Kamis, 09 Januari 2020

Pemilik Homestay di Dieng Diminta Sediakan Lahan Parkir Saat DCF

Pemilik homestay di Dieng diminta untuk menyediakan lahan parkir buat traveler. Terutama saat acara Dieng Culture Festival (DCF) pekan depan.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Dwi Suryanto. Menurutnya, upaya ini dilakukan untuk mengurangi padatnya kendaraan di dataran tinggi Dieng.

"Karena banyak yang parkir di tepi jalan, makanya jalan semakin macet. Untuk itu, bagi pemilik homestay harus menyediakan tempat parkir bagi wisatawan yang menginap, jangan di tepi jalan," tandasnya, Kamis (25/7/2019).

Bagi yang tidak memiliki lahan parkir di dekat homestay, bisa memanfaatkan lahan kentang yang belum ditanami. Sehingga, untuk sementara bisa digunakan sebagai lahan parkir selama DCF berlangsung.

"Tetapi kalau yang tidak punya lahan juga, penginap supaya diarahkan untuk parkir di parkiran aswatama," jelas Dwi.

Dalam gelaran DCF ke-10 ini, akan dikerahkan 285 tim keamanan dari berbagai unsur. Termasuk personil untuk mengatur lalu-lintas hingga kesehatan.

"Nanti melibatkan TNI/Polri, Satpol PP, Dishub, RAPI, PMI dan berbagai relawan organisasi masyarakat," tuturnya.

Bahkan menurut Dwi, selain tim medis pihaknya juga menyediakan tim non medis. Mengingat pada gelaran DCF sebelumnya selain ada wisatawan yang mengalami hipotermia juga kerasukan.

"Pada DCF sebelumnya yang kerasukan banyak, jadi kami juga menyiapkan tim medis dan non medis," ujarnya.

Ngevlog, Menpar Promosikan Festival Bunga Tomohon 2019

Ada banyak cara untuk mempromosikan sebuah event. Salah satunya dengan membuat vlog. Cara inilah yang dilakukan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Ia mempromosikan Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2019. Event ini akan berlangsung 8-12 Agustus, di Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

Bukannya tanpa alasan dirinya memberikan ajakan untuk menyaksikan event ini. Pertama, Tomohon International Flower Festival adalah event besar. Kualitasnya internasional. Event ini kerap disamakan dengan kegiatan serupa di Pasadena, Amerika Serikat.

Alasan kedua, tahun ini Tomohon International Flower Festival akan tampil dengan kemasan baru. Akan lebih kental dengan sentuhan millennial. Oleh karena itu, promosi dan ajakan yang dilakukannya dinilai juga kekinian. Dengan cara nge-vlog.

"Hallo Sobat Wisata, Saya Arief Yahya Menteri Pariwisata Republik Indonesia. Yuk kita sukseskan Tomohon International Flower Festival yang ke 9 tahun 2019. Dengan tema The Greatest Love of All," ajak Arief dalam videonya, Kamis (24/7/2019).

Yang menarik, dalam video Menteri lulusan Telematika di University of Surrey itu juga menyampaikan ajakan untuk datang ke Tomohon dengan menggunakan bahasa daerah Sulawesi Utara.

"Sampai jumpa di acara puncak, tanggal 8 bulan 8 tahun 2019. Tomohon Tangguh !!! Marijo ka Tomohon!!!. Salam Pesona Indonesia," katanya.

Tahun ini, posisi Ketua Penyelenggara TIFF 2019 dipercayakan kepada Gabriella Patricia Mandolang. Sosok ini dipercaya akan membuat TIFF 2019 menjadi berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Agenda TIFF 2019 dijamin padat. Sub event yang sudah disiapkan antara lain Pemilihan Ratu Bunga, Music Showcas Live Performance, Tourism Investment Trade and Floricultrure Expo, Tomohon International Bridge Tournament.

"Selain itu, ada juga Selain itu, digelar juga Tomohon Harmony Concert, Muri Record Setting Ma'Zaani Dance, Jungle Flower Enduro Challenge, Art and Cultural Performance, Thanksgiving Day, Kawanua International Business Forum. Namun, tahun ini TIFF akan lebih ramah untuk millennial," kata Gabriella Patricia, yang juga Ketua Tim Percepatan Millenial Tourism Kemenpar.

Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Muh. Ricky Fauziyani menilai langkah memberikan sentuhan milenial ke TIFF 2019 sangat tepat. Karena, milenial memiliki karakter big and loud.

"Karakter millennial itu bising. Mereka bersuara sangat kencang di media sosial. Event yang ramah terhadap millennial, bisa terangkat ke media sosial. TIFF 2019 akan meraih banyak keuntungan dengan strategi itu," paparnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar