Selasa, 10 November 2020

Pakar: Belum Ada Tanda-tanda Pandemi COVID-19 di Indonesia Akan Berakhir

 Selama libur panjang akhir pekan lalu, jumlah kasus baru COVID-19 di Indonesia mengalami penurunan tajam. Namun hal itu tidak serta merta bisa diartikan bahwa pandemi mulai tertangani.

Hal itu disampaikan oleh pakar epidemiologi dari Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI), dr Masdalina Pane, dalam diskusi dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia pada Rabu (4/11/2020).


"Sampai saat ini untuk Indonesia kita belum ada tanda-tanda akan berakhir," katanya.


"Meskipun dalam 2 minggu 3 minggu terakhir ini angka kasus mulai turun, tapi ternyata testing kita juga turun," lanjutnya.


Jumlah spesimen yang diperiksa selama libur panjang 28 Oktober hingga 1 November lalu tercatat memang mengalami penurunan tajam. Sempat menyentuh angka 23-an ribu dalam sehari, padahal sebelumnya ada di level 40-an ribu perhari, bahkan nyaris 50 ribu.


Riwayat pemeriksaan spesimen selama libur panjang adalah sebagai berikut:


28 Oktober: 40.572 spesimen, 4.029 kasus baru

29 Oktober: 34.317 spesimen, 3.565 kasus baru

30 Oktober: 24.854 spesimen, 2.897 kasus baru

31 Oktober: 29.001 spesimen, 3.143 kasus baru

1 November: 23.208 spesimen, 2.696 kasus baru

Sedangkan menurut dr Pane, kondisi penanganan pandemi COVID-19 di Asia Tenggara umumnya sudah lebih terkendali. Dicontohkan, Filipina yang mengalami lonjakan kasus pada Juni-Agustus, saat ini dinilainya mulai menurun. Demikian juga Malaysia yang sudah masuk second wave.


"Kalau sudah second wave biasanya sudah lebih bisa menangani, sudah terkendali," kata dr Pane.

https://indomovie28.net/movies/utopians/


Minum Air Putih Bisa Turunkan Berat Badan, Ini Syaratnya


 Komitmen untuk menurunkan berat badan harus konsisten seiring dengan tujuan untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan. Konsistensi tersebut juga dilihat dari gaya hidup, frekuensi olahraga yang lebih sering, tidur yang cukup, dan banyak minum air putih.

Minum air putih dapat mengurangi rasa ingin mengonsumsi minuman berasa yang mengandung gula dan memiliki kalori yang tinggi. Selain menghindari minuman berasa, minum air putih juga penting untuk meningkatkan kinerja otak dan menjaga organ dalam tubuh agar tetap sehat.


Meminum air dengan campuran buah maupun sayur atau dikenal dengan nama air detoks juga dapat menjadi pilihan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.


Dikutip dari Eatthis, berikut ketentuan minum air putih yang dapat menurunkan berat badan.


1. Berlaku bagi orang kebanyakan

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda, namun untuk kebanyakan orang dapat meminum sebanyak delapan gelas per hari sesuai ketentuan ahli. Ketentuan tersebut sudah cukup membantu menurunkan beberapa kilogram berat badan.


Jika masih merasa haus setelah meminum delapan gelas, maka kadar air yang akan diminum selanjutnya harus lebih diperhatikan agar tidak berlebihan dan menyebabkan hiponatremia atau berkurangnya natrium dalam tubuh.


2. Jika aktif berolahraga

Seorang atlet atau mereka yang sering berolahraga akan membutuhkan lebih banyak air. Keringat yang dikeluarkan dapat menyebabkan berkurangnya cairan di dalam tubuh. The American College of Sports merekomendasikan untuk minum 0,12 liter hingga 0,24 liter tambahan air saat berolahraga untuk menurunkan berat badan.


3. Memiliki kelebihan berat badan

Bagi orang dengan kelebihan berat badan maka kebutuhan air yang harus dikonsumsi tentu berbeda dengan orang biasa. Pemilik White Fitness and Nutrition Studio Jim White mengatakan orang dengan obesitas perlu minum lebih banyak air putih agar tetap terhidrasi dengan baik dan menurunkan berat badan dengan maksimal. Ketentuan minum air bisa dihitung dengan setengah berat badan saat ini, jika memiliki berat 82 kg maka dapat meminum 2,7 liter air per hari.


Sekitar 1,8 liter hingga 2 liter konsumsi air perhari sangat disarankan. Intinya jika merasa haus, minum air putih dapat menjadi pilihan utama untuk meredakannya. Indikator yang dapat terlihat jika cukup meminum air putih adalah warna urin yang dikeluarkan. Jika urin memiliki warna kuning pucat maka tubuh terhidrasi dengan baik. Sebaliknya jika warna urine lebih gelap dari kuning pucat maka tubuh memerlukan air lebih banyak.

https://indomovie28.net/movies/sliver/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar