Minggu, 22 November 2020

Fakta-fakta Swab Antigen yang Tunjukkan Lurah Petamburan Reaktif COVID-19

 Satu dari sepuluh pejabat yang diundang Polda Metro Jaya terkait acara Habib Rizieq Shihab, Sabtu (14/11/2020), dilaporkan reaktif COVID-19. Pejabat tersebut ialah Lurah Petamburan, Jakarta Pusat, Setiyanto.

"Dari 10 ini kita swab antigen satu orang Lurah dari Petamburan positif atau reaktif," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (17/11/2020).


Dalam laporan tersebut, disebutkan pihak Polda Metro Jaya menggunakan swab antigen untuk menguji apakah sejumlah pejabat itu sedang terinfeksi COVID-19 atau tidak.


Apa itu swab antigen?

Menurut pakar biologi molekuler Ahmad Rusdan Handoyo Utomo, swab antigen merupakan salah satu tes untuk mendeteksi SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19, melalui sampel usapan lendir atau swab.


Meski menggunakan swab, tes ini tidak mendeteksi virus secara genetik, sehingga hasilnya dinyatakan sebagai reaktif atau non-reaktif, seperti halnya rapid test antibodi. Tes ini juga belum dipakai sebagai standar diagnostik.


"Kalau rapid test antigen, yang dicari bukan antibodi terhadap virus, tetapi bungkusnya si virus. Kalau PCR itu kan kita mengecek genetiknya virus, tapi kalau antigen yang dicek bukan genetiknya, tapi bungkusnya atau cangkangnya si virus," ucap Ahmad saat dihubungi detikcom, Selasa (17/11/2020).


"Karena si virus itu kan pasti punya cangkang, di dalam cangkang ada materi genetik. Jadi sebetulnya rapid test antigen sama PCR itu mencari orang-orang yang sedang mengalami infeksi aktif," jelasnya.


Bagaimana prosedur dan cara kerja swab antigen?

Sama dengan rapid test, swab antigen juga membutuhkan waktu relatif lebih singkat dibanding RT PCR (reverse-transcriptase polymerase chain reaction). Karenanya, tes ini sering juga disebut rapid swab.


"Lendir yang sudah diswab dimasukkan ke cairan khusus, dikocok, setelah itu diteteskan ke kasetnya, ditunggu 15 menit hingga muncul tanda reaktif atau tidak," jelas Ahmad.


Seberapa akurat swab antigen? Klik halaman berikut.


Seberapa akurat swab antigen?

Ahmad mengatakan, tingkat sensitivitas swab antigen masih lebih rendah dari swab PCR. Pasalnya, alat uji yang digunakan untuk swab antigen itu terdiri dari banyak merek, sehingga sensitivitasnya cenderung bisa berbeda-beda.


"Antigen hasilnya reaktif, berarti orang ini lagi ada infeksi. Tapi, kalau hasilnya tidak reaktif, nah dianjurkan cek lagi pakai PCR yang lebih sensitif," ujarnya.


Ahmad pun menyarankan, sebaiknya alat uji swab antigen divalidasi oleh laboratorium-laboratorium di Indonesia, sehingga nantinya cara ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk pendeteksian COVID-19 pada seseorang.

https://nonton08.com/movies/section-44/


Imunisasi Disebut Lindungi Masa Depan Generasi Muda, Ini Buktinya


Penasihat Field Epidemiology Training Program (FETP) dr. I Nyoman Kandun MPH mengatakan imunisasi sangat penting untuk membentuk daya tahan tubuh dalam melawan penyakit tertentu. Menurutnya, imunisasi juga merupakan intervensi kesehatan masyarakat yang spesifik dan efektif dari segi biaya.

Ia mengungkapkan salah satu upaya imunisasi yang pernah masif dilakukan pemerintah adalah program Pekan Imunisasi Nasional (PIN) yang dimulai pada tahun 1995. PIN saat itu merupakan program untuk mengeradikasi virus polio.


"Pemberian vaksin oral polio pada 1995-1997 diberikan pada siapa saja, tanpa memandang seseorang itu sudah diberikan vaksin polio secara rutin atau belum. Bagi yang telah mendapat imunisasi polio rutin, maka pemberian kembali vaksin polio akan memperkebal daya tahan tubuhnya," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (17/11/2020).


"(Sementara bagi) mereka yang belum mendapat vaksin polio, maka bisa dikatakan mendapatkan imunisasi dasar," imbuhnya dalam acara Dialog Produktif bertema Belajar dari Sukses PIN Polio, yang diselenggarakan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).


Dia menuturkan PIN saat itu bertujuan untuk mengeradikasi polio di Indonesia. Masyarakat perlu mengetahui tahap-tahap penanganan penyakit menular, yaitu mengontrol, mengeliminasi dan mengeradikasi.


"Mengontrol adalah menekan insiden penyakit menular. Sedangkan mengeliminasi adalah menekan hingga angka yang sangat rendah, bisa sampai nol, tapi virusnya tidak hilang. Mengeradikasi artinya, di samping kita bisa menekan penularan sampai nol, virusnya juga bisa hilang. Seperti misalnya cacar yang tidak ditemukan lagi adanya virus cacar sehingga kita bisa dikatakan mengeradikasi cacar," terangnya.

https://nonton08.com/movies/section-375/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar