Dikutip dalam Healthline, menurut National Institute of Neurological Disorders and Stroke (NINDS), 80 persen orang dewasa di Amerika Serikat akan mengalami nyeri pinggang atau punggung bagian bawah pada suatu saat dalam hidup mereka.

Banyak dari rasa sakit itu disebabkan oleh masalah mekanis seperti keketatan otot karena postur yang tidak tepat hingga degenerasi tulang belakang yang menyerap goncangan akibat penuaan atau keausan normal.

2. Stenosis spinal

Stenosis spinal merupakan penyempitan tulang belakang yang menyebabkan saraf tulang belakang tertekan. Tekanan itu dapat membuat tubuh terasa kram dan kebas. Akan tetapi hal ini terjadi tergantung dari saraf mana yang tertekan. Stenosis spinal bisa disebabkan karena tulang yang alami penuaan.

3. Otot tegang

Saat melakukan gerakan yang tak biasa, sakit pinggang sebelah kanan atau kiri dapat terjadi. Jika pergerakan tubuh seseorang yang melibatkan gerakan punggung yang berat, maka otot dan urat di punggung dapat tertarik. Tentunya hal ini bisa menimbulkan tegang otot yang berakibat munculnya rasa sakit dan kaku pada pinggang.

4. Infeksi ginjal

Penyebab sakit pinggang sebelah kanan paling umum adalah dari infeksi ginjal akibat bakteri seperti E coli yang hidup di usus lalu berjalan melalui ureter ke kandung kemih dan ginjal. Gejalanya mirip dengan infeksi saluran kemih lainnya, termasuk: sakit punggung dan perut, rasa terbakar ketika buang air kecil, urin keruh, gelap atau berbau. Kadang juga disertai demam hingga muntah.

5. Radang usus buntu

Sakit pinggang sebelah kanan juga bisa disebabkan karena radang usus buntu. Infeksi ini dapat menyebabkan usus bengkak sehingga dapat menimbulkan rasa sakit pada pinggang bagian bawah. Nyeri juga bisa menjalar ke punggung hingga selangkangan.

Kasus Baru Menurun, Beijing Klaim Bisa Kendalikan Gelombang Kedua Corona

Penyebaran virus Corona gelombang kedua di Beijing saat ini diklaim telah 'di bawah kendali'. Juru bicara pemerintah kota Beijing, Xu Hejian, mengatakan pihaknya terus berupaya menekan penyebaran virus Corona COVID-19 dan tetap mewaspadai risiko penularan di masyarakat.
Sejauh ini, pemerintah kota Beijing melaporkan 253 dari 265 kasus terkait dengan klaster pasar Xinfadi. Pemerintah mengatakan masih melakukan pelacakan kontak untuk tiga kasus lainnya.

"Epidemi Beijing yang secara langsung terkait dengan Xinfadi pada dasarnya di bawah kendali, tetapi pada saat yang sama kami menemukan infeksi klaster rumah tangga, tempat kerja, dan kasus-kasus penularan di komunitas," ujar Xu.

Dikutip dari Straits Times, Xu juga mengatakan upaya pencegahan dan pengendalian virus tetap menjadi tantangan besar meski sudah melambat.

Pada Rabu (24/6/2020), Beijing mencatat tujuh kasus baru COVID-19. Kepala komisi kesehatan Beijing, Lei Haichao, mengatakan penurunan kasus baru menjadi sinyal positif di tengah upaya pengendalian penularan virus Corona.

Pada awal Juni, Beijing telah meningkatkan kapasitas pengujian virus Corona per harinya menjadi 300 ribu dari yang sebelumnya 100 ribu. Hingga saat ini Beijing melaporkan hampir tiga juta warganya telah melalui pengetesan virus corona. Lei mengatakan sekitar 137 kasus diketahui dari pengetesan awal.

Menurut data statistik John Hopkins University mencatat hingga hari ini (25/6/2020), China memiliki 84.658 kasus konfirmasi positif dengan 4.640 kematian.
https://indomovie28.net/love-between-teachers-and-students-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar