Jumat, 27 November 2020

10 Cara Mengecilkan Perut Cepat, Aman, dan Sehat

 Lingkar perut dapat mengindikasikan kondisi kesehatan sehingga dianjurkan jangan terlalu besar. Lemak viseral yang menumpuk di sekitar perut meningkatkan risiko terkena gangguan jantung, kolesterol, diabetes, dan hipertensi.

Kementerian Kesehatan telah menetapkan batas aman lingkar perut pria adalah 90 sentimeter sedangkan wanita 80 sentimeter. Jika lingkar perut lebih dari ukuran tersebut, disarankan segera menerapkan pola hidup sehat untuk mengecilkan ukurannya.


Dikutip dari Good Housekeeping, perubahan kecil yang sehat dan rutin dilakukan ternyata bisa mengurangi ukuran lingkar perut. Perubahan bisa dimulai dari bahan camilan yang dikonsumsi setiap hari.


"Cara yang paling mudah buatlah makanan atau camilan dengan bahan utama sayur dan buah. Camilan bisa ditambah bahan lain yang juga baik untuk kesehatan," ujar dietitian Jaclyn London MS, RD, CDN direktur nutrisi Good Housekeeping Institute.


Mengecilkan perut ternyata bisa dilakukan dengan cara yang cepat, aman, dan sehat. Tentunya cara ini harus dilakukan teratur dan berlanjut hingga lingkar perut mengecil dibanding sebelumnya.


Bagaimana cara mengecilkan perut dengan cepat?

1. Tidur tepat waktu


Selalu tidur tepat waktu ternyata membantu menghindari keinginan dan makan pada malam hari, yang berisiko bagi kesehatan. Apalagi jika menu yang dipilih bukan hidangan yang penuh kandungan nutrisi.


2. Jangan telat makan


Cara mengecilkan perut dengan cepat yang lain adalah makan tepat waktu sebelum tubuh merasa sangat lapar. Telat makan berisiko mengakibatkan lapar mata, hingga asal pilih hidangan yang meningkatkan ukuran lingkar perut.

https://cinemamovie28.com/movies/taman-langsat-mayestik/


3. Sempurnakan postur tubuh


Figur dan postur tubuh yang tegak ternyata tidak hanya terlihat baik saat duduk, berdiri, dan mengenakan berbagai model baju. Tubuh tegak mengingatkan tiap orang untuk menahan otot perutnya supaya tetap tertahan dan kencang.


4. Minum cukup air


Tubuh yang terhidrasi membantu mengendalikan rasa lapar dan memastikan kecukupan cairan dalam tubuh. Kecukupan cairan juga membantu metabolisme dan fungsi tubuh tetap baik tiap saat.


5. Cukup makan buah dan sayur


Buah dan sayur memastikan kecukupan nutrisi, mengendalikan rasa lapar, dan membantu lingkar perut tidak terlalu besar. Sebagai selingan, tidak ada salahnya sesekali mengkonsumsi makan buah dan sayur dengan kandungan air tinggi.


6. Minum kopi


Kopi yang diminum tanpa gula dan creamer berlebihan ternyata bisa mencegah lingkar perut tidak membesar. Kopi yang bersifat diuretik membantu mengeluarkan cairan berlebihan dari dalam tubuh.


7. Pilih snack


Snack yang cenderung asin, manis, atau digoreng dengan banyak minyak memang lebih mengundang selera. Namun demi tubuh sehat dan lingkar perut kecil sebaiknya pilih snack bernutrisi, misal kacang-kacangan yang tidak terlalu asin.


8. Punya jadwal BAB


Profesor obstetri dan ginekologi Judith Reichman dari University of California, Los Angeles, menyarankan tiap orang punya jadwal buang air besar (BAB). Jadwal memungkinkan tubuh teratur membuang limbah dari dalam tubuh, sehingga perut tak terlihat besar.


9. Minum susu


Asupan tinggi kalsium, termasuk susu, membantu berat badan tidak mudah naik dan tetap sehat. Susu dan produk turunannya juga kaya mineral yang membantu menjaga kesehatan dan lingkar perut tetap ideal.


10. Makan tidak terlalu cepat


Saran Reichman lainnya untuk mengecilkan lingkar perut adalah makan tidak terburu-buru, bukan yang terlalu cepat. Makan perlahan memungkinkan tubuh sempat mengolah asupan dan mengirim sinyal kenyang, sehingga porsi tidak terlalu banyak yang berisiko meningkatkan ukuran lingkar perut.

https://cinemamovie28.com/movies/cult/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar