Rabu, 18 November 2020

Studi: 1 dari 5 Pasien COVID-19 Alami Gangguan Kejiwaan Usai Sembuh

 Studi baru mengungkap seseorang yang mengidap dan sempat terkena COVID-19 memiliki risiko didiagnosis dengan gangguan kejiwaan. Para peneliti melihat catatan medis pada 69 juta orang di AS antara 20 Januari hingga 1 Agustus.

Dikutip dari CNN International, data tersebut mencakup 62 ribu orang yang tertular COVID-19. Studi ini merupakan penelitian terbesar yang memahami kaitan antara COVID-19 dan kesehatan mental.


Usai tiga bulan terpapar COVID-19, sekitar 1 dari 5 orang yang selamat atau sekitar 18 persen disebut didiagnosis mengalami masalah kejiwaan.


Para peneliti dari Universitas Oxford membandingkan diagnosis psikiatri pada pengidap COVID-19 dengan pasien yang mengidap influenza, infeksi saluran pernapasan lainnya, infeksi kulit, patah tulang besar, batu empedu dan batu ginjal.


"Studi tersebut melaporkan bahwa pasien memiliki risiko yang agak lebih tinggi untuk didiagnosis dengan penyakit kejiwaan, terutama kecemasan atau depresi, setelah diagnosis COVID-19 daripada setelah peristiwa medis tertentu lainnya," kata David Curtis, pensiunan konsultan psikiater dan profesor kehormatan di Universitas College London dan Queen Mary University of London, dalam sebuah pernyataan.


"Misalnya, mereka menunjukkan bahwa ada 18 persen kemungkinan mendapatkan diagnosis psikiatris setelah COVID-19 dibandingkan dengan 13 persen setelah influenza," ungkap Curtis, yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut, mengatakan kepada Science Media Center di London.


Apa saja gejalanya?


- Cemas

- Depresi

- Insomnia untuk pertama kalinya.


Studi yang diterbitkan dalam The Lancet Psychiatry menemukan bahwa 20 persen pasien COVID-19 menerima diagnosis kejiwaan dalam waktu 90 hari. Namun, studi tidak melihat alasan atau mekanisme yang dapat menjelaskan hubungan antara tertular COVID-19 dan diagnosis psikiatri.


"Ini dapat dijelaskan oleh beberapa faktor termasuk efek neurologis atau biologis langsung dari virus, obat yang digunakan untuk mengobatinya, kekhawatiran dan kecemasan yang disebabkan oleh tertular penyakit dan kekhawatiran yang lebih luas tentang pandemi," kata penulis studi Paul Harrison, seorang profesor psikiatri di Universitas Oxford dan Rumah Sakit Warneford.

https://indomovie28.net/movies/the-isle/


6 Makanan yang Bisa Bikin Miss V Awet Kencang


 Memiliki vagina yang sehat dan rapat menjadi hal yang diidam-idamkan setiap wanita. Banyak wanita yang tidak percaya diri atau khawatir tidak bisa memuaskan suami lantaran miss V 'longgar'.

Seiring bertambahnya usia, miss V juga mengalami perubahan, salah satunya mengendur. Konsumsi makanan tertentu disebut bisa membantu mewujudkan Miss V yang sehat dan rapat.


Dikutip dari Healthline, berikut makanan yang dapat menyehatkan Miss V.


1. Ubi

Ubi memiliki beberapa manfaat terutama bagi wanita yang sedang berusaha hamil. Kaya akan beta karoten dan vitamin A, ubi jalar membantu memperkuat dan melindungi dinding rahim. Beta karoten dan vitamin A telah diteliti untuk melihat efek langsung pada kesuburan juga reproduksi pada pria dan wanita.


Nutrisi yang ditemukan dalam ubi jalar membantu produksi hormon seks dan direkomendasikan untuk wanita dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS).


2. Probiotik

Makanan kaya probiotik di antaranya adalah kimchi dan yoghurt. Probiotik tidak hanya baik untuk usus namun juga baik untuk kesehatan vagina.


Probiotik membantu menyeimbangkan pH dan membantu menangkal infeksi. Kalsium yang banyak terkandung dalam yoghurt telah terbukti membantu meringankan gejala PMS.


3. Lemak nabati

Asam lemak omega-3 membantu sirkulasi dan aliran darah. Asam lemak dan lemak esensial lain ditemukan dalam minyak sea buckthorn yang mengandung palmitoleat, linoleat, oleat, dan palmitat. Dalam studi pada 2014 menunjukkan asam tersebut digunakan untuk membantu mengatasi kekeringan vagina pada wanita pascamenopause.


Penelitian juga menunjukkan bahwa minyak ikan dapat meredakan sakit saat haid yang parah dan lebih efektif dibandingkan ibuprofen. Asam lemak nabati dapat ditemukan pada salmon, biji rami, kenari, telur, dan makanan lainnya.


4. Apel

Studi menunjukkan bahwa wanita yang makan apel sekali sehari memiliki kehidupan seks yang lebih baik. Satu phytoestrogen phloridzin yang ditemukan dalam apel dianggap meningkatkan fungsi seksual, gairah, meningkatkan cairan lubrikasi, dan kemampuan orgasme yang lebih baik.

https://indomovie28.net/movies/diet-of-sex/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar