Minggu, 28 Juni 2020

Panik Hadapi Corona? Ini Fakta-fakta Masker N95 yang Kamu Perlu Tahu

 Masker N95 berfungsi untuk menyaring partikel-partikel kecil di bawah 10 particulate matter dan lebih efektif dibandingkan penggunaan masker biasa yang hanya bisa menyaring partikel debu besar.
Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) umumnya tidak merekomendasikan penggunaan masker N95 untuk pemakaian sehari-hari. Masker ini cocok untuk orang menderita penyakit pernapasan.

Masker N95 disebut bikin susah napas. Hal ini dijelaskan oleh Kementerian Kesehatan. "Kalau pakai N95, setengah jam saja dijamin ngap (susah napas)," kata dr Achmad Yurianto, Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Sesditjen P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI), beberapa waktu lalu.

Selengkapnya bisa kamu simak dalam infografis berikut:

WN Jepang Positif COVID-19 Tulari 2 WNI, Kok Bisa Lolos di Bandara?

Dua warga Depok yang positif virus corona COVID-19 ternyata ditularkan oleh WN Jepang yang berdomisili di Malaysia. Diduga WN Jepang tersebut sudah terinfeksi virus corona saat kunjungi Indonesia.
Tapi, kenapa masih bisa lolos dari deteksi di bandara yang sudah dilengkapi dengan thermal scanner?

Menanggapi hal ini, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan saat itu WN Jepang tersebut belum menunjukkan keluhan atau gejala dari COVID-19. Hingga saat ini, Menkes juga belum menanyakan hal itu secara detail dan jelas.

"Ya saat itu dia tanpa keluhan, gejala, atau bisa minum obat. Tapi, kalau minum obat flu atau obat batuk, nggak akan terdeteksi dia," jelasnya saat konferensi pers di RSPI Sulianti Saroso, Senin (2/3).

Menurut Menkes Terawan, jika orang tersebut mengkonsumsi obat, segala keluhan atau gejala awal akan hilang atau tidak terdeteksi.

"Menurut saya, dia pasti minum obat karena ketahuan setelah dia di Malaysia," tegasnya.

Viral Cara Bikin Masker dari Tisu Basah, Bisa Nih untuk Darurat

Banyak orang berlomba membeli masker dan takut kehabisan stok karena munculnya kasus virus corona baru di Indonesia. Padahal penggunaan masker tak disarankan jika kamu sedang dalam kondisi sehat.
Baru-baru ini beredar sebuah video yang menggambarkan cara bagaimana membuat masker dari tisu basah. Video yang diunggah akun @indonesiavoice di Instagram ini sudah dilihat 14.952 orang, berdasarkan pantauan terakhir detikcom pada (2/3/2020).

Dalam video yang beredar tersebut, terlihat seorang ibu memperagakan cara membuat masker dari tisu basah. Ia hanya menggunakan gunting sebagai alat bantunya.

Pertama, siapkan masker basah kemudian lipat menjadi dua bagian seperti bentuk persegi panjang. Lalu lipat kembali bagian ujungnya untuk membuat lubang yang nantinya bisa dikaitkan pada kedua telinga.

Setelah itu, coba lubangi bagian yang sudah dilipat tepat di posisi tengah. Setelah selesai dilubangi, buka kembali semua bagian masker, dan masker sudah siap digunakan.

5 Fakta WNI Asal Depok yang Positif Tertular Corona COVID-19

Dua orang WNI positif terinfeksi virus corona COVID-19. Kabar ini dilaporkan Presiden Jokowi dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto saat di Istana pada Senin (2/3/2020).
Berikut 5 fakta terkait dua WNI yang positif terinfeksi virus corona COVID-19:

1. Terinfeksi WN Jepang
Dua orang tersebut diduga berinteraksi dengan WNI Jepang yang sempat masuk ke Indonesia. "Ternyata orang (WN Jepang, red) yang terkena virus Corona berhubungan dengan 2 orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun," kata Jokowi di Istana Negara, Senin (2/3/2020)

2. Dirawat di RSPI Sulianti Saroso
Dua orang Indonesia tertular virus Corona di Depok, Jawa Barat. Keduanya kini dirawat di RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara.

"Di Rumah Sakit Pusat Infeksi Sulianti Saroso, di ruang khusus yang tidak terkontak dengan yang lain," kata Menkes Terawan Agus Saputra di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3/2020).
https://indomovie28.net/death-note-episode-34/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar