Minggu, 19 Januari 2020

Keren! Nanti Sampah di Pangandaran Bisa Ditukar Voucher Hotel

 Pangandaran punya inovasi menarik untuk solusi sampah dan pariwisata. Sampah yang dikumpulkan wisatawan bisa ditukar voucher hotel hingga bus wisata gratis.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Jabar Dedi Taufik mengakui tingginya kunjungan wisatawan di Pangandaran berdampak produksi sampah di kawasan tersebut. Sehingga, perlu penanganan khusus untuk sampah di sana.

Ia mengaku sengaja memilih Pangandaran menjadi percontohan inovasi penanganan sampah destinasi wisata di Jabar. Mengingat, tempat wisata di Pangandaran menjadi salah satu destinasi unggulan.

"Pengelolan sampah di tempat destinasi wisata kita akan melakukan di Pantai Pangandaran menjadi model. Mungkin di hari Kamis ini kita akan lakukan FGD dengan beberapa komunitas," ujar Dedi Taufiq via pesan singkat, Rabu (26/6/2019).

Ia menuturkan skema penanganan sampah ini dilakukan dengan memberikan kantong sampah kepada wisatawan di loket tiket. Nantinya wisatawan diminta membawa sampahnya ke loket tiket lagi saat meninggalkan Pangandaran.

"Nah kantong sampah ini, nanti selama dia stay di Pangandaran ini satu hari atau dua hari kembalinya itu ditimbang, terutama yang sampah-sampah anorganik," ungkap dia.

Dia mengatakan nantinya sampah yang dikumpulkan wisatawan itu akan dikonversi menjadi voucher hotel hingga layanan bus gratis. Pihaknya juga menggandeng pelaku usaha di sekitar Pangandaran untuk menyediakan hadiah tersebut.

"Nah ini yang perlu kita berdayakan mohon dukungan dari berbagai pihak. Kita akan terapkan nanti di Pangandaran, kemudian juga di destinasi destinasi di Jabar lainnya," tutur dia.

Pemprov Jabar menargetkan kunjungan wisatawan di Tahun 2019 mencapai 1,8 juta untuk wisatawan mancanegara dan 48 juta wisatan nusantara. Kebersihan sendiri menjadi nilai plus untuk sebuah destinasi wisata, sehingga perlu diprioritaskan.

"Karena kita banyak unggulan unggulan destinasi yang memang intinya di dalam pariwisata ini kan ukurannya adalah kebersihan," ujar Dedi.

13 Air Terjun Terindah di Indonesia, Kamu Harus Kunjungi!

 Air terjun merupakan tempat wisata yang dapat dikunjungi untuk berlibur. Ada banyak air terjun terindah di Indonesia yang dapat menjadi list kunjunganmu.

Indonesia mempunyai air terjun yang memiliki pesonanya masing-masing. Air terjun Indonesia menyimpan pesona keindahan yang mengagumkan sehingga banyak di antaranya memilih berwisata ke sana. Di mana saja air terjun terindah yang dimiliki Indonesia? Inilah beberapa air terjun terindah yang wajib kamu kunjungi:

1. Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun Sri Gethuk menjadi salah satu air terjun terindah yang wajib kamu kunjungi. Nama lain dari air terjun ini yaitu Air Terjun Slempret. Air terjun ini memiliki aliran air yang terpecah di celah tebing. Lokasi air terjun ini berada di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunung Kidul.

2. Air Terjun Madakaripura

Untuk menikmati wisata air terjun di Jawa Timur kamu dapat mengunjungi Air Terjun Madakaripura. Mengunjungi Air Terjun Madakaripura dapat menghipnotis kamu dengan pesana keindahannya. Air terjun yang mempesona ini menjadi air terjun tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 620 mdpl. Lokasinya berada di Dusun Branggah, Negorojero, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur.

3. Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo dapat menjadi pilihan wisata air terjun di Bogor. Curug Leuwi Hejo disebut leuwhi hejo karena air terjun ini membentuk kolam kecil dengan air yang berwarna hijau. Air terjun ini berlokasi di Kampung Wangun Cileungsi, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Bogor.

4. Air Terjun Lembah Anai

Air terjun Lembah Anai menjadi lokasi ikonik yang ada di Sumatera Barat. Lokasinya berada persis di pinggir jalan dari Pariaman ke arah Bukit Tinggi. Air terjun ini dikenal dengan sebutan Aia Mancua Lembah Anak. Airnya mengalir langsung dari Sungai Batang Lurah Dalam dari Gunung Singgalang. Suasana hijau dan udara segar dapat kamu rasakan ketika menginjakkan kaki di sana.

5. Air Terjun Tama'lulua

Air terjun Tama'lulua menjadi salah satu air terjun teristimewa yang terletak di Jeneponto, Sulawesi Selatan. Air terjun ini juga dikenal dengan nama Air Terjun Bossolo. Lokasinya terletak di Desa Ramba, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Keneponto, Sulawesi Selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar