Selasa, 10 November 2020

Minum Air Putih Bisa Turunkan Berat Badan, Ini Syaratnya

 Komitmen untuk menurunkan berat badan harus konsisten seiring dengan tujuan untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan. Konsistensi tersebut juga dilihat dari gaya hidup, frekuensi olahraga yang lebih sering, tidur yang cukup, dan banyak minum air putih.

Minum air putih dapat mengurangi rasa ingin mengonsumsi minuman berasa yang mengandung gula dan memiliki kalori yang tinggi. Selain menghindari minuman berasa, minum air putih juga penting untuk meningkatkan kinerja otak dan menjaga organ dalam tubuh agar tetap sehat.


Meminum air dengan campuran buah maupun sayur atau dikenal dengan nama air detoks juga dapat menjadi pilihan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.


Dikutip dari Eatthis, berikut ketentuan minum air putih yang dapat menurunkan berat badan.


1. Berlaku bagi orang kebanyakan

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda, namun untuk kebanyakan orang dapat meminum sebanyak delapan gelas per hari sesuai ketentuan ahli. Ketentuan tersebut sudah cukup membantu menurunkan beberapa kilogram berat badan.


Jika masih merasa haus setelah meminum delapan gelas, maka kadar air yang akan diminum selanjutnya harus lebih diperhatikan agar tidak berlebihan dan menyebabkan hiponatremia atau berkurangnya natrium dalam tubuh.


2. Jika aktif berolahraga

Seorang atlet atau mereka yang sering berolahraga akan membutuhkan lebih banyak air. Keringat yang dikeluarkan dapat menyebabkan berkurangnya cairan di dalam tubuh. The American College of Sports merekomendasikan untuk minum 0,12 liter hingga 0,24 liter tambahan air saat berolahraga untuk menurunkan berat badan.


3. Memiliki kelebihan berat badan

Bagi orang dengan kelebihan berat badan maka kebutuhan air yang harus dikonsumsi tentu berbeda dengan orang biasa. Pemilik White Fitness and Nutrition Studio Jim White mengatakan orang dengan obesitas perlu minum lebih banyak air putih agar tetap terhidrasi dengan baik dan menurunkan berat badan dengan maksimal. Ketentuan minum air bisa dihitung dengan setengah berat badan saat ini, jika memiliki berat 82 kg maka dapat meminum 2,7 liter air per hari.


Sekitar 1,8 liter hingga 2 liter konsumsi air perhari sangat disarankan. Intinya jika merasa haus, minum air putih dapat menjadi pilihan utama untuk meredakannya. Indikator yang dapat terlihat jika cukup meminum air putih adalah warna urin yang dikeluarkan. Jika urin memiliki warna kuning pucat maka tubuh terhidrasi dengan baik. Sebaliknya jika warna urine lebih gelap dari kuning pucat maka tubuh memerlukan air lebih banyak.

https://indomovie28.net/movies/housefull-3/


5 Makanan Sehat Pelancar BAB, Pilihan Ampuh Atasi Sembelit


 Sembelit atau sulit buang air besar (BAB) merupakan masalah yang cukup dialami oleh banyak orang. Buang air besar yang kurang lancar dapat membuat ketidaknyamanan dan menimbulkan berbagai penyakit.

Transit kolon yang tertunda, atau penurunan pergerakan makanan melalui sistem pencernaan, adalah salah satu penyebab paling umum. Diet rendah serat, penuaan, dan aktivitas fisik juga dapat menyebabkan sembelit. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat untuk melancarkan buang air besar.


Dikutip dari Health Line, berikut pilihan makanan sehat yang baik untuk mengatasi sembelit


1. Apel

Apel adalah sumber serat yang baik, dengan satu apel kecil (5,3 ons atau 149 gram) mengandung 3,6 gram serat. Serat melewati usus Anda tanpa dicerna yang membantu pembentukan tinja dan mendorong buang air besar secara teratur. Apel juga mengandung jenis serat larut tertentu yang disebut pektin, yang dikenal dengan efek pencahar yang berguna untuk mengatasi sembelit.


2. Kiwi

Buah kiwi mengandung tinggi serat yang merupakan makanan untuk melancarkan BAB. Satu kiwi ukuran sedang (2,6 ons atau 69 gram) mengandung 2 gram serat. Kiwi membantu mempercepat waktu transit usus, mengurangi penggunaan obat pencahar, dan memperbaiki gejala sembelit.


3. Pir

Buah pir kaya akan serat yang mampu mengatasi sembelit. Satu buah pir ukuran sedang (6,3 ons atau 178 gram) mengandung 6 gram serat, yang dapat memenuhi sekitar 16 persen dan 25 persen kebutuhan serat harian pria dan wanita. Pir juga tinggi sorbitol, gula alkohol yang bertindak sebagai agen osmotik untuk menarik air ke dalam usus dan merangsang buang air besar.

https://indomovie28.net/movies/wanted/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar