Selasa, 10 November 2020

Minum Kopi Hitam di Pagi Hari Menyehatkan, Tapi Juga Ada Risikonya Lho

  Bagi sebagian orang, meminum kopi hitam di pagi hari dapat meningkatkan energi. Minuman ini hanyalah kopi biasa yang diseduh tanpa bahan tambahan seperti gula, susu, dan krim. Meskipun rasanya sedikit pahit, banyak orang menyukai kopi hitam dan dijadikan sebagai pengganti sarapan.

Kopi hitam adalah salah satu jenis minuman yang rendah kalori, lemak, dan karbohidrat. Jika ditambah susu, gula, dan krim, segelas kopi sama nilainya dengan sepotong kue ekstra besar. Meskipun kopi hitam rendah kalori, tidak menjadikan minuman ini sehat dan bergizi.


Dikutip dari Insider, kopi hitam mampu untuk menurunkan berat badan karena mengandung asam klorogenat yang membantu memperlambat produksi glukosa dalam tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya juga membantu proses penurunan berat badan.

https://indomovie28.net/movies/take-me-home/


Kopi hitam yang kaya akan kafein dapat meningkatkan energi dan metabolisme dalam tubuh sehingga dapat menekan rasa lapar. Seperti yang telah disebutkan bahwa kopi hitam adalah minuman rendah kalori dan tidak mengandung lemak, banyak orang yang mengonsumsi minuman ini beberapa menit sebelum berolahraga untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh.


Perlu dicatat, jika Anda menjadikan kopi hitam untuk menurunkan berat badan, jangan meminumnya dengan tambahan apapun seperti kirim, susu, atau gula. Dengan zat tambahan tersebut, minuman akan mengandung lebih banyak lemak dan kolesterol.


Berikut beberapa manfaat mengonsumsi kopi hitam:


1. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Minum kopi hitam secara teratur dapat meningkatkan tekanan darah dan mengurangi risiko terkena berbagai penyakit kardiovaskular seperti stroke. Seiring berjalannya waktu, kopi hitam membuat jantung lebih kuat.


2. Meningkatkan daya ingat

Kopi hitam dikenal bagus untuk meningkatkan daya ingat. Seiring bertambahnya usia, rentan terkena penyakit saraf seperti Alzheimer, Demensia, dan Parkinson. Mengonsumsi minuman ini dapat membuat saraf bekerja lebih aktif dan meningkatkan fungsi otak.


3. Meningkatkan kesehatan hati

Penelitian menunjukkan dengan mengonsumsi 4 cangkir kopi hitam setiap hari membantu mencegah segala jenis penyakit hati, seperti kanker hati dan hepatitis. Hal tersebut karena kopi hitam dapat membantu menurunkan tingkat enzim hati berbahaya yang terdapat di dalam darah.


4. Mencegah risiko kanker

Kopi hitam dianggap mampu mencegah terjadinya penyakit kanker mulai dari kanker hati, kanker payudara, dan kanker usus besar. Minuman ini juga bagus untuk mencegah perkembangan tumor.


5. Kaya antioksidan

Kandungan antioksidan dalam minuman ini bermanfaat bagi kesehatan, seperti kalium, magnesium, serta vitamin B2, B3, dan B5.


Tidak hanya bermanfaat, ternyata kopi hitam juga memiliki efek samping bagi kesehatan:


1. Mudah cemas dan stres jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

2. Asupan kopi yang berlebihan dapat mengacaukan rutinitas tidur.

3. Kaya akan kafein dan asam, kopi hitam berlebih dapat menyebabkan asam lambung dan kram perut.

4. Sulit menyerap zat mineral yang dibutuhkan, seperti zat besi dan kalsium.

https://indomovie28.net/movies/tasty-encounter/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar