Senin, 06 Januari 2020

Bukan di Rio de Janeiro, Ini Patung Yesus di Manado

Patung Yesus Memberkati tak hanya ada di Rio de Janeiro saja. Di Kota Manado juga ada patung serupa, namun ukurannya berbeda.

Liburan ke Manado, tak hanya keindahan laut dan alamnya saja yang memukau. Kamu juga bisa wisata religi ke patung Yesus, seperti di di Rio de Janeiro, Brasil.

Minggu lalu, detikcom bersama Kementerian Pariwisata dalam rangka Manado Fiesta 2019 berkeliling menikmati Kota Manado dan singgah ke Monumen Yesus Memberkati. Monumen ini tidak jauh dari pusat kota, sekitar 15 menit perjalanan berkendara.

Patung ini memiliki ketinggian 30 meter ditambah dengan penyangganya setinggi 20 meter dan total ketinggian patung sekitar 50 meter. Patung pun berdiri dengan kemiringan 20 derajat.

Untuk bisa melihat patung lebih dekat, traveler harus masuk dahulu ke Perumahan Citraland. Terdapat tempat khusus untuk traveler yang ingin melihat dari pinggir jalan.

Patung dengan tulisan besar Monumen Yesus Memberkati ini dibentuk dengan Yesus mengangkat tangan dan menghadap ke bawah. Seperti sedang memberkati warga Manado dan sekitarnya.

Dari titik pandang ini, traveler tak hanya bisa melihat patung Yesus saja. Namun juga bisa melihat perumahan penduduk dan Gunung Klabat yang menjulang tinggi.

Pada saat detikcom dan romobngan ke sana, bertemulah kami dengan rombongan turis asal China yang asyik berfoto dengan latar patung. Mereka juga menikmati jajanan es krim sembari bercengkrama dengan sesama.

Nah jika kamu liburan ke Manado, tak ada salahnya mampir untuk wisata religi ke sini.

Meriah, Ini yang Bisa Turis Lakukan Jika Datang ke Festival Cheng Ho

Pernah berkunjung ke Semarang? Selain terkenal dengan kota lumpia, ada tempat yang tak boleh dilewatkan bila berkunjung ke sini. Adalah Klenteng Sam Po Kong. Di sana wisatawan dapat melihat arsitektur bangunan megah yang difungsikan sebagai tempat beribadah orang Tionghoa.

"Arsitektur, dupa, patung singa, lampion, semuanya bergaya Tiongkok. Sangat keren untuk dijadikan spot fotografi. Ini yang membuat Sam Poo Kong tak pernah sepi dikunjungi wisatwan," terang Walikota Semarang Hendar Priadi, dalam keterangannya, Sabtu (3/8/2019).

Sam Po Kong juga direkomendasikan untuk kalian yang hobi hunting sejarah. Ada nama besar Laksamana Cheng Ho di sana. Di masa lalu, Sam Poo Kong terkenal sebagai tokoh penjelajah bumi yang masyhur. Dia juga terkenal sebagai penyebar agama Islam yang disegani.

Namanya sangat legendaris di tengah-tengah peranakan Tionghoa. Jejak Cheng Ho di Semarang sangat mendalam, karena konon keturunan Tionghoa di Indonesia telah bekerja susah payah bersama pribumi untuk membangun Kota Semarang.

"Ekspedisi Cheng Ho yang dilakukannya juga membuahkan persahabatan dan ilmu pengetahuan. Ini yang akan diangkat Minggu nanti," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Indriyasari.

Jika kamu sedang berada di Semarang atau berniat mengunjunginya dalam waktu dekat, jangan juga melewatkan Festival Cheng Ho 2019 pada Minggu (4/8/2019) besok.

Selain bisa mendapatkan kemeriahan festival, kalian juga bisa mencicipi lezatnya kulineran Semarang yang sangat menggugah selera. Mulai dari lumpia, wingko babat, mie jowo, tahu gimbal, soto bangkong semua menjadi menu yang wajib diburu. Dari mulai Pecinan hingga Kampung Laut, Kepala Mayung Bu Fat hingga kawasan Simpang Lima, parkirannya dihiasi plat luar Semarang.

"Mereka mencari sesuatu yang monumental dan berkesan di mata dan hati. Dan semua ada di sini (Semarang, Red)," timpal Ketua Tim Pelaksana Calendar of Event Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar