Selasa, 23 Juni 2020

Waduh! Acara Diskonan PS4 Dibubarkan Polisi

Sebuah toko di Prancis menjual PlayStation 4 (PS4) dengan diskon sangat besar. Dampaknya adalah ada keramaian di toko mereka dan sampai harus dibubarkan paksa oleh kepolisian setempat.
Toko tersebut adalah Lidl, dan kejadian ini terjadi di toko mereka yang berlokasi di Orgeval, sekitar 28 mil arah timur laut dari Paris. Mereka menjual PS4 versi 500GB dengan harga 95 euro atau sekitar USD 107, jauh lebih murah dibanding harga PS4 pada umumnya.

Pemberian diskon ini merupakan bagian dari acara pembukaan toko tersebut, dan sejumlah pegawai toko itu sudah mempromosikan diskonan tersebut lewat media sosial, yang kemudian menjadi viral.

Alhasil, acara pembukaan toko tersebut pun menjadi sangat ramai dengan orang-orang yang tak memperhatikan pembatasan jarak fisik. Padahal pemerintah Prancis sudah melarang tak boleh ada acara publik yang dihadiri lebih dari 10 orang dalam satu waktu.

Kemudian polisi pun didatangkan, dan dari video yang tersebar di media sosial, para polisi itu terlihat menggunakan semprotan merica untuk membubarkan keramaian. Menurut Olivier Dauvers, salah satu orang yang ada di acara tersebut, semprotan dari polisi itu membuat mata dan hidung terasa perih.

Dalam pernyataan resminya, Lidl France menyebut diskon itu adalah bagian dari proses cuci gudang mereka. Mereka pun berkilah diskon serupa di toko yang lain tak sampai menimbulkan keramaian seperti itu.

"Hari ini kami menganggap kalau kondisi keamanan tak bisa dipenuhi untuk tetap membuka supermarket. Penjualan PS4 ini pun dibatalkan secara permanen," kicau Lidl France lewat akun Twitter resminya.

Dikutip detikINET dari Techspot, Selasa (23/6/2020), peluncuran PS5 dan Xbox Series X pada beberapa bulan mendatang membuat penjualan konsol yang ada saat ini menurun, dan memaksa sejumlah peritel memberikan diskon besar, seperti yang dilakukan oleh Lidl.

Physical Distancing di Era New Normal Tak Segampang yang Dibayangkan

Diberlakukannya masa transisi PSBB menjadikan beberapa orang sudah mulai beraktivitas seperti biasanya. Mulai kegiatan perkantoran hingga penggunaan transportasi umum yang sudah ramai dipadati penumpang.
Meski begitu, protokol jaga jarak sepertinya tidak selalu diperhatikan sebagian warga, sebab seringkali terlihat penumpukan warga di tempat umum seperti saat kegiatan car free day (CFD) ataupun saat antre di stasiun KRL.

Pada hari Minggu (21/6/2020) lalu, viral video pesepeda di sekitar Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, penuhi jalanan saat diizinkan CFD pertama pada masa transisi PSBB.

Meskipun diperbolehkan berolahraga di luar ruangan atau outdoor, masyarakat diimbau tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker dan berjaga jarak.

Pantauan detikcom beberapa waktu lalu, petugas di kawasan Bundaran HI membubarkan warga yang berkerumun, selain itu menegur yang tidak memakai masker. Hal ini dilakukan demi mencegah penularan virus Corona.

"Tidak boleh untuk berkerumun, makanya anggota saya tadi saya suruh muter dulur" kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Jakarta Pusat, Bernard Tambunan, saat ditemui detikcom pada Minggu (7/6/2020) lalu.

"Takutnya nanti tidak disiplin, kita tidak terlalu euforia menganggap ini sudah bebas semua padahal belum, takutnya nanti melonjak terlau tinggi kasus COVID-19, kita balik lagi ke PSBB," lanjutnya.

Pun demikian, beberapa orang juga mengaku bukan mereka tak ingin jaga jarak. Ada beberapa kondisi di mana melakukan social distancing memang terlampau sulit, seperti di transportasi umum.

"Gimana mau jaga jarak. Kalau di busway meski udah penuh tetap aja masuk orang-orangnya. Petugas juga ngebiarin," tutur Nindy, seorang pengguna Transjakarta.

Hal ini juga dirasakan oleh penumpang KRL, Ardi, yang sehari-hari harus berangkat dari stasiun Rawa Buntu menuju Gondangdia. Meski saat berangkat masih sepi, di stasiun transit Tanah Abang, banyak orang memaksa untuk masuk meski petugas menghalau.

"Kita tuh anak KRL seperti dipaksa menerima semuanya. Sekedar tes suhu abal-abal aja kita terima. Susah juga jaga jarak, toh orang yang naik emang buru-buru makanya maksa. Udah nggak peduli," ucap Ardi.

Tak hanya di transportasi umum, ada juga yang mengaku sulit menerapkan social distancing saat berada di pasar tradisional. Diceritakan oleh Zahra, ia sampai tak mau lagi ke pasar karena banyaknya orang membuatnya takut.

"Pernah sekali (ke pasar), tapi nggak mau lagi karena astaga orang-orang tuh kayak masuk aja jadi penuh. Akhirnya aku pulang lagi. Takut," kenang Zahra.
https://cinemamovie28.com/star/andrea-dian/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar